pernikahan sederhana di rumah

8 List Persiapan Pernikahan di Rumah Biar Lebih Hemat!

Sebuah rahasia umum bahwa biaya pernikahan tidaklah sedikit. Ada banyak detail yang harus kamu persiapkan untuk menyelenggarakan pernikahan yang mengesankan. Untuk itu, pernikahan sederhana menjadi alternatif bagi kamu yang ingin menghemat anggaran. Dalam artikel ini, kami akan membagikan list persiapan pernikahan di rumah untuk prosesi pernikahan yang indah dan terjangkau. Yuk, simak pembahasan selengkapnya!

5 Kelebihan Melangsungkan Pernikahan di Rumah

Setiap orang memiliki proses pernikahan idaman mereka masing-masing. Ada yang ingin menikah di taman, pantai, hingga museum. Namun, tidak sedikit pula yang ingin melangsungkan pernikahan di rumah saja. Hal ini tidak mengherankan karena menikah di rumah memiliki beberapa kelebihan, seperti:

1. Bebas tentukan tanggal resepsi

menentukan tanggal pernikahan
Foto: pexels/leeloo-thefirst

Melangsungkan pernikahan di gedung atau tempat umum yang membutuhkan izin dalam jangka waktu tertentu, membuat pernikahan kamu harus menyesuaikan dengan tanggal yang pas. Kalaupun kamu mendapatkan tanggal sesuai keinginan, ada beberapa kasus yang menyebabkan kamu tidak bisa menggunakan lokasi tersebut sehari penuh, karena harus berbagi tanggal dengan pasangan lain dengan jam yang berbeda. Untuk itu, melangsungkan pernikahan di rumah membuat kamu dan pasangan semakin leluasa menentukan tanggal akad dan resepsi.

2. Hemat biaya dan tenaga

Kelebihan yang kedua dari menikah di rumah adalah kamu bisa lebih hemat tenaga dan biaya. Karena kamu dan pasangan tidak perlu sewa gedung atau tempat yang harganya juga tidak murah. Selain itu, kamu juga bisa melakukan dekorasi sendiri sesuai keinginan, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memakai jasa Wedding Organizer (WO).

Di lain sisi, kamu juga bisa meminta bantuan dari saudara dan teman untuk proses dekorasi pernikahan. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk meningkatkan kedekatan dan keakraban dengan teman dan saudara.

3. Pernikahan yang lebih intim

Pernah, nggak, menghadiri pernikahan tetapi tidak bisa ngobrol lama dengan mempelai dan keluarganya? Hal ini biasanya terjadi karena kedua mempelai harus berinteraksi dengan banyak tamu undangan lainnya. Bikin kamu tidak bisa berlama-lama di pernikahan itu, deh.

Untungnya, pernikahan yang dilangsungkan di rumah akan terasa lebih intim dan akrab karena biasanya kamu tidak perlu mengundang terlalu banyak orang. Cukup mengundang keluarga dan teman dekat agar prosesi pernikahan terasa semakin hangat.

4. Menghindari stress berlebih

Banyaknya list persiapan pernikahan yang harus terpenuhi terkadang membuat calon mempelai menjadi stress. Stress ini bisa memicu berbagai masalah sebelum pernikahan dilangsungkan. Untuk itu, opsi melangsungkan pernikahan di rumah bisa menjadi pilihan karena kamu tidak perlu memikirkan terlalu banyak hal. Jadi, kamu bisa menghindari rasa stress berlebihan.

5. Bisa fokus untuk kehidupan setelah menikah

persiapan sebelum pernikahan
Foto: Amorphotoworks

Banyak yang terlalu fokus pada resepsi pernikahan yang mewah, padahal pernikahan itu sendiri bermula setelah proses resepsi. Banyak yang rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk acara resepsi karena menganggap bahwa pernikahan hanya dilangsungkan sekali seumur hidup. Tapi, apakah ini keputusan yang tepat?

Alangkah baiknya jika kamu dan pasangan tidak terbuai dengan keinginan mengadakan resepsi megah, apalagi jika memiliki anggaran yang tidak sesuai. Setelah menikah, kamu akan merasakan banyak pengeluaran yang tidak terduga, sehingga menghamburkan uang untuk acara satu hari saja sangat tidak direkomendasikan. Kecuali jika kamu dan pasangan memang sudah merencanakan biayanya.

Anggaran pernikahan di rumah sendiri tidak memakan biaya sebanyak melangsungkan pernikahan di gedung. Sehingga uangnya bisa kamu tabung dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga bersama pasangan.

8 List Persiapan Pernikahan di Rumah

Meskipun melangsungkan pernikahan di rumah memiliki beberapa kelebihan seperti yang sudah disebutkan di atas, tetapi bukan berarti kamu bisa terima jadi saja, loh. Ada list persiapan pernikahan di rumah yang harus kamu penuhi untuk bisa mewujudkan pernikahan simpel dan elegan yang kamu idamkan. Berikut 8 list persiapan pernikahan di rumah yang bisa kamu siapkan mulai dari sekarang!

1. Tentukan tanggal dan waktu pernikahan

dekorasi pernikahan di rumah
Dekorasi pernikahan sederhana di rumah | Dekorasi: Royal Kinanthi Dekor

List persiapan pernikahan di rumah yang pertama adalah menentukan tanggal pernikahan. Biasanya pihak orang tua kedua mempelai akan mencarikan “tanggal baik” dengan perhitungan sesuai tanggal lahir kedua calon pengantin. Akan tetapi tidak sedikit pula calon pasangan suami istri yang menentukan tanggal pernikahan sendiri.

Untuk tanggal pernikahan sendiri, kami menyarankan agar kamu memilih di hari libur seperti hari Sabtu atau Minggu. Hal ini bertujuan agar lebih banyak tamu undangan yang bisa hadir ke acara pernikahanmu. Karena jika memilih hari kerja, ditakutkan akan banyak yang berhalangan hadir karena tidak bisa cuti bekerja atau mementingkan sekolah anak.

Untuk waktunya sendiri, kamu bisa memilih melangsungkan pernikahan di pagi hingga siang hari agar kamu dan pasangan memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat setelah resepsi.

2. Biaya menikah di rumah

Anggaran adalah hal kedua yang harus kamu masukkan dalam list persiapan pernikahan di rumah. Meskipun sudah disebutkan bahwa biayanya jauh lebih murah daripada di gedung, tetapi mempersiapkan biaya yang cukup lebih disarankan.

Kalau kamu dan pasangan berniat menikah di KUA saja, kamu cukup menyiapkan uang sebesar 600 ribu rupiah sebagai biaya profesi untuk penghulu dan kas negara. Namun jika kamu dan pasangan ingin melangsungkan resepsi dengan dekorasi, maka juga harus menyiapkan uang untuk membeli barang dan peralatan dekorasi pernikahan. Kamu juga bisa menggunakan jasa vendor untuk mengurus dekorasi pernikahan.

3. Siapkan dokumen pernikahan

syarat menikah di KUA
Foto: Imagenic

Ini adalah salah satu tantangan pernikahan yang menguji kesabaran dalam list persiapan pernikahan di rumah. Sebuah rahasia umum bahwa mengurus dokumen di Indonesia tidaklah sebentar. Apalagi jika kamu dan pasangan berasal dari kota atau provinsi yang berbeda, jadi harus rela bolak-balik mengurus dokumen pernikahan.

Dokumen yang harus kamu persiapkan pun beragam. Mulai dari surat dari RT hingga KUA. Pastikan urusan dokumen kamu sudah selesai dan daftarkan pernikahan ke KUA maksimal 10 hari sebelum prosesi pernikahan dilangsungkan.

4. Catering 

Catering pernikahan sederhana
Foto: Al’s Catering

Makanan adalah hal penting dalam list persiapan pernikahan di rumah. Kamu bisa memasak sendiri dengan meminta bantuan saudara atau tetangga. Bisa juga sewa jasa catering sesuai dengan biaya yang sudah kamu itentukan.

5. Gaun pernikahan

Beberapa waktu belakangan ini, tren bridesmaid sedang naik dan membuat banyak pengantin menggunakan bridesmaid di pernikahannya. Tentunya kehadiran sahabat dengan pakaian dengan motif senada akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Namun, bila biaya tidak memadai, kamu bisa meminta sahabatmu memakai pakaian dengan warna senada agar tetap indah dan cantik di pernikahan.

Untuk gaun pengantin sendiri ada banyak alternatif. Mulai dari pesan desain custom, sewa, atau memakai gaun pengantin milik orang tua. Semua bisa kamu pilih sesuai selera.

6. Mahar dan cincin kawin

Cincin kawin couple
Wedding Ring – V&Co Jewellery

Kedua hal ini tidak boleh dilewatkan dalam list persiapan pernikahan di rumah. Pemberian mahar dan cincin kawin adalah salah satu simbol bahwa pihak pria mampu menafkahi pihak wanita di dunia dan akhirat. Untuk bentuk mahar dan cincin kawinnya sendiri bisa kamu diskusikan bersama pasangan. Pastikan bahwa mahar dan cincin kawin tidak memberatkan pihak pria, dan pantas untuk menghormati pihak wanitanya.

7. Undangan dan souvenir

List persiapan pernikahan di rumah selanjutnya adalah undangan pernikahan dan souvenir. Kamu bisa menghemat biaya untuk pembuatan undangan karena saat ini, banyak jasa pembuatan undangan melalui website. Jadi kamu tidak perlu mencetak dan menyebarkan undangan secara manual.

8. Dokumentasi 

Siapa sih yang tidak ingin momen bahagianya diabadikan dengan baik? Pastikan kamu memasukkan jasa dokumentasi di list persiapan pernikahan di rumah agar memiliki foto dan video di hari bahagiamu.

Kamu bisa menyewa jasa dokumentasi profesional atau cukup meminta tolong kepada teman dan saudara untuk merekam setiap momen di hari pernikahan. Nantinya bisa kamu edit sendiri ala home video yang membuat dokumentasinya semakin berkesan.

Itu dia list persiapan pernikahan di rumah yang bisa kamu pertimbangkan mulai dari sekarang. Baca juga artikel lainnya seputar tips pernikahan dari V&CoJewellery yang bisa kamu baca kapan aja dan di mana aja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *