cincin tunangan emas rosegold

Kecantikan Cincin Rose Gold yang Tak Lekang oleh Waktu

Cincin emas adalah salah satu perhiasan yang menjadi favorit wanita karena mudah dipakai dan memiliki banyak desain menarik. Pilihan bahan logam mulianya juga beragam. Mulai dari platinum, titanium, perak, palladium, dan tungsten. Warna cincin emas pun banyak pilihannya, seperti emas kuning yang paling banyak di pasaran, emas putih yang elegan, hingga cincin rose gold yang menjadi favorit wanita beberapa tahun terakhir.

Apa Itu Rose Gold

Cincin Emas Aline
Cincin Emas Aline – V&Co Jewellery

Rose gold menjadi trend warna cincin yang diminati oleh banyak wanita dalam beberapa waktu belakangan ini. Warna rose gold yang sedikit kemerahan memiliki daya tarik sendiri bagi para pecinta cincin emas. Lalu, mengapa warnanya bisa demikian?

Sebelum membahas lebih lanjut, yuk kulik sedikit sejarah emas rose gold yang sudah ditemukan di Rusia sekitar tahun 1800an. Oleh karena itu, sebagian orang menyebutnya sebagai emas Rusia. Namun julukan itu sudah jarang didengar karena penggunaan warna rose gold sudah menyebar ke seluruh belahan dunia.

Warna rose gold sendiri muncul karena proses pembentukan cincin emas. Emas murni memiliki sifat yang sangat lentur, sehingga dalam proses pembuatan cincin emas, biasanya akan membutuhkan campuran logam mulia lainnya seperti perak, tembaga, nikel, bahkan seng agar cincin emas lebih kuat dan tahan lama.

Untuk emas rose gold sendiri merupakan campuran antara emas murni dengan perunggu atau tembaga dengan komposisi 75% emas murni dan 25% perunggu atau tembaga. Sehingga menghasilkan warna yang kemerahan dan elegan. Semakin banyak perunggu yang dipakai, maka warna kemerahan pada perhiasan rose gold akan semakin kentara pula.

Kelebihan Rose Gold

Cincin Emas Eifelly
Cincin Emas Eifelly – V&Co Jewellery

Tidak hanya warnanya saja yang menarik mata, ternyata rose gold memiliki 3 kelebihan dibandingkan warna cincin emas lainnya, loh. Berikut kelebihannya:

1. Daya tahan lebih tinggi

Campuran tembaga atau perunggu di dalamnya tidak hanya membuat warna cincin emas ini menjadi cantik, tapi juga membuat cincin semakin kokoh. Karakter tembaga dan perunggu yang kuat mampu meningkatkan daya tahan cincin emas rose gold ini, jadi bisa kamu pakai untuk jangka waktu yang lama.

Warna rose gold sendiri bisa bertahan lebih lama karena tidak dicampur dengan rhodium. Akan tetapi biasanya perhiasan rose gold tetap dilapisi rhodium saat finishing agar terlihat lebih berkilau. Untuk warna rose gold sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu rose gold merah, rose gold murni, dan rose gold pink.

2. Kesan feminin

Warna emas rose gold yang sedikit kemerahan memberikan kesan feminin, hangat, dan lembut saat dipakai. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan warna kulit karena cincin emas rose gold cocok dipakai untuk semua skin tone, terutama warna kulit orang Indonesia yang beragam.

3. Harga bervariasi

Harga cincin rose gold yang memiliki banyak variasi juga menjadi salah satu kelebihannya. Kamu bisa menyesuaikan model cincin dengan anggaran dan tetap mendapatkan cincin yang cantik dan elegan.

Tips Memilih Cincin Warna Rose Gold

Cincin warna rose gold
Cincin Sella CCH0311

Dengan berbagai kelebihan emas rose gold di atas, pasti kamu jadi ingin memilikinya, kan? Sebelum membeli cincin impian, berikut kami bagikan beberapa tips memilihnya agar kamu mendapatkan cincin yang berkualitas.

1. Tes alergi

Salah satu hal harus kamu pastikan pertama kali sebelum membeli cincin adalah tes alergi. Tidak semua orang bisa menggunakan perhiasan emas rose gold karena kandungan tembaga yang ada di dalamnya. Terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan alergi pada kandungan tembaga. Tidak disarankan untuk menggunakan cincin rose gold dan sebaiknya memakai cincin emas kuning atau emas putih saja.

2. Ketahui kadar karat emas

Kadar emas dalam cincin emas mempengaruhi harga, kualitas, dan ketahanannya. Kadar karat emas yang tersedia paling banyak di pasaran Indonesia adalah cincin dengan kadar 18 karat. Persentasenya sendiri berupa 75% emas dan 25% logam lainnya. Cincin rose gold dengan kadar emas 18 karat tentunya memiliki daya tahan yang lebih tinggi daripada cincin emas dengan kadar karat yang lebih rendah.

3. Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan

Perhiasan bukanlah sebuah kebutuhan primer, sehingga kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membelinya. Meskipun bisa meningkatkan kasta sosial, tapi sebaiknya hindari membeli cincin emas dengan tujuan untuk memenuhi gengsi dan mengikuti trend semata. Pastikan kamu memiliki anggaran yang cukup untuk membeli cincin impianmu. Jika kamu memiliki biaya lebih, kamu bisa menjadikan cincin emas sebagai investasi, loh. Apalagi jika cincin ini bertahtakan berlian yang meningkatkan nilai jualnya.

4. Beli cincin di tempat terpercaya

Tingginya resiko di bidang jual-beli emas masih cukup tinggi. Biasanya para penjual nakal ini akan menjual cincin emas dengan harga yang lebih mahal dengan kadar karat yang lebih rendah. Tentunya hal ini merugikan kamu sebagai pembeli. Sudah rugi uang, rugi barang pula karena kualitas cincin tersebut tidak sesuai dengan harga.

Untuk itu kamu harus memastikan bahwa tempat pembelian cincin emas tersebut merupakan toko resmi dan terpercaya. Biar gak bingung memilih toko perhiasan, kamu bisa mempercayakan pembelian berbagai macam cincin emas dan perhiasan lainnya di V&Co Jewellery!

Rekomendasi Perhiasan rose gold

Setelah mengetahui sejarah, kelebihan, hingga tips memilih cincin rose gold, saatnya kamu kepoin beberapa model perhiasan rose gold lain yang cantik dan elegan ini!

Cincin warna rosegold
Cincin Emas Ulfa CCH0058

Model listring pada cincin rose gold ini akan membalut jarimu dengan indah. Dengan kadar emas 18k sebanyak 75% membuat cincin ini terlihat lebih berkilau serta dengan swarovski yang mewah dan elegan.

Cincin Nikah Rose Gold
Cincin Nikah Rose Gold – VnCo Jewellery

Cincin warna rose gold untuk cincin tunangan? Kenapa tidak? Sepasang cincin kawin ini dibuat dari rose gold 18 karat dan dihiasi dengan round diamond 0,03 karat, memperindah jarimu dan pasangan. Desainnya yang sama, membuat kamu dan pasangan semakin serasi.

anting emas rose gold
Anting emas rose gold – V&Co Jewellery

Tidak hanya cincin emas rose gold saja yang bisa mempercantik penampilan, tapi anting unik ini juga bisa menyempurnakan penampilan kamu, loh. Rose gold 18 karat dibentuk seperti knots yang membalut batu swarovski di bagian tengah memberikan kesan anting yang unik. Cocok banget sebagai perhiasan sehari-hari.

gelang emas
Gelang Emas – V&Co Jewellery

Gelang rose gold 18 karat ini merupakan desain yang terbatas, sehingga memberikan kesan eksklusif serta dengan pengunci yang bisa kamu atur sesuai ukuran pergelangan tangan.

liontin emas
Liontin emas – V&Co Jewellery

Hiasi leher jenjangmu dengan liontin rose gold berbentuk bintang yang cantik ini. Dengan kandungan emas 18 karat dan lapisan rhodium yang membuat liontin ini berkilaud an meningkatkan pesona penampilanmu.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai cincin rose gold, mulai dari asal mulanya, kelebihan yang bisa kamu dapatkan, tips memilih, hingga beberapa rekomendasi perhiasan dari rose gold yang bisa kamu piih sesuai kebutuhan dan selera. Baca juga artikel lain dari V&Co Jewellery agar kamu mendapatkan informasi menarik seputar perhiasan dan tips perhiasan lainnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *