cara mengetahui ukuran jari untuk cincin

Tanpa Pergi Ke Toko Perhiasan, Ini 3 Cara Mengukur Jari untuk Cincin Tunangan

Di antara banyaknya persiapan jelang tunangan, ukuran cincin sering kali yang bikin sakit kepala. Ada berbagai alasan mengapa yang satu ini cukup menyita pikiran, sebut saja karena jarang membeli perhiasan sampai tak tahu berapa lingkar jari sampai dengan kesibukan pekerjaan hingga tak sempat datang ke toko buat mengukur sendiri.

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir karena ada banyak cara mengukur jari cincin tunangan yang bisa kamu lakukan dari rumah. Tak sulit dan dilengkapi dengan tabel ring size standar Indonesia, tips berikut bisa juga dimanfaatkan buatmu yang mau beli cincin secara daring. 

Standar Ukuran Cincin di Indonesia

Ukuran cincin wanita
Cincin berlian V&Co Jewellery

Jangan buru-buru dalam menentukan model cincin tunangan, apalagi sampai sebarang menentukan ukurannya. Nah, yang sering terlupakan oleh pasangan adalah tak mengetahui bahwa ada standar cincin yang sering digunakan oleh toko atau perajin perhiasan dalam penyebutan ukuran. 

Standar ukuran cincin perempuan dan laki-laki sering kali tak sama, begitu juga penyebutan standar cincin di Indonesia dan secara internasional. Sangat penting mengetahui standar cincin sebelum membeli bahkan menentukan gayanya, inilah tabel ukuran cincin menurut standar Indonesia yang perlu kamu tahu.

Tabel Ukuran Cincin
Tabel Ukuran Cincin V&Co Jewellery

Cara Mengukur Jari untuk Cincin Tunangan

 Cincin tunangan akan kamu gunakan setiap hari dalam kurun waktu seumur hidup. Inilah mengapa kamu dan pasangan perlu menemukan ukuran yang tepat. Bayangkan jika cincin yang kamu kenakan malah kebesaran sehingga mudah terjatuh dan rawan hilang. Sementara jika cincinnya kebesaran, pasti akan sakit hingga menyebabkan jarimu luka. 

Setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu coba untuk menentukan size cincin tunangan atau cincin kawin terbaik. Alatnya pun mudah kamu temukan di sekitar rumah, tentu tak akan merepotkan. 

Mengukur jari dengan kertas

Cara mengukur jari untuk cincin | Ilustrasi via michaelhill

Salah satu cara mengukur cincin jari yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan alat sederhana berupa kertas atau tali. Cara ini cukup jitu karena hasilnya akan mengikuti lingkar yang sebenarnya. 

Bahan: 

  • Kertas atau tali
  • Pensil
  • Gunting
  • Penggaris

Cara mengukur: 

  1. Mulai dengan memotong selembar kertas dengan lebar sekitar 3/4 inci dan panjang 4 inci. 
  2. Balut jari yang akan kamu pakaikan cincin nantinya dengan kertas tapi jangan terlalu ditekan. 
  3. Kemudian, beri tanda ‘X’ dengan pensil pada bagian ujung kertas sampai di batas kertas melingkar saling bertemu. 
  4. Ukur ujung kertas atau tali yang  kamu gunakan sampai ke bagian yang telah kamu beri tanda ‘X’ dengan penggaris. Sesuaikan ukuran tersebut dengan tabel di atas untuk mendapat size cincin. 

Mengukur dengan Cincin Lama

Mengukur diameter cincin | ilustrasi via michaelhill
Mengukur diameter cincin | ilustrasi via michaelhill

Cara selanjutnya untuk memastikan ukuran lingkar jari adalah memanfaatkan cincin lama yang kamu pakai. Eits, tapi ada syaratnya jika kamu memakai cara satu ini, yakni asalkan cincin lama tersebut masih bisa digunakan dengan nyaman. 

  1. Siapkan cincin yang akan kamu ukur, penggaris, dan alat catat
  2. Tempatkan penggaris di atas cincin, lalu ukur di bagian tengah dari ujung ke ujung, tapi di dalam lingkar cincin
  3. Catat angkanya dan sesuaikan dengan tabel size di atas

Mengukur dengan Meteran Jahit

pita meteran
Mengukur diameter jari dengan pita meteran | Foto via Lazada

Alat di rumah yang kamu pasti punya dan berguna untuk mengukur lingkar atau size jari adalah meteran jahit. Meteran yang umumnya berfungsi untuk mengukur lingkar dada, panjang bahu, dan lain-lainnya ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengukur sesuatu yang lebih kecil seperti jari karena teksturnya yang elastis.

  1. Siapkan meteran jahit yang kamu punya
  2. Letakkan bagian ujung meteran di tengah jari yang akan kamu ukur, lalu lingkarkan ekor meteran sampai bertemu dengan ujung tadi
  3. Pertemuan antara ujung dengan angka tadi inilah yang merupakan diameter jarimu

Tips Mengetahui Size Cincin Terbaik

Cincin tunangan
Cincin Permata – V&Co Jewellery

Sudah tahu mau memakai bahan cincin terbaik apa untuk hari bahagia nanti? Entah itu emas, perak, atau palladium, ketepatan ukuran adalah hal mutlak dipikirkan. Selain menggunakan cara-cara di atas, ikuti juga tips memilih cincin berikut ini: 

  1. Saat melakukan pengukuran, jangan terlalu rapat atau dipersempit. Sebab, saat sudah jadi cincin malah akan menyulitkan saat dipasang atau dilepaskan
  2. Sebaliknya, jangan terlalu longgar juga karena saat kamu pasang nanti cincinnya akan mudah melorot dan bisa hilang
  3. Cara mengetahui ukuran jari untuk cincin juga disarankan dilakukan saat malam hari. Saat ini adalah waktu terbaik karena ukurannya yang mengembang, tapi saat pagi jari biasanya akan menyusut. Suhu berpengaruh pada ukuran tubuh, lho

Selain mengukur sendiri, biasanya vendor cincin juga bersedia mengirim alat ukur jari baik yang berbahan plastik atau kertas untuk membantu klien. Namun sekarang setelah mengetahui cara menentukan ukuran cincin sendiri, kamu bisa sewaktu-waktu dan di mana pun buat mencobanya. Semoga beruntung!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *