Tips Memilih Perhiasan Emas Kuning

Tips Memilih Perhiasan Emas Kuning

Perhiasan menjadi salah satu benda yang selalu dicari oleh banyak orang baik untuk digunakan sehari hari maupun investasi. Saat ini terdapat berbagai jenis perhiasan salah satu yang cukup terkenal adalah perhiasan emas kuning. Meskipun zaman berubah, namun peminat perhiasan satu ini masih sangat tinggi. 

Berbagai perhiasan yang bisa digunakan sehari hari diantaranya ialah anting, cincin, kalung hingga gelang. Dengan menggunakan perhiasan penampilan menjadi lebih menarik dan anggun. Pada acara tertentu, penggunaan perhiasan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan penampilan menjadi menarik. 

Pemilihan perhiasan harus dilakukan dengan teliti agar sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Jika memang untuk digunakan sehari hari maka gunakanlah perhiasan yang sederhana dan tidak berlebihan. Hal ini juga untuk menjaga keamanan diri apalagi jika Kamu sering beraktivitas diluar ruangan. 

Bagi Kamu yang memiliki keinginan untuk membeli perhiasan, perhatikanlah berbagai hal agar mendapatkan yang terbaik. Berikut ini ialah tips memilih perhiasan emas kuning yang harus Kamu ikuti. 

9 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Perhiasan Emas Kuning

9 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Perhiasan Emas Kuning

1. Tentukan Kebutuhan 

Saat hendak membeli perhiasan ketahuilah apa yang menjadi dasar Kamu ingin membeli perhiasan. Apakah untuk digunakan sehari hari, sebagai cincin pernikahan atau bahkan untuk simpanan dan investasi? Pastikan Kamu mengetahui betul apa yang menjadi pendorong saat membeli perhiasan. 

Jika memang sebagai cincin pernikahan emas kuning maka pilihlah yang sesuai dengan keinginan Kamu dan pasangan. Sedangkan jika untuk investasi maka sesuaikan dengan berapa anggaran yang Kamu sisihkan untuk membeli emas kuning tersebut. 

2. Cari Inspirasi dan Rekomendasi 

Jika Kamu masih bingung memilih jenis perhiasan apa yang akan Kamu beli, maka carilah inspirasi dari berbagai sumber. Saat ini Kamu bisa membuka website yang menyediakan berbagai informasi terkini terkait dengan perhiasan. 

Kamu bisa memilih apakah lebih baik membeli kalung, anting maupun gelang setelah menemukan inspirasi. Kamu  akan mendapatkan rekomendasi yang baik untuk memilih perhiasan baik untuk investasi maupun digunakan sehari hari. 

3. Anggaran 

Harga menjadi hal yang penting saat Kamu memutuskan untuk membeli barang mewah seperti perhiasan. Dengan anggaran yang jelas, maka pemilihan perhiasan pun akan semakin mudah. 

Jangan sampai Kamu melewati anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya sehingga tabungan masih tetap angan. Tetapkan dari awal berapa anggaran yang ingin dikeluarkan untuk membeli perhiasan. 

4. Model 

Perhiasan akan membuat penampilan lebih menarik jika model yang Kamu pilih tepat. Pastikan model yang dipilih sesuai dengan keinginan dan sesuai dengan kepribadian sehari hari. Jika memang Kamu adalah pribadi yang sederhana, maka pilihlah perhiasan dengan model simpel namun tetap anggun. 

Namun jika memang perhiasan dikhususkan untuk acara penting seperti pernikahan, maka pilihlah model yang sedikit mewah. Penggunaan perhiasan pn harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang akan Kamu hadapi. 

5. Pilih Penjual Dengan Reputasi Baik 

Harga emas memang tidak murah oleh karena itu Kamu harus berhati hati saat memilih perhiasan tersebut. Jangan sampai Kamu tertipu saat memilih emas dan menyebabkan kerugian dalam jumlah yang besar.  

Maka dari itu perhatikan reputasi toko dan tempat yang akan Kamu pilih untuk membeli emas. Perhatikan reputasi tempat tersebut sudah teruji dan dipercaya oleh para pembeli sebelumnya. 

6. Harga Emas Saat Ini

Harga emas memang berbeda setiap harinya sesuai dengan kondisi pasar yang terjadi saat ini. Sebagai pembeli yang cerdas, Kamu harus mengetahui berapa harga yang ditetapkan sekarang. Akan lebih menguntungkan jika membeli emas pada kondisi harga yang sedang turun. 

Sebelum memilih perhiasan mana yang akan dibeli tidak ada salahnya untuk membandingkan harga. Bandingkanlah harga perhiasan emas kuning dari satu merk dan merk lainnya. Jangan terburu buru agar Kamu bisa mendapatkan perhiasan impian dengan harga yang wajar. 

7. Cek Keadaan Fisik Emas 

Saat Kamu membeli emas, pilihlah emas yang memiliki tampilan bersih dan berkilau. Hindari pemilihan emas yang memiliki noda hijau di bagian pori porinya. Hal ini menandakan bahwa penjual emas belum melakukan pembersihan emas dengan tepat dan benar. 

Periksa juga apakah ada goresan, lengkungan dan keadaan cacat lainnya saat memilih emas. Jika kamu membeli secara online pastikan penjual dapat memastikan bahwa kondisi perhiasan baik, bersih dan tanpa cacat. 

8. Pastikan Kemurnian Emas

Di Indonesia terdapat standar karat perhiasan emas yang harus Kamu ketahui sebelum membeli. Standar karat yang biasa ditemukan ialah emas 24, 23 22 hingga 18 karat dengan kandungan emas yang berbeda beda. Berat dan sifat setiap karat tentu berbeda beda satu dengan yang lainnya.

Jika Kamu memilih untuk membeli cincin emas kuning, maka pilihan terbaik ialah 18 karat. Hal ini dikarenakan emas 18 karat memiliki daya tahan yang baik sehingga awet digunakan. Warna emas 18 karat ini juga tidak mudah berubah meskipun Kamu menggunakannya untuk aktivitas sehari hari. 

9. Simpan Surat Berharga 

Saat membeli emas pastikan tempat yang Kamu tuju menyediakan berbagai surat yang lengkap. Berbagai surat tersebut diantaranya ialah kuitansi, nota pembelian hingga sertifikat emas yang asli. Surat surat ini dibutuhkan untuk menjaga harga emas supaya stabil dan tidak jatuh. 

Terlebih jika Kamu menginginkan pembelian emas untuk investasi, kelengkapan surat adalah hal yang utama. Sehingga saat Kamu ingin menjual emas kembali, harga emas tersebut tidak akan jatuh terlalu jauh. 

Itulah berbagai tips dalam membeli perhiasan emas kuning yang harus Kamu ketahui. Dengan pembelian emas yang tepat dan teliti, maka Kamu akan dapat menggunakan emas untuk perhiasan maupun investasi dengan lebih baik. Pastikan juga kamu memilih dari toko perhiasan emas terpercaya di V&Co Jewellery.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *