berlian rose cut

Berlian Rose Cut, Apa Itu?

Meningkatnya popularitas menggunakan berlian potong antik dalam perhiasan modern, sudah tidak mengherankan. Berlian antik menawarkan pengalaman visual yang berbeda dengan bagaimana mereka bermain dengan cahaya, dan penggemar perhiasan vintage terinspirasi hanya dengan kehangatan dan kilau mereka. Hari ini, mari kita berkenalan dengan luka yang mengalami kebangkitan besar-besaran dalam perhiasan modern: Berlian Rose Cut.

Berlian Rose Cut

Fitur yang paling menonjol dari berlian rose cut adalah punggung yang datar dan bagian atas berbentuk kubah yang dilapisi segi tiga. Jumlah dari segi-segi ini dapat bervariasi, paling sedikit 3 dan paling banyak 24 segi, yang memiliki bagian atas sebagai puncaknya. Di sinilah istilah “mawar” dari namanya berasal; Sisi-sisinya dikatakan menyerupai kelopak bunga yang membentang dalam kuncup mawar.

Bagian belakang datar dari potongan mawar memiliki dua efek yang nyata. Pertama, tanpa sisi di bagian bawah permata untuk memantulkan cahaya, permata itu cukup transparan. Mereka memiliki tampilan yang tenang dan halus dibandingkan dengan kilauan bola disko berlian penuh.

Kedua, tanpa “junk in the trunk”, potongan mawar mengangkat semua bobot karat mereka di atasnya. Ini mengartikan bahwa berlian potongan mawar akan tampak seperti batu yang secara visual lebih besar jika dilihat dari atas, daripada potongan berlian penuh dengan berat karat yang sama. Hal ini membuat berlian rose cut memiliki area permukaan yang lebih besar karena tidak ada bobot karatnya yang disimpan di bawah korset.

Potongan bunga mawar paling sering terlihat pada bentuk bulat, tetapi dapat juga diadaptasi menjadi bentuk oval, pir, marquise, dan bentuk bebas.

Sejarah Berlian Rose Cut

Bunga mawar berasal dari tahun 1500-an dan umumnya digunakan melalui era Georgia dan Victoria. Seperti potongan berlian antik lainnya, mereka dibuat dengan tangan secara langsung dan dimaksudkan untuk mempesona di bawah cahaya lilin. Fasetnya yang besar dan lebar tampil sangat bagus dalam kondisi cahaya rendah.

Bentuk kristal berlian kasar mempengaruhi bentuk berlian yang akan dipotong. Para pemotong berlian berusaha untuk mempertahankan sebanyak mungkin berat karat berlian asli. Faktanya, jika kamu mendapatkan potongan mawar antik, kamu akan sering melihat bahwa perimeter mengikuti bentuk kristal berlian alih-alih bulat sempurna. Ketinggian dangkal dari berlian rose cut memanfaatkan kristal tipis yang tidak cukup jika dibuat untuk bentuk lainnya.

Color & Clarity

Ketika pemotongan berlian sudah modern, warna yang paling putih biasanya dipotong menjadi bentuk-bentuk cemerlang yang biasanya akan mendapatkan harga lebih tinggi. Tapi kilauan es yang kita asosiasikan dengan berlian modern saat ini tidak diperlukan untuk berlian rose cut. Gaya pemotongan mereka cocok untuk permata dengan warna tubuh yang lebih hangat.

Kejernihan berlian rose cut kamu penting karena transparansi cut. Mereka memiliki beberapa aspek untuk terhindar dari cacat internal, inklusi kecil, dan bulu di dalam kristal akan lebih terlihat. Memilih berlian dengan kejernihan yang menyenangkan daripada tingkat warna yang lebih tinggi akan memiliki dampak yang lebih nyata pada keindahannya.

Berlian Rose Cut Berwarna

Sebagai berlian mawar putih tumbuh dalam popularitas, berlian berwarna mengikuti. Potongan mawar sekarang sangat umum dalam warna hitam, sampanye dan bahkan buram dan pedesaan. Tapi berlian berwarna pedesaan ini tidak harus disamakan dengan berlian “mentah” karena telah dipotong dan dipoles.

Pemotong berlian sering mengambil banyak kebebasan saat memotong berlian buram dan berwarna pedesaan. Sekali lagi, mereka lebih suka mengikuti bentuk kristal berlian untuk mempertahankan berat karat. Kamu dapat menemukannya di putaran dan oval tradisional, tetapi juga dalam bentuk yang lebih kreatif seperti layang-layang, segi enam dan banyak lagi.

Permata Rose Cut

rose cut diamond

Permata berwarna dalam bentuk rose cut juga telah populer. Batu rubi dan safir juga sering ditemukan serta turmalin, batu bulan, dan berbagai permata semimulia lainnya.

Batu permata kasar yang lebih jenuh (dan karenanya lebih bernilai) biasanya diawetkan untuk potongan miring yang akan menghasilkan harga yang lebih tinggi. Mirip dengan berlian, batu permata kasar dengan warna yang paling diinginkan biasanya disediakan untuk batu permata yang dipotong penuh. Ini berarti bahwa batu permata mawar kami sering dipotong dari permata berwarna lebih terang atau lebih. Hasilnya? Akan timbul warna-warna pelangi pastel yang menakjubkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *