memilih perhiasan sesuai bentuk wajah

Tonjolkan Visual dengan Memilih Perhiasan Sesuai Bentuk Wajah!

Memilih perhiasan tidak hanya seputar pemilihan logam, batu mulia, warna, desain, atau harganya saja. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan untuk memilih perhiasan sesuai bentuk wajah. Hal ini bertujuan agar perhiasan mampu melengkapi dan menonjolkan fitur wajah dengan baik.

Dengan perhiasan yang tepat untuk membingkai wajah, kamu akan tampil semakin elegan dan percaya diri. Ikuti beberapa tips ini untuk mengetahui model perhiasan yang cocok dengan bentuk wajahmu!

Ketahui Bentuk Wajah

tipe bentuk wajah
Ilustrasi: fabbon.com

Sebelum memilih model perhiasan, kamu harus mengetahui bentuk wajah terlebih dahulu. Ada beberapa bentuk wajah yang mudah dikenali sekali lihat karena memiliki garis muka yang tegas, namun ada pula bentuk wajah yang cukup sulit untuk ditentukan.

Jika kamu tidak yakin akan bentuk wajah sendiri, kami akan membagikan cara mengukur bentuk wajah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Barang yang kamu butuhkan adalah pita meteran, cermin, dan pastikan untuk mengikat rambut ke belakang agar tidak mengganggu proses pengukuran, ya. Ini dia cara mengukur wajah untuk memilih perhiasans esuai bentuk wajah:

  1. Pertama-tama, ukur garis rambut dengan meletakkan ujung pita meteran pada pelipis kiri, tepatnya di bawah garis rambut, kemudian tarik hingga ke pelipis kanan. 
  2. Lanjutkan dengan mengukur tulang pipi. Caranya, letakkan ujung pita meteran di puncak tulang pipi kiri, lalu tarik sampai ke puncak tulang pipi kanan.
  3. Ukur tulang rahang dengan cara meletakkan ujung pita meteran di rahang kiri, tepat di bawah lubang telinga, lalu tarik hingga tepi rahang kanan.
  4. Terakhir, ukur panjang wajah dari ujung bawah dagu dan tarik sampai ke puncak dahi, tepat di garis rambut.

Jangan lupa untuk tuliskan setiap angkanya untuk mengetahui perbandingan setiap ukurannya, ya. Dengan semua angka tadi, kamu bisa mengetahui bentuk wajahmu sendiri dari hasil pengukuran tersebut. Langkah selanjutnya adalah menatap ke cermin dan cocokkan angka serta bentuk wajahmu sesuai penjelasan di bawah ini:

  • Wajah bulat

Wajah bulat berbentuk seperti lingkaran sempurna. Kamu bisa mengetahuinya dengan bentuk simetris di semua bagian wajah. Garis rambut dan rahang memiliki bentuk yang bulat. Begitu juga dengan panjang dan lebar wajah yang memiliki ukuran yang sama. Contoh artis Indonesia yang memiliki wajah bulat adalah Gritte Agatha.

  • Wajah persegi atau kotak

Wajah kotak atau persegi memiliki dahi, tulang pipi, dan rahang dengan ukuran yang sama. Biasanya wajah persegi memiliki garis dahi dan rahang yang lebih menonjol dibandingkan bagian wajah lainnya. Ukurannya sendiri hampir sama dengan bentuk wajah bulat, namun struktur wajah persegi lebih menonjol dibandingkan wajah bulat. Contoh artis Indonesia yang memiliki wajah persegi adalah Cinta Laura.

  • Wajah oval atau lonjong

Bentuk wajah oval adalah kombinasi dari wajah bulat dan persegi. Bentuk wajah ini biasanya memiliki panjang 1.5x dari ukuran lebar wajah. Ukuran dahinya pun biasanya lebih kecil dibandingkan dengan lebar tulang pipi. Garis rahang dan dagunya pun lebih bulat. Contoh artis Indonesia yang memiliki wajah oval adalah Anya Geraldine.

  • Wajah hati

Bentuk wajah hati hampir sama dengan bentuk wajah bulat, namun bentuk wajah ini memiliki ukuran dagu yang kecil, sehingga membuat tulang pipi menonjol saat tersenyum. Hal ini juga dikarenakan bentuk wajah ini memiliki titik terlebar di bagian tulang pipi. Contoh artis yang memiliki wajah oval adalah Scarlett Johansson.

  • Wajah berlian

Bentuk wajah diamond atau berlian adal versi lebih bersudut dari bentuk wajah oval. Bentuk wajah ini ditandai dengan tulang pipi yang tinggi dan ukurannya lebih panjang dibandingkan dahi. Dagu juga lebih sempit dan runcing. Contoh artis yang memiliki bentuk wajah berlian adalah Megan Fox.

Dari penjelasan 5 bentuk wajah di atas, apakah kamu sudah mengetahui bentuk wajahmu sendiri? Sekarang saatnya untuk memilih perhiasan sesuai bentuk wajah untuk menonjolkan fitur wajahmu dengan baik!

Kalung Sesuai Bentuk Wajah

memilih perhiasan sesuai warna kulit
Set perhiasan V&Co Jewellery

Kalung adalah salah satu perhiasan yang mampu membingkai bentuk wajah dengan sempurna. Akan tetapi untuk kalung sendiri, kamu harus memperhatikan bentuk bahu dan leher untuk memilih perhiasan sesuai bentuk wajah. Ukuran bahu dan leher mampu mempengaruhi kecocokan kalung yang kamu gunakan.

Jika kamu memiliki bahu yang lebar, hindari pemakaian kalung dengan desain bertumpuk. Hindari pula kalung dengan liontin yang kecil karena hanya akan menunjukkan ukuran bahu yang lebih lebar. Model kalung lainnya yang perlu kamu hindari adalah choker dan kalung berukuran pendek. Pemilik bahu lebar disarankan untuk menggunakan kalung panjang hingga dada dengan liontin besar atau desain yang rumit.

Ada banyak model kalung yang bisa kamu pilih sesuai bentuk wajah. Berikut rekomendasi desain kalung untuk menyesuaikan bentuk wajahmu:

  • Wajah bulat

Model kalung yang pas untuk wajah bulat adalah kalung panjang yang menggantung hingga dada untuk mengurangi kesan bulat pada wajah. Model kalung ini akan memberikan kesan wajah yang lebih panjang dan tirus. Selain itu, kalung panjang juga dapat mengalihkan fokus ke garis leher dan dan dada untuk memberikan ilusi yang lebih jenjang dan elegan.

  • Wajah persegi

Cara memilih perhiasan sesuai bentuk wajah selanjutnya adalah pemakaian kalung berupa choker atau bentuk kalung bulat untuk bentuk wajah persegi. Garis wajah persegi biasanya tegas dan tajam yang menonjolkan sisi maskulin. Untuk itu pemakaian choker dan kalung bulat bisa mengimbangi garis wajah yang tajam dan memberikan kesan feminin. 

  • Wajah oval

Pemilik wajah oval tidak perlu bingung memilih perhiasan sesuai bentuk wajah karena bentuk wajah ini sangat fleksibel. Kamu bisa menggunakan berbagai macam model kalung karena semua bisa membingkai wajahmu dengan sempurna. Hal yang perlu kamu pertimbangkan mungkin hanya mencocokkan desain kalung dan pakaian yang akan kamu kenakan.

  • Wajah hati

Cara memilih perhiasan sesuai bentuk wajah hati mirip seperti bentuk wajah persegi, yaitu dengan menggunakan kalung choker atau kalung pendek. Model kalung ini memberikan kesan bulat untuk dagu yang runcing, sehingga bentuk wajah akan terlihat lebih proporsional.

  • Wajah berlian

Untuk bentuk wajah berlian, kamu juga bisa menggunakan kalung choker atau model kalung pendek untuk memberikan ilusi dagu yang sempit menjadi terlihat lebih panjang.

Anting Sesuai Bentuk Wajah

Tidak hanya kalung saja, kamu juga bisa memilih perhiasan sesuai bentuk wajah untuk pemakaian anting untuk menegaskan bentuk wajah, loh. Seperti cara memilih kalung di atas, kami akan memberikan beberapa rekomendasi model anting yang bisa kamu pilih sesuai bentuk wajah seperti berikut ini:

  • Wajah bulat

Cara memilih perhiasan sesuai bentuk wajah untuk kamu yang memiliki wajah bulat, pastikan untuk memilih anting dengan model yang memanjang. Desain anting ini akan memberikan kesan bentuk wajah yang lebih lonjong. Hindari pemakaian anting berbentuk bulat karena hanya akan membuat wajah terlihat semakin bulat. Hindari juga desain anting yang terlalu ramai karena ini akan membuat wajah terlihat semakin padat.

  • Wajah persegi

Untuk wajah persegi, kamu bisa memilih perhiasan sesuai bentuk wajah dengan memakai anting berbentuk bulat, melengkung, atau yang tidak bersudut. Hal ini karena bentuk wajah kamu yang sudah tegas bisa dilembutkan dengan desain anting yang melengkung.

  • Wajah oval

Beruntunglah jika kamu memiliki bentuk wajah oval karena tidak perlu bingung memilih perhiasan sesuai bentuk wajah. Pemilik wajah oval dinilai sebagai bentuk wajah yang proporsional dan cocok untuk memakai berbagai model perhiasan.

Namun agar penampilanmu semakin sempurna, sebaiknya hindari model anting yang terlalu panjang karena hanya akan membuat wajah terlihat semakin panjang. Sebagai alternatifnya, kamu akan tampil elegan dengan model anting stud, huggies, atau hoops.

  • Wajah hati

Bentuk wajah hati memiliki area dahi yang lebih lebar lalu meruncing ke dagu. Untuk menyeimbangkan bentuk wajah, sebaiknya kamu pilih anting dengan model teardrop dengan model yang melebar ke bawah, sehingga wajah akan terlihat proporsional.

  • Wajah berlian

Memilih perhiasan sesuai bentuk wajah berlian hampir sama dengan bentuk wajah hati, yaitu dengan menggunakan anting dengan model yang melebar ke bagian bawah. Bedanya, bentuk wajah berlian akan terlihat lebih indah dengan menggunakan anting berbentuk chandelier untuk menegaskan area mata dan dahi.

Jadi, apa model kalung dan anting yang pas untuk bentuk wajahmu? Karena sudah tahu cara memilih perhiasan sesuai bentuk wajah, yuk lihat desain kalung dan anting dari V&Co Jewellery dan sempurnakan penampilanmu dengan perhiasan premium sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *