Apakah Bahan Palladium itu?

Apakah Bahan Palladium itu?

Bahan palladium sendiri adalah komponen penting dalam elektronik, dan digunakan pada banyak bentuk teknologi seperti sel bahan bakar (seperti baterai).

Belum banyak yang mengetahui bahwa palladium ditemukan pada Juli 1802 oleh William Hyde Wollaston.  Berbicara tentang sejara palladium, bahan ini telah digunakan sebagai logam berharga pada perhiasan sejak 1939, sebagai alternatif platina untuk membuat emas putih. Namun memang belum terlalu banyak yang mengetahuinya.

Apakah Bahan Palladium itu?

Memang bahan yang satu ini kurang populer di dunia perhiasan. Bahan palladium adalah bagian dari Platinum Group Metals, yang merupakan kumpulan logam yang tahan terhadap korosi dan oksidasi (artinya tidak akan ternoda di udara dan akan tetap putih selamanya). Ini ditemukan dalam mineral yang sangat langka yang disebut Cooperate and Polarite, dan hanya ditambang di sejumlah kecil endapan di seluruh dunia. Palladium dapat mengubah warna emas yang mulanya kuning menjadi putih dengan minimal kandungan 10%.

Palladium bersifat lunak dan ulet ketika dipanaskan dan sangat meningkatkan kekuatan dan kekerasan ketika didinginkan. Palladium (Pd) merupakan jenis mineral bumi yang memiliki kadar 270% lebih tinggi daripada perak ataupun tembaga. Palladium juga memiliki penampilan yang mirip dengan platinum. Bahan ini memiliki kualitas baja putih, tetapi 40% lebih ringan dari Platinum karena kurang padat. Bobotnya yang lebih ringan bisa menjadi aspek yang menarik, karena menawarkan kenyamanan pada perhiasan yang dapat dikenakan setiap hari.

Perhiasan Palladium

Palladium sudah digunakan sebagai bahan bakar perhiasan sejak tahun 1939. Bahan ini digunakan untuk alternatif pembuatan emas putih, yang biasanya memakai platina. Palladium menjadi salah satu  logam yang digunakan untuk membuat emas putih, selain nikel, perak, dan platina. Kenyataannya, kombinasi palladium dan emas akan menghasilkan logam dengan kualitas lebih bagus, dibanding kombinasi nikel dan emas.

Apakah Bahan Palladium itu?

Batu-batu permata yang besar dapat menambah berat pada sepotong perhiasan, sehingga ringannya paladium dapat membantu mengatasi hal ini. Bobot yang lebih ringan juga bisa berarti lebih banyak fleksibilitas desain, membuatnya menjadi logam yang diinginkan untuk kebanyakan orang.  Sama seperti platinum, logam ini juga merupakan logam hypoallergenic, yang menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang sensitif terhadap bahan tertentu.

Saat berada di suhu biasa, palladium bisa tahan terhadap adanya korosi di udara. Palladium mampu menyerap hydrogen dengan lebih tinggi. Palladium merupakan salah satu logam mulia yang termasuk dalam golongan platinum group metal. Palladium mempunyai sifat anti alergi serta anti oksidasi korosi. Oleh karena itu cincin palladium lebih cocok jika digunakan sebagai cincin pernikahan untuk pria sebab lebih tahan terhadap macam-macam aktifitas maskulin serta kilaunya lebih terjaga.

Palladium mempunyai kelebihan anti pudar. Perhiasan palladium terdiri dari 95% Palladium yang berarti perhiasan ini tidak mempunyai logam yang akan membuatnya memudar.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Palladium

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli perhiasan palladium, ada baiknya jika kamu mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh palladium itu sendiri.  Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya:

1. Kelebihan Palladium

  • Palladium memiliki warna putih seperti perak murni, tetapi tidak berubah warna.
  • Palladium lebih keras daripada perak dan emas.
  • Palladium mempunyai berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan logam-logam anggota dari platinum yang lain.
  • Harga lebih murah daripada emas putih.
  • Palladium termasuk logam yang ringan, sehingga harga pallatium lebih murah jika dibandingkan dengan emas putih.
  • Cocok untuk pasangan muslim karena dapat digunakan sebagai alternatif bahan cincin kawin selain emas.
  • Cincin palladium bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk Anda yang mempunyai kulit yang sangat sensitif.

2. Kekurangan Palladium

  • Tidak semua toko perhiasan mau menerima cincin dari baham palladium untuk dijual lagi. Hal ini karena cincin palladium belum sepopuler cincin emas.
  • Bahan palladium yang berasal dari palladium masih awam di masyarakat kita.
  • Jika dibandingkan dengan cincin yang berbahan perak, maka harga cincin palladium lebih mahal.
  • Sifat palladium yang terlalu keras membuatnya sangat sulit untuk dibentuk saat dibuat menjadi perhiasan jika kadarnya 100%

Perhiasan dengan bahan palladium memang lebih sulit untuk di bentuk, baik karena belum banyak pengrajin yang mempunyai kemampuan memahatnya ataupun karena sulitnya akses bahan material ini. Perhiasan palladium custom adalah pilihan efektif dibandingkan logam lain.

Ketahanan palladium selama bertahun-tahun akan mengurangi biaya dan tenaga yang dibutuhkan untuk perawatan dan perbaikan cincin. Bahkan beberapa toko yang menjual cincin palladium menawarkan perbaikan dan finishing ulang secara gratis.

Simpulannya, palladium adalah pilihan yang fantastis untuk semua jenis perhiasan dan layak dipertimbangkan. Dibandingkan dengan cincin perak, harga cincin palladium memang lebih mahal, tetapi apabila dilihat dari segi kualitas, tentu palladium jauh lebih baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *