Sertifikat Pada Berlian

Seberapa Penting Sertifikat pada Berlian?

Sertifikat pada berlian dinilai sebagai salah satu berkas yang penting saat kita membeli berlian. Karena dengan sertifikat membuktikan apakah berlian yang kita beli merupakan berlian yang asli atau tidak. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak tertipu saat membeli berlian. Beberapa hal tersebut mulai dari sertifikat berlian hingga di mana sebaiknya membeli berlian.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Berlian

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, dalam membeli berlian empat hal yang pertama kali perlu diperhatikan adalah 4 C (Color, Clarity, Cut dan Carat). Semakin tinggi skala dari 4 C tersebut, maka makin tinggi harga berlian. Sebenarnya apa, sih, 4C dalam membeli berlian?

1. Clarity

Clarity atau kejernihan merupakan standar berlian yang diukur berdasarkan pertimbangan: jumlah mineral pencemar, lokasi pencemar, ukuran pencemar, warna pencemar, dan jenis mineral pencemar yang ada di dalam berlian. Semakin jernin berlian maka harganya akan semakin tinggi. Ada institusi yang memberikan sertifikat atas kejernihan berlian ini. Institus tersebut adalah The Gemological Institute of America (GIA). Berikut skala kejernihan berlian berdasarkan ukuran GIA: Flawless (tanpa noda), Internal Flawless, VVS1, VVS2, VS1, VS2.

2. Color

Dalam bukunya, Mahardi Paramita yang juga penggagas lembaga sertifikasi berlian di Indonesia, Adamas Gemological Laboratory of Indonesia (AGL) itu menulis, semakin bening suatu berlian semakin tinggi nilainya. Berlian terbaik adalah berlian yang tanpa warna.

Sama seperti clarity, untuk menunjukkan kualitas, warna berlian juga memiliki skala. Semakin besar nilai skala warna, semakin rendah harganya. Tingkat warna berlian yang dikembangkan oleh GIA adalah pada kisaran putih (colorless) sampai kuning, yakni D-F colorless (white); G-J hampir tidak berwarna; K-M kekuning-kuningan; N-R kuning sangat terang; S-Z kuning terang.

Berlian dalam jangkauan skala D-Z memiliki warna normal. Sedangkan warna di luar warna normal misalnya berlian warna kuning, coklat, merah muda, merah, oranye, biru, hijau disebut dengan berlian fancy color.

3. Cut

Kesempurnaan cutting atau potongan berlian akan menentukan pantulan sinar dari berlian tersebut. Untuk menguji kualitas cutting-nya, Mahardi menyarankan lihat batu berlian dari atas, sehingga kamu akan melihat pola pantuan sinarnya. Potongan berlian ini sangat menentukan harga berlian. Skala cut yang dibuat oleh GIA adalah: fair, good, very good, ideal dan signature ideal.

Berlian dengan proporsi cutting-an yang baik, akan memberikan kilau warna cemerlang serta kilap cahaya maksimun. Berlian yang dipotong terlalu pendek dan dalam akan kehilangan cahaya pantul dan tidak akan merefleksikan cahaya kembali ke bagian atas berlian. Potongan itulah yang membuat berlian terlihat kusam dan tidak cemerlang.

4. Carat

Berlian dijual berdasarkan berat, bukan volume. Berlian ini disebut sebagai karat. Satu karat setara dengan 0,2 gram atau 200 mg. Berlian dengan ukuran karat-karat lebih besar tidak selau berarti lebih baik. Dengan kualitas yang lebih tinggi (dilihat dari cut, clarity dan color), berlian yang lebih kecil mungkin lebih bernilai daripada berlian yang lebih besar tapi kualitasya rendah.

Apa yang Dimaksud Sertifikat Berlian GIA?

sertifikat pada berlian

Dalam memahami sertifikat berlian GIA sangat penting baik untuk konsumen maupun penjual. Yang didalamnya terdapat beragam informasi mengenai seluk beluk perhiasan seperti anting emas, dan lain sebagainya. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa sebenarnya Sertifikat GIA itu mari kita bahas satu-persatu.

1. Badan Resmi Penelitian dan Penilaian Dunia Perhiasan

GIA merupakan badan resmi perhiasan yang sudah dibentuk puluhan tahun yang lalu. Atau lebih dikenal sebagai laboratorium yang dimana setiap harinya meneliti beragam perhiasan lalu mengeluarkan laporan. Terdapat dua badan Resmi Penelitian yakni GIA dan AGS. Keduanya merupakan peneliti resmi yang dipercaya dilebih dari brand perhiasan diseluruh dunia termasuk Tiffany and Co. Sebagai standar dan informasi penting yang diberikan pada konsumen dan penjual.

2. Kelas dan Atribut

Dalam isinya, terdapat klasifikasi (kelas) dan atribut. Klasifikasi tersebut menampilkan berat karat, berat batu yang diukur hingga ke seratus karat. Nilai pada warna perhiasan diberikan dengan kisaran D sampai Z. Karena kebanyakkan kurangnya warna pada berlian. Nilai potongan pada perhiasan didasarkan pada penilaian poor ke excellent. Sehingga informasi perhiasan tersebut bisa diterima sejelas-jelasnya. Seorang Ahli Gemologi merupakan penanggung jawab laporan ini.

3. Nomor, Jenis, dan Ukuran Berlian

Ke-3 laporan meliputi nomor, jenis, dan ukuran menjadi faktor yang menentukan penilaian bagus atau tidaknya. Dengan meminimalisir kesalahan, ke-3 nilai tersebut juga bisa diverifikasi melalui situs website lab gemology. Dalam karakteristik atau jenis, terdapat informasi mengenai berlian. Meliputi bentuk batu, dan bentuk potongannya. Seperti Round Brilliant. Terdapat juga dimensi fisik sebagai data tambahan.

4. Diagram

Sebagai bentuk menganalisis bentuk dan sidik jari dari berlian. Diagram Referensi menjadi identifikasi tanda-tanda cacat yang ditemukan pada apapun jenis berlian. Blemishes (eksternal) warna hijau, inklusi(internal) warna merah. Lalu ada Diagram Proporsi, sebagai bahan analisis berlian berdasarkan angka dalam tabel dan kedalaman (dalam%). Ditambah tabel sudut mahkota,sudut paviliun dan ketebalan korset.

5.Penilaian Dari Hasil Penelitian

Setelah diteliti dan mendapatkan banyak data dari berlian atau perhiasan, hasil tersebut terdapat 2 faktor penting yang menjadi patokan. Polesan dan simetri. Yang mempengaruhi daya tarik bentuk dan penampilan berlian. Selanjutnya ada Deskripsi sifat fluoresensi berlian. Yang digambarkan berdasarkan intensitas dan warna yang bersinar. Warna sinar yang menerangi itu adalah Ultraviolet (UV).

6.Keamanan dan Tanda Keaslian

Pada bagian akhir, terdapat fitur keamanan yang mengindikasikan bahwa berlian dan perhiasan yang dianalisis oleh tim GIA sudah melewati banyak tahap sehingga bisa dijamin keamanannya. Ditandai dengan bentuk hologram. Pada bentuk luar, terdapat Tanda Keaslian kode produk universal atau stempel timbul. Laboraturium GIA menyediakan layanan verifikasi online, supaya lebih mudah memverifikasinya secara mudah.

Pembahasan mengenai mengapa sertifikat pada berlian sangat dibutuhkan, tentunya untuk member kamu pengetahuan lebih sebelum kamu memutuskan untuk membeli berlian. Di V&Co Jewellery, setiap berlian yang kamu beli akan mendapat Sertifikat Berlian GIA. Jadi, tidak perlu diragukan lagi keaslian berlian milik V&Co Jewellery ini. Yuk, cari berlian kesukaanmu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *