harga cincin platinum

Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Membedakan Cincin Palladium dan Perak

Palladium vs perak mana yang lebih baik?

Berbeda dengan emas dan perak, pada awalnya cincin palladium mungkin tidak begitu familiar bagi masyarakat umum. Namun beberapa tahun belakangan ini, permintaan cincin palladium khususnya oleh calon pasangan pengantin semakin meningkat.

Terutama untuk pria muslim, sebab Islam melarang penggunaan emas bagi laki-laki.  Jadi, cincin palladium sebagai salah satu alternatif selain emas yang bisa menjadi pilihan untuk cincin tunangan maupun cincin kawin

Sama halnya dengan cincin palladium, cincin perak juga alternatif sebagai pengganti cincin emas bagi pria muslim. Selain alasan tersebut, meningkatnya permintaan akan cincin palladium juga karena logam tersebut memiliki keunggulan lain.

Diantaranya yaitu mempunyai warna putih berkilau alami yang cantik dan tidak mudah pudar, serta tingkat kekerasan palladium pun lebih tinggi daripada emas dan perak. Namun, karena relatif lebih keras, desain pada cincin palladium tidak sebanyak pada cincin perak dan harganya lebih mahal. 

Baik cincin palladium dan cincin perak tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka akan lebih  mudah untuk menentukan cincin mana yang sesuai dengan preferensi.

Cincin Palladium

cincin palladium vs perak
Cincin Kawin V&Co Jewellery

Palladium merupakan salah satu logam mulia termahal di dunia yang ditemukan sejak 1803 dan sudah banyak digunakan mulai dari untuk kebutuhan otomotif sampai perhiasan. 

Kelebihan Logam Palladium

Karena ketahanannya terhadap korosi dan oksidasi logam, Palladium dapat dikategorikan sebagai logam mulia. Kelebihan dari palladium adalah sebagai berikut:

  1. Palladium memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi daripada perak dan emas. Sehingga jika terbentur logam lain, cincin yang terbuat dari palladium tidak akan mudah tergores.
  2. Palladium memiliki warna yang sama dengan perak murni yaitu warna putih berkilau. Walaupun digunakan dalam waktu yang lama, warna ini tidak akan berubah.. Oleh karena itu, untuk merawat cincin yang terbuat dari palladium tidak memerlukan perlakuan khusus.
  3. Palladium mempunyai bobot yang cukup ringan. Sehingga akan sangat nyaman jika dipakai sebagai cincin.
  4. Palladium tergolong ke dalam logam hypoallergenic, yaitu logam yang tidak terlalu menimbulkan alergi seperti gatal maupun kulit kemerahan, sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan bagi yang mempunyai kulit yang sangat sensitif.
  5. Sebab di dalam Islam pria tidak diperbolehkan menggunakan emas, sehingga palladium cocok untuk digunakan untuk pasangan muslim yang ingin mempunyai cincin yang sama. Penggunaan cincin palladium bagi pria muslim hukumnya mubah atau diperbolehkan.

Kekurangan Palladium

Tentunya di balik kelebihan-kelebihan yang disebutkan di atas, palladium juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

  1. Palladium cukup sulit dibentuk. Semakin tinggi kadar palladium, maka akan akan sulit untuk dibentuk. Terutama jika kadarnya 100%. Hal inilah yang menyebabkan desain pada cincin palladium tidak sebanyak desain cincin emas maupun perak.
  2. Jika dibandingkan dengan cincin yang berbahan perak, maka harga cincin palladium relatif lebih mahal.
  3. Agak sulit untuk menjual kembali perhiasan yang terbuat dari palladium, karena tidak semua toko perhiasan mau menerima cincin dari bahan palladium untuk dijual lagi. Hal ini karena walaupun sudah mulai banyak yang menggunakan palladium, tetapi belum sepopuler cincin emas.

Kelebihan dan Kekurangan Cincin Perak

cincin palladium dan cincin perak
Wedding Ring V&Co Jewellery

Penggunaan cincin perak saat ini tidak hanya terbatas sebagai cincin pertunangan atau perkawinan, tetapi juga sebagai aksesoris tambahan. Sama halnya dengan palladium, perak juga merupakan solusi untuk para calon pengantin muslim yang tidak diizinkan untuk menggunakan cincin emas, baik emas kuning ataupun emas putih. 

Kelebihan logam perak

Selain memiliki desain yang fashionable, berikut beberapa kelebihan cincin perak:

  1. Nyaman digunakan. Cincin perak memiliki tekstur yang cenderung lebih lembut dibandingkan palladium. Sehingga ketika digunakan, tidak terasa sakit dan akan terasa lebih nyaman terutama pada penggunaan jangka panjang.
  2. Cincin perak lebih mudah untuk dibentuk karena memiliki tingkat kekerasan yang lebih rendah dibandingkan palladium. Oleh karena itu, desain pada cincin perak bisa lebih beragam. Mulai dari desain yang simpel hingga kompleks. Untuk melihat beberapa contoh desain cincin perak bisa dilihat di sini.
  3. Harga perak relatif lebih stabil dan terjangkau. Cincin perak memiliki harga yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan cincin dengan bahan lainnya. Sehingga, semua orang tetap bisa membuat cincin sesuai dengan keinginannya. Cincin perak umumnya memiliki harga yang tidak terlalu mahal, dibandingkan dengan bahan lain.
  4. Cincin perak lebih mudah untuk dijual kembali di toko emas dibandingkan cincin palladium.

Kekurangan perak

Sama halnya dengan palladium, perak pun juga memiliki kekurangan-kekurangan yang mungkin bisa dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Adapun kekurangan-kekurangan tersebut meliputi:

  1. Lebih mudah tergores. Perak adalah logam yang lunak, sehingga cincin perak cenderung lebih rentan jika  terkena goresan.
  2. Dibandingkan dengan cincin yang terbuat dari logam mulia lainnya seperti emas dan palladium, warna pada cincin perak lebih mudah untuk kusam, memudar, atau menjadi kehitaman dalam waktu yang relatif singkat. Perak juga dapat teroksidasi seiring dengan berjalannya waktu dan bisa menyebabkan warna perak memudar. Karena sifatnya tersebut, penggunaannya harus lebih hati-hati dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Perawatan lebih sulit. Cincin perak yang mudah teroksidasi membuat perawatannya relatif lebih sulit daripada cincin bahan palladium atau emas. Selain itu, kamu akan memerlukan bahan kimia khusus untuk membersihkan cincin perak agar warnanya tidak mudah memudar atau menjadi kusam.

Cara Membedakan Palladium dan Perak

cincin kawin palladium
Cincin nikah V&Co Jewellery

Selain sama-sama dapat menjadi pengganti cincin emas sebagai cincin kawin, cincin palladium memiliki kesamaan tampilan dengan cincin bahan silver atau perak. Padahal jika dilihat secara seksama, cincin palladium dan cincin perak itu berbeda. 

Lalu, bagaimana cara membedakan cincin palladium dan perak? Untuk bisa membedakannya, kamu bisa memperhatikan beberapa ciri fisiknya:

  • Palladium memiliki kilau yang lebih baik daripada perak

Jika diletakkan di tempat yang sama, maka akan terlihat cincin palladium tampak lebih berkilau dibandingkan cincin perak. Karena keindahan kilauan yang dihasilkan oleh palladium, sering kali palladium digunakan sebagai campuran dengan emas putih sehingga menjadi sebuah cincin yang sangat cantik dan berkilau.

  • Perbedaan warna saat berkilau

Pada dasarnya, setiap perhiasan memiliki warna kilauan yang berbeda. Sama halnya pula untuk palladium dan perak. Jika diperhatikan secara seksama, kilauan pada cincin palladium berwarna kehitam-hitaman. Sementara itu, perak memiliki warna putih namun sedikit keruh. 

  • Cincin yang terbuat dari palladium memiliki warna yang lebih awet daripada perak

Warna putih khas palladium tidak mudah pudar. Pada umumnya, cincin pernikahan yang terbuat dari palladium tidak akan mudah rusak karena merupakan logam mulia yang cukup tahan terhadap oksidasi dan korosi. Sehingga, palladium juga tahan terhadap karat. Selain itu, warna putih pada logam mulia ini tak mudah pudar dan berubah meski telah dipakai dalam waktu yang lama. 

Sebaliknya, warna pada perak lambat laun akan akan semakin memudar. Oleh karena itu, untuk cincin perak memerlukan pemolesan ulang agar bisa tampak seperti baru.

  • Palladium lebih keras dan kuat dibandingkan perak

Palladium memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi daripada perak. Hal ini membuat cincin palladium lebih sulit tergores.

Kesimpulannya, baik cincin palladium maupun cincin perak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut, akan mempermudah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Merasa tertarik untuk menambahkan cincin palladium ke dalam koleksi kamu? Bahkan, sudah ada rencana untuk membeli cincin palladium, tetapi bingung mau beli dimana? Jangan khawatir, kamu bisa langsung kepoin koleksi cincin palladium yang ada di V&Co Jewellery  atau cek instagram (@vncojewellery) ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *