cincin perak untuk pria

Tips Memilih Cincin Perak Pria yang Tepat dan Nyaman

engaCincin adalah salah satu aksesori yang bisa dipakai baik oleh pria maupun wanita. Ada banyak bahan cincin yang bisa kamu pilih. Mulai dari emas, perak, palladium, titanium, dan logam mulia lainnya. 

Lalu, apa bahan cincin yang cocok untuk pria? Apakah cincin perak pria adalah pilihan terbaik? Bagaimana tips memilih cincin untuk pria? Semua akan kamu temukan jawaban selengkapnya dalam artikel ini!

Bolehkan Pria Memakai Cincin?

Sebelum membahas mengenai tips memilih cincin untuk pria, kamu yang memeluk agama Islam pasti bertanya-tanya apakah pemakaian cincin pria diperbolehkan. Pasti kamu sendiri sudah tidak asing dengan anggapan bahwa pria tidak boleh memakai cincin kawin. Nyatanya, ada beberapa kondisi agar pria muslim tetap bisa memakai cincin pernikahan, loh.

Yang pertama, hindari pemakaian cincin berbahan emas karena bahan tersebut diharamkan oleh Rasulullah. Sahabat Abu Hurairah RA meriwayatkan, “Rasulullah SAW melarang untuk memakai cincin emas.” (HR. Muslim no. 2089) Untuk lebih jelasnya, hadis ini hanya berlaku untuk kaum pria.

Ada satu cerita lagi, di mana suatu saat Rasulullah mengambil sutra lalu meletakkannya di salah satu tangan beliau, dan emas di tangan lainnya. Kemudian Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya kedua barang ini haram bagi laki-laki umatku” (HR. Abu Dawud no. 4057).

ukuran cincin pria
Pria memakai cincin emas | Foto: freepik

Larangan pemakaian perhiasan emas untuk pria juga didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan dalam emas bisa meresap ke dalam aliran darah dan urin yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Hal ini tidak mempengaruhi wanita karena wanita sendiri mengalami menstruasi setiap bulan, jadi kandungan emasnya luruh bersama darah menstruasi. Untuk itu, kami sarankan agar kamu menghindari pemakaian cincin emas.

Tenang, kamu tetap bisa memakai cincin dari bahan perak, kok. Ini sesuai dengan riwayat dari Anas bin Malik ra, yang berkata, ”Cincin Nabi SAW dari perak dan matanya adalah habasyi”. (HR. Al Bukhari-Muslim). Hadis ini menunjukkan bahwa cincin perak diperbolehkan untuk pria karena Nabi Muhammad juga memakainya.

Cincin Perak Pria

Cincin Perak Tunangan
Couple engagement ring – V&Co Jewellery

Cincin perak menjadi pilihan bagi pria dan calon pasangan pengantin sebagai cincin kawin. Beberapa alasannya adalah karena cincin perak bisa digunakan baik oleh pria maupun wanita. Selain itu, karakteristik bahannya yang lembut dan lunak membuat cincin perak mudah dibentuk. Sehingga kamu bisa memesan bentuk dan desain cincin sesuai keinginan.

Alasan lainnya adalah kamu bisa mendapatkan cincin yang mengkilap dan indah dengan harga cincin perak yang jauh lebih terjangkau dibandingkan cincin emas. Meskipun cincin perak mudah berubah warna, namun logam ini tetap menjadi pilihan karena tahan korosi, sehingga tidak mudah berkarat dan tahan lama.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, cincin perak akan mudah kusam dan menghitam jika kamu tidak merawatnya dengan baik. Untuk itu pastikan kamu mengetahui cara merawat cincin perak agar kilaunya tahan lama.

Tips Memilih Cincin Perak untuk Pria

ukuran cincin pria
Memilih cincin perak untuk pria | Foto: freepik

Cincin pria secara umum biasanya memiliki karakteristik yang berbeda dengan cincin wanita. Dari segi desain misalnya, cincin pria memiliki desain yang lebih sederhana daripada  cincin wanita. Selain itu, biasanya cincin pria tidak dihiasi dengan batu mulia, sehingga tampilannya polos dan minimalis. Sebaliknya, cincin perak wanita identik dengan hiasan batu mulia seperti berlian, swarovski, dan permata lainnya.

Biar kamu tidak salah pilih, kami akan memberikan beberapa tips agar kamu mendapatkan cincin perak pria sesuai kebutuhan!

1. Tentukan kebutuhannya

Pertama-tama, kamu harus tahu alasan ingin membeli cincin. Apakah cincin perak pria ingin digunakan sebagai aksesoris sehari-hari, sebagai cincin tunangan atau cincin kawin, atau sebagai alat investasi. Karena alasan yang berbeda, memiliki tips yang berbeda pula.

Kalau kamu ingin memakai cincin perak pria sebagai aksesoris harian, kami sarankan kamu memilih dengan desain yang simpel dan minimalis. Hal ini bertujuan agar hiasan atau desain yang rumit tidak akan mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

Jika kamu bertujuan menggunakan cincin perak sebagai cincin pernikahan, sebaiknya membeli cincin couple agar semakin serasi dengan pasangan. Hal ini karena biasanya desain cincin couple yang serupa atau saling melengkapi satu sama lain, sehingga menambah kesan dan keromantisan pada cincin itu sendiri.

Sementara itu, kalau kamu ingin menjadikan cincin perak sebagai alat investasi, maka perlu mempertimbangkan kadar perak, batu mulia, berat cincin, dan detail lainnya agar memiliki nilai jual yang tinggi. Detailnya akan kami bahas lebih lengkap pada poin ketiga.

2. Ukuran dan desain cincin perak

Tips yang kedua adalah dengan memilih ukuran cincin yang tepat. Sesuaikan lebar cincin dengan panjang jari kamu agar cincin perak terlihat proporsional dan pas saat dipakai untuk menyempurnakan penampilanmu.

Jika kamu memiliki jari yang panjang, maka bisa memilih cincin perak pria yang desainnya lebar. Sementara itu untuk kamu yang memiliki jari pendek, kami sarankan untuk memilih desain cincin yang lebih tipis agar jadi tidak terlihat semakin pendek.

Cincin perak pria memiliki desain yang beragam, mulai dari yang minimalis hingga berhiaskan batu permata berukuran besar. Untuk pemilihan desain sendiri, kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan dan ukuran jari agar pas saat kamu kenakan.

3. Ketahui kadar cincin dan beratnya

Model cincin kawin couple
Custom wedding Ring – V&Co Jewellery

Semakin tinggi kadar perak pada cincin, maka akan semakin tinggi pula kualitas dan harganya. Namun, karakter perak yang lunak membuat kamu tidak bisa mendapatkan cincin perak dengan kadar karat 100%. Agar mudah membentuknya, untuk itu pembuatan cincin perak sendiri membutuhkan campuran dari logam lainnya agar lebih solid dan kuat.

Sebagai contoh, kadar perak dalam cincin yang baik adalah 92,5%, dengan sisanya sebanyak 7,5% terdiri dari logam mulia lainnya seperti tembaga. Kamu bisa mengetahui kadar perak dengan melihat ke bagian dalam cincin yang biasanya terukir angka kadar peraknya. Kamu pun juga bisa menanyakannya langsung kepada penjual.

Selain kadar perak, penting pula mempertimbangkan berat cincin yang akan mempengaruhi kenyamanan saat pemakaian. Sebaiknya pilih cincin yang lebih ringan dan lembut saat dipakai. Akan tetapi jika bobotnya terlalu berat, maka bisa mengganggu aktivitasmu. Untuk itu pastikan kamu memilih cincin perak dengan berat yang sesuai kebutuhan.

4. Cincin perak lapis emas

Cincin perak memiliki harga yang lebih terjangkau karena daya tahannya yang tidak sekuat cincin emas. Namun tenang aja, kamu tetap bisa mendapatkan cincin perak berkualitas dengan memilih cincin perak yang berlapis emas 18 karat. Lapisan ini akan membuat cincin lebih berkilau dan meningkatkan daya tahan cincin.

Tentu harganya akan berbeda dengan cincin perak tanpa lapisan emas. Akan tetapi kualitasnya juga akan jauh berbeda. Cincin yang seperti ini cocok sebagai alat investasi karena memiliki harga yang lebih tinggi.

Gimana? Semakin tertarik untuk memakai cincin perak? Kepoin desain cincin dan perhiasan cantik lainnya untuk keperluan menikah atau memanjakan diri sendiri di V&CoJewellery yang terbuat dari logam mulia berkualitas. Baca juga artikel kami lainnya agar kamu tidak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *