Mengenal 3 Jenis Cincin Pernikahan Emas

Mengenal 3 Jenis Cincin Pernikahan Emas

Cincin pernikahan emas merupakan elemen penting dalam pernikahan. Banyak orang yang merasa bingung untuk memilih cincin pernikahan yang sesuai dengan keinginan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah dari segi bahan. Memang cincin banyak yang berbahan dasar emas. Namun, ada banyak jenis emas mulai dari emas kuning, putih hingga rosegold.

Jika kamu dan pasangan sedang bingung mencari bahan yang tepat. Maka kenali terlebih dahulu sederet jenis bahan emas berikut ini. Setelah memilih bahannya, barulah kamu dan pasangan bisa menyesuaikan bentuk yang diinginkan. Penasaran apa saja?

Mengenal Cincin Pernikahan Emas Kuning

Mengenal 3 Jenis Cincin Pernikahan Emas

Cincin emas identik dengan warna emas kuning. Salah satu kelebihan dari cincin jenis ini adalah tidak menyebabkan reaksi alergi. Maka, cincin ini sangat cocok bagi kamu atau pasangan yang punya kulit sensitif. Campuran dari emas kuning adalah zat zinc dan tembaga yang sangat aman dipakai untuk jenis kulit pemakainya. Apapun jenisnya.

Pemilihan cincin nikah emas kuning sangat cocok bagi kamu yang tak ingin membeli cincin terlalu mahal. Meski terjangkau, kualitas dari cincin ini tak perlu diragukan karena sangat tahan lama. Apalagi cincin jenis ini juga tidak mudah pudar. Berbeda dengan emas putih misalnya yang jauh lebih cepat pudar.

Ada pertimbangan lain saat memilih cincin nikah emas kuning. Salah satunya adalah dari segi tampilan. Banyak orang yang memilih emas kuning karena tampilannya cenderung mewah dan klasik. Maka, cincin ini memang sangat cocok bagi kamu yang berkepribadian elegan.

Tak heran bila emas nikah memang sering jadi pilihan bagi para calon pengantin. Apalagi ada kelebihan lainnya seperti biaya perawatan yang jauh lebih mudah dan murah. Maka jangan heran jika semakin banyak orang memilih cincin nikah emas kuning.

Tak hanya melihat dari segi kelebihan saja, kamu juga wajib mengetahui kekurangan dari cincin jenis ini. Tentu saja akan membantu kamu dalam proses memilihnya. Pertama adalah dari segi warna kulit.

Emas warna  kuning sangat cantik dan cocok jika dipakai pada orang yang punya kulit khas Indonesia seperti kuning langsat. Namun sayangnya tidak cocok pada orang yang punya warna kulit dengan tone dingin misalnya warna cerah atau pucat. Perhiasan bisa tampak pudar dan pucat bila dipakai oleh warna kulit yang kurang sesuai.

 Meski tak membutuhkan pelapisan, tapi emas kuning juga harus dipoles. Apalagi jika dipakai sebagain cincin nikah. Pastinya warna emasnya akan terus memudar. Kamu tetap harus rajin memoles supaya kilauan emas akan selalu terjaga. Jangan heran bila warna emas akan lebih terlihat tampak pudar pada emas kuning.

Berikutnya adalah dari segi kekuatan logamnya. Emas kuning punya kekuatan lebih rendah dibanding jenis emas lainnya. Hal ini menyebabkan emas kuning akan lebih mudah tergores atau penyok bila tidak sengaja kena goresan. Pastinya ini disebabkan oleh emas yang memiliki kandungan lebih enak.

Bahkan ada beberapa kasus emas yang bisa hilang dan putus begitu saja bila terkena benturan. Pastinya ini disesuaikan dengan kandungan di dalamnya. Jangan heran bila harganya memang lebih rendah. Maka dari itu, kamu juga perlu mempertimbangkan hal ini bersama dengan pasangan.

Cincin Pernikahan Emas Putih

Cincin Kawin V&Co Jewellery | Beli Cincin Kawin Online Termurah

Warna emas putih dipilih bagi sebagian pasangan karena memang warna yang tidak mencolok seperti emas kuning. Perhiasan ini sebenarnya cocok bagi pasangan yang ingin terlihat minimalis dan kalem, tapi tetap elegan. Sebenarnya mengapa bisa emas sendiri ada yang berwarna putih dan kuning?

Warna putih yang ada pada cincin nikah emas putih ini terbuat dari emas kuning yang diberi campuran logam putih. Adapun logam-logam tersebut adalah nikel atau palladium. Pemanfaatan lapisan rhodium pada cincin berwarna emas yang terkadang digunakan untuk menjadi pelapis warna putih.

Uniknya, harga cincin kawin emas putih yang menggunakan rhodium lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan rhodium hanyalah bersifat sementara sebagai “cat” dari emas kuning. Tak heran apabila cincin kawin emas putih yang sering digunakan dapat memudar dan menguning. Maka dari itu, hal yang perlu dilakukan agar cincin tetap berkilau adalah dengan merawatnya.

Namun, ada hal yang wajib diperhatikan bagi kamu yang ingin memakai cincin pernikahan emas putih. Salah satunya dari sisi alergi. Artinya, kamu dan pasangan harus memastikan kulit tidak sensitif. Emas putih kerap kali tidak dipilih oleh banyak orang karena dapat menimbulkan reaksi alergi yang cukup berbahaya.

Dari segi harga, cincin emas putih juga memang cukup terjangkau. Apalagi jika kamu dan pasangan menginginkan cincin yang tampak elegan dan mewah. Pemilihan warna putih dirasa pas untuk mengeluarkan sisi elegan tersebut.

Cincin Pernikahan Rosegold

Rosegold adalah jenis emas yang sedang banyak dicari orang. Tentunya yang utama adalah dari segi warna. Dengan perpaduan pink dan silver membuat warnanya menjadi sangat unik dan menarik.

Daya tarik dari cincin jenis ini memang dari warnanya. Dengan warna sedikit merah muda akan menimbulkan kesan lembut, feminim dan juga elegan. Apalagi kadar perunggu yang berbeda membuat warnanya bisa disesuaikan. Jika tidak ingin terlalu merah, kamu tinggal mengurangi kandungan perunggu.

Tak sampai situ saja, cincin nikah rose gold ini ternyata punya ragam warna yang jauh lebih banyak dibandingkan cincin emas kuning maupun putih. Dua warna ini sangat standar dan tak punya banyak pilihan warna. Tapi warna pada cincin emas rose gold bisa beragam dan bisa disesuaikan dengan selera.

Ternyata campuran logam tembaga pada cincin ini membuat jenis cincin ini jadi kokoh dan kuat. Bila dibandingkan dengan emas murni, banyak orang yang lebih senang dengan ketahanan cincin rose gold. Cincin ini tidak punya kandungan rodhium sehingga warnanya lebih tahan lama dan tak perlu dipoles ulang seperti yang dilakukan pada emas putih.

Berikutnya, pecinta fashion pastinya akan memilih warna yang tidak biasa dan unik sama seperti warna rosegold. Dalam hal ini memilih warna sedikit merah muda untuk menambah apik penampilan. Pastinya warna rose gold lebih fashionable daripada warna emas yang hanya memiliki warna emas kuning atau emas putih.

Banyaknya variasi warna membuat cincin emas rose gold menjadi perhiasan yang tidak membosankan. Apalagi semakin banyak model dan bentuk perhiasan yang dimodifikasi mengikuti perkembangan zaman. Kamu bahkan bisa mencampurnya dengan gaya pakaian hingga sepatu dengan warna senada.

Salah satu keuntungan cincin satu ini ternyata dari segi harga. Umumnya harga rose gold ini lebih bervariasi apabila dibandingkan dengan emas lainnya. Kadar dan presentasi campuran rose gold bisa diatur sehingga harganya juga bisa bervariasi dan berubah.

Tak hanya sampai di situ saja, desain juga turut mempengaruhi harga. Kamu bisa memilih desain yang sesuai dengan keinginan. Bila ingin lebih terjangkau pastinya kamu bisa memilih desain yang simpel saja. Tapi kamu juga bisa memesan cincin dengan desain yang langka dan rumit.

Itulah 3 jenis cincin pernikahan emas yang bisa kamu pilih. Masing-masing cincin emas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal kamu memilih mana cincin pernikahan yang paling sesuai dengan kamu dan pasangan. Selamat memilih!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *