cincin tunangan

Beda Cincin Tunangan dan Nikah Serta Tips Memilihnya Untuk Hari Bahagiamu!

Salah satu proses yang dilakukan sebelum melangsungkan pernikahan adalah prosesi tunangan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk tunangan, salah satunya adalah cincin tunangan. Namun, tahukah kamu kalau cincin tunangan dan cincin nikah itu berbeda, loh! Apa perbedaannya? Yuk, simak ulasannya! 

Beda Cincin Tunangan dan Nikah

Meskipun cincin tunangan dan cincin nikah sama-sama berfungsi sebagai pengikat kedua calon mempelai, tapi ternyata ada kedua cincin ini berbeda, loh. Untuk itu buat kamu yang sedang menyiapkan prosesi lamaran wajib mengetahui beda cincin tunangan dan nikah agar tidak salah pilih!

Engagement Ring - V&Co Jewellery
Engagement Ring – V&Co Jewellery

1. Jumlah cincin

Beda cincin tunangan dan nikah yang pertama adalah dari jumlahnya. Biasanya, cincin tunangan hanya berjumlah satu cincin dan ditujukan untuk calon mempelai wanita. Namun tidak jarang juga pihak laki-laki juga memakai cincin tunangan.

Sebaliknya, cincin nikah selalu sepasang atau berjumlah dua cincin untuk digunakan oleh kedua mempelai. Cincin kawin selalu disiapkan sepasang untuk menyimbolkan dua insan yang saling mengikat janji dan komitmen.

2. Posisi cincin di jari tangan

Seperti yang kita ketahui, cincin tunangan digunakan di jari manis tangan kiri. Alasan pemakaian di jari ini adalah karena dianggap paling dekat dengan pembuluh vena amoris yang dikenal sebagai pembuluh darah cinta karena mengalir langsung menuju jantung. Namun tidak jarang juga pasangan yang memakai cincin tunangan di jari manis tangan kanan. Sementara itu, cincin nikah sendiri dipakai di jari manis tangan kanan. 

Meskipun demikian, tidak sedikit juga pasangan yang memakai cincin tunangan di jari manis kanan. Kemudian mereka akan memindahkan cincin tunangan ke jari manis tangan kiri setelah menikah. Ada juga yang menumpuk cincin tunangan dan cincin nikah di jari yang sama baik di tangan kanan atau tangan kiri.

3. Model cincin tunangan dan cincin nikah

Beda cincin tunangan dan nikah yang berikutnya adalah dari segi desain atau model. Desain cincin tunangan biasanya terlihat lebih mewah dan elegan. Ukuran batu mulianya pun biasanya lebih besar dibandingkan cincin kawin. Model cincin tunangan yang menjadi favorit biasanya adalah model solitaire berupa cincin dengan satu berlian yang menonjol di bagian tengah.

Desain cincin nikah sendiri biasanya lebih simpel dan sederhana dengan lapisan emas atau perak polos. Jika cincin bertaburkan batu permata pun tujuannya hanya sebagai pemanis saja. Tujuan dari desain minimalis cincin kawin ini adalah agar lebih nyaman saat dipakai untuk beraktivitas sehari-hari.

4. Beda harga cincin tunangan dan nikah

Selain ketiga hal di atas, harga untuk cincin tunangan dan cincin kawin juga berbeda, loh. Cincin tunangan biasanya lebih mahal dibanding cincin nikah karena pilihan batu permatanya dan desainnya yang lebih eksklusif. Hal lain yang mempengaruhi harga cincin tunangan adalah 4c, yaitu cut, carat, color, dan clarity dari berlian yang dipakai.

5. Berat cincin

Beda cincin tunangan dan nikah berikutnya adalah dari beratnya. Untuk cincin nikah, disarankan berat cincin minimalnya adalah 4 gram. Hal ini bertujuan agar cincin nikah tetap awet untuk penggunaan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama.

Untuk berat cincin tunangan sendiri tidak ada berat minimalnya. Jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkan berat cincin untuk melamar.

6. Waktu dan Durasi Pemakaian

Selanjutnya beda cincin tunangan dan lamaran adalah dari segi durasi pemakaiannya. Cincin tunangan digunakan mulai dari prosesi lamaran hingga prosesi pernikahan. Pihak wanita (maupun pria, jika keduanya memakai cincin tunangan) harus memakai cincin tunangan sebagai tanda pengikat selama menunggu prosesi pernikahan. Jadi pemakaian cincin tunangan hanya sementara saja.

Sementara itu pemakaian cincin nikah lebih lama daripada cincin tunangan. Cincin nikah dipakai mulai dari prosesi ijab kabul hingga maut memisahkan.

Haruskah Memiliki Cincin Tunangan dan Cincin Kawin Sekaligus?

cincin nikah
Cincin kawin V&Co Jewellery | Foto: Panound Photo

Setelah mengetahui keenam perbedaan s cincin tunangan dan cincin kawin di atas, kira-kira perlu tidak menggunakan kedua cincin tersebut?

Preferensi 

Kalau kamu tipe yang sentimentil, pasti ingin memiliki cincin tunangan dan cincin kawin yang berbeda. Karena setiap cincin memiliki makna dan menandai momen yang berkesan. Tapi ada juga yang memilih untuk menggunakan cincin yang sama saat prosesi lamaran dan pernikahan.

Pertimbangan biaya

Prosesi lamaran dan menikah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka pemilihan cincin tunangan dan cincin nikah sekaligus bisa membengkakkan anggaran. Jika kamu sudah memiliki budget dan tidak masalah dengan biayanya, maka bisa memiliki cincin tunangan dan cincin nikah. Akan tetapi jika kamu merasa perlu menghemat biaya, maka bisa memilih cincin pernikahan saja untuk digunakan saat prosesi lamaran dan pernikahan.

Pada akhirnya, semua kembali kepada kebutuhan dan keputusan masing-masing karena tidak ada aturan khusus yang mengharuskan kamu menggunakan cincin tunangan dan cincin nikah secara terpisah. Baik memakai kedua cincin atau salah satunya, kamu tidak boleh lupa bahwa tujuan utama dari perhiasan ini adalah sebagai simbol pengikat janji.

Tips Memilih Cincin Tunangan dan Nikah

Cincin VnCo Jewellery
Cincin V&Co Jewellery | Foto: Saga Photography

Karena cincin ini merupakan simbol untuk menyatukan kedua sejoli, maka memilihnya pun tidak boleh sembarangan. Meskipun ada perbedaan yang cukup kentara, namun kami akan merangkum tips memilih cincin tunangan dan nikah secara bersamaan karena kedua cincin tersebut memiliki tujuan yang sama. Ini dia beberapa tips yang bisa kamu coba!

  • Diskusikan dengan pasangan

Ada beberapa jenis cincin tunangan dan nikah yang bisa kamu pilih, seperti cincin emas, perak, atau palladium. Alangkah baiknya jika kamu dan pasangan mendiskusikan jenis cincin apa yang ingin kalian gunakan untuk mengikat janji suci.

Jangan lupa juga untuk memastikan cincin yang kamu pilih sudah dilapisi dengan rhodium. Logam rhodium ini yang menjaga agar cincin tunangan tetap mengkilap dan tidak mudah pudar.

Selain memilih jenis emas, diskusikan juga besaran karat cincin pernikahan. Sebaiknya kamu memilih kandungan karat emas yang besar agar cincin tunangan tetap tahan lama.

  • Sepakati desain cincin

Ini dia yang tidak kalah penting, yaitu desain cincin. Seiring bertambahnya waktu, akan bertambah pula model cincin baru yang mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar.

Utamakan kenyamanan saat memilih atau membuat desain cincin. Hindari pemilihan desain yang dapat mengganggu aktivitasmu seperti saat berganti pakaian, mandi, atau aktivitas lainnya yang berpotensi membuat cincin tersangkut ke mana-mana. Desain simpel tanpa banyak ornamen bisa menjadi alternatif pilihan karena lebih nyaman untuk pemakaian sehari-hari dan cenderung tidak tergerus oleh waktu.

  • Berat dan harga cincin

Selain memilih bahan dan desain, kamu juga harus mempertimbangkan berat cincin emas. Semakin berat cincin tunangan, semakin tinggi pula harganya. Diskusikan dengan pasangan mengenai berat dan harga cincin ini agar tidak saling memberatkan namun bisa mendapatkan cincin tunangan impian kamu!

  • Beli cincin di tempat terpercaya

Untuk urusan cincin yang akan dipakai hingga maut memisahkan, tidak boleh membeli cincin di tempat sembarangan. Apalagi jika kamu ingin membeli cincin tunangan secara online, harus lebih hati-hati dalam memilih toko. Jangan terkecoh dengan desain cantik dengan harga yang super miring. Pastikan toko menyediakan sertifikat keaslian cincin emas agar kamu bisa mendapatkan garansi produk.

Itu dia beberapa pembahasan mengenai beda cincin tunangan dan nikah hingga tips memilih cincin untuk pernikahan. Butuh rekomendasi cincin cantik dan elegan untuk hari bahagiamu? Yuk kepoin selengkapnya di V&Co Jewellery sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *