Kelebihan Cincin Palladium sebagai Cincin Kawin

Kelebihan Cincin Palladium sebagai Cincin Kawin

Untuk semua pembaca Muslim, tentu saja sudah tahu bahwa emas merupakan logam yang diharamkan untuk dipakai umat-Nya yang pria sehingga cincin kawin untuk mempelai pria pun biasanya menggunakan bahan perak, namun, apakah Anda pernah mendengar mengenai kelebihan cincin palladium?

Sesuai namanya, cincin palladium merupakan cincin yang menggunakan logam palladium sebagai bahan dasarnya. Bukan hanya ketahanan dan tampilannya yang bagus, cincin palladium juga bermanfaat untuk kesehatan! Seperti seorang lelaki, tangguh dan pekerja keras, cincin palladium memiliki karakteristik yang serupa sehingga cincin jenis ini memang banyak diidamkan para kaum Adam. Sebelumnya, mari kita mengenal si Palladium terlebih dahulu!

Palladium (Pd) adalah salah satu logam yang memiliki warna putih yang langka dan juga berkilau. Palladium juga merupakan bahan campuran yang digunakan untuk membuat emas putih. Palladium memiliki kemampuan untuk mengubah warna pada emas yang awalnya kuning menjadi putih.

Palladium juga tidak terkorosi, tidak berkarat, tahan goresan, dan juga memiliki sifat anti alergi. Palladium merupakan salah satu logam mulia yang termasuk dalam golongan platinum group metal. Sangat cocok untuk lelaki yang aktif beraktivitas di luar karena cincin palladium tahan akan segala kondisi. Sampai di sini, apakah Anda sudah tergiur untuk beralih ke cincin palladium dari cincin perak? Memang cincin palladium memiliki harga yang lebih tinggi daripada perak, tetapi harganya sebanding, bukan, dengan segala manfaat yang dapat diberikannya?

6 Kelebihan Cincin Palladium untuk Cincin Kawin

Tahukah Anda bahwa palladium memiliki kandungan mineral 250% lebih banyak daripada perak dan tembaga? Untuk membuat kilau pada cincin, terutama cincin yang berbahan emas putih, biasanya diberi lapisan rhodium. Akan tetapi, untuk cincin palladium ini tidak menggunakan bahan lapisan karena palladium sendiri sudah mampu untuk memberikan warna alami putih yang berkilau dan cantik. Selain karena tidak adanya lapisan rhodium pada cincin palladium yang berefek tidak menimbulkan iritasi maupun alergi. Palladium juga merupakan hypoallergenic yang membuatnya memiliki sifat antioksidan korosi dan anti alergi.

Selanjutnya akan dibahas apa saja kelebihan cincin palladium ini apabila dijadikan sebagai cincin kawin Anda dengan pasangan!

  1. Warna tidak luntur
    Seperti yang sebelumnya diutarakan di atas, cincin palladium memiliki warna putih alaminya sendiri sehingga warna pada cincin akan tetap awet dan cantik. Tidak seperti cincin perak yang perlu dibersihkan atau diberi lapisan rhodium lagi karena warnanya yang menghitam dan pudar. Cincin palladium tidak gampang berubah warna atau luntur meski dipakai dalam jangka waktu yang lama. Apabila warnanya sedikit memudar, cincin palladium cukup direndam dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun. Setelah direndam, usap cincin dengan lembut menggunakan kain atau handuk yang bersih, hingga cincin kembali bersih.
  2. Mudah dibersihkan
    Perawatan yang perlu dilakukan untuk cincin palladium hanyalah air hangat dan handuk atau kain lembut yang dipergunakan saat cincin Anda dirasa kotor atau kurang mengkilap.
  3. Ringan
    Cincin palladium mempunyai berat yang lebih ringan dibandingkan dengan logam-logam anggota dari group platinum yang lain. Sehingga cincin palladium sangat nyaman dipakai.
  4. Ekonomis
    Karena beratnya yang relatif ringan, cincin palladium memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan cincin emas.
  5. Tidak menimbulkan Alergi
    Karena sifat palladium yang hypoallergenic, cincin palladium dapat menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.
  6. Awet
    Dikatakan bahwa cincin berbahan palladium memiliki ketahanan 15% lebih tinggi dibandingkan cincin berbahan emas.

Itulah beberapa kelebihan cincin palladium yang masih kurang diketahui oleh masyarakat awam. Selain dapat menjadi alternatif untuk lelaki muslim yang sedang mencari cincin kawin, cincin palladium juga memiliki sejuta manfaat yang baik. Namun ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh logam mulia satu ini. Karena segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang sempurna, kan! Biarpun tidak banyak, namun kekurangan dari cincin ini mungkin juga perlu dijabarkan untuk dijadikan pertimbangan Anda. Dibalik segala kelebihannya, cincin palladium tidak memiliki nilai jual yang tinggi.

Sangat tidak cocok untuk dijadikan sebagai investasi selayaknya emas. Ini dikarenakan permintaan pasar dan juga pasar yang menjajakan agak kurang. Salah satu alasan emas dapat dijadikan sebagai barang investasi dan memiliki nilai jual tinggi dikarenakan popularitasnya yang sudah dikenal oleh seluruh elemen masyarakat sehingga orang-orang berbondong-bondong untuk memiliki emas. Sekian artikel mengenai kelebihan cincin palladium ini, semoga artikel ini dapat membantu, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *