Antisipasi Masalah Menjelang Pernikahan Agar Persiapan Pernikahanmu Berjalan Lancar

Antisipasi Masalah Menjelang Pernikahan Agar Persiapan Pernikahanmu Berjalan Lancar

Masalah menjelang pernikahan sering sekali terjadi, bahkan tidak jarang masalah-masalah tersebut membuat pernikahan batal dilaksanakan. Kadang hanya masalah kecil, kedua calon mempelai jadi bertengkar hebat. Kadang malah masalah besar digampangkan dan malah memuncak saat sudah dekat hari H. Jangan biarkan hal-hal tersebut menimpamu dan pasangan! Simak dan kenali masalah-masalah menjelang pernikahan yang kerap terjadi berikut ini.

  • Keuangan

Bukan rahasia umum lagi, masalah keuangan memang selalu ada di daftar masalah menjelang pernikahan nomor 1. Masalah keuangan memang lebih baik dibicarakan secara terang-terangan di awal. Jangan ada yang ditahan-tahan atau disembunyikan karena nantinya bisa jadi masalah besar.

  • Keterlibatan pihak pria

Di Indonesia, acara pernikahan selalu jadi acara mempelai wanita. Segala halnya harus diurus oleh pihak wanita dan pihak pria tidak boleh ikut campur. Seringkali campur tangan pihak pria ini jadi masalah menjelang pernikahan, apalagi jika yang ikut campur tangan adalah keluarga besar. Jadi, sejak awal sebaiknya dipastikan dulu apakah acara pernikahan ini akan diurus bersama-sama ataukah pihak wanita saja yang mengurusnya.

  • Adat dan budaya

Sekarang ini, banyak sekali pasangan yang menikah dengan latar belakang adat dan budaya yang berbeda. Terkadang hal ini jadi masalah, apalagi jika adat kedua belah pihak sama-sama kuat. Jadi bingung akan menikah dengan adat yang mana, bukan? Atau, jika sudah memutuskan menikah menggunakan salah satu adat dan ternyata ada hal-hal dari adat tersebut yang tidak disetujui oleh pihak yang satunya, jadi masalah lagi. Agar adat dan budaya ini tidak menjadi masalah menjelang pernikahan kamu nanti, baiknya keluarga besarmu dan pasangan  sudah saling membicarakannya sejak acara lamaran.

  • Lokasi pernikahan

Masalah menjelang pernikahan yang satu ini biasanya terjadi jika kamu dan pasangan berasal dari 2 kota yang berbeda. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan mengenai lokasi pernikahan ini. Tidak hanya tentang gedung dan urusan pra-nikah, masalah keberadaan keluarga besar dan teman-teman juga patut dipertimbangkan. Masa mau tidak ada keluarga yang datang saat pernikahanmu? Masalah ini harus jadi salah pembahasan juga sebelum memutuskan menikah ya. Jika dibicarakan sejak awal, lokasi pernikahan ini tidak akan jadi masalah besar.

  • Prioritas pengeluaran

Sebagai seorang wanita, kamu pasti ingin tampak cantik memukai pada acara pernikahanmu. Kamu juga pasti ingin acaramu punya dekorasi yang indah dan tentunya makanan yang enak-enak! Belum lagi, kamu perlu membelikan kain-kain untuk para bridesmaid. Banyak sekali yang kamu inginkan untuk acaramu, bukan? Wanita cenderung memusatkan budget-nya pada acara pernikahannya, sedangkan pria tidak terlalu peduli. Pria cenderung lebih memilih meminimalisir pengeluaran untuk acara agar uangnya bisa digunakan untuk bulan madu atau hal-hal lain yang lebih berguna setelah menikah nanti. Ini dia yang perlu kamu pikirkan sejak awal.

Kenali betul sifat pasanganmu. Sejak sebelum lamaran, kamu seharusnya sudah sering-sering memberitahunya apa yang kamu inginkan untuk pesta pernikahan. Jangan sampai saat sedang mengurus urusan pernikahan, pasanganmu jadi kaget dengan segala pengeluaran yang kamu keluarkan untuk hal-hal yang menurutnya tidak penting. Bisa-bisa kamu dan pasangan malah bertengkar gara-gara hal ini.

  • Sindrom pra-nikah

Bridezilla, atau yang dikenal sebagai sindrom pra-nikah ini bisa jadi masalah menjelang pernikahanmu. Sebagai seorang wanita, kamu pasti pusing mengurusi puluhan hal tentang pernikahan, belum lagi masalah-masalah pernikahan yang berdatangan. Segala hal membuatmu jadi semakin sensitif, pusing, dan marah! Hal ini wajar saja kok, tetapi jangan sampai bridezilla ini jadi membuat kamu dan pasangan bertengkar! Jangan sampai kamu marah-marah ke pasangan hanya karena hal yang tidak penting. Dan, jangan sampai pasanganmu jadi ilfeel padamu karena kamu terlalu fokus ke acara pernikahan dan bukannya fokus pada hubungan kalian berdua.

  • Beda selera

Perbedaan selera adalah hal yang sangat wajar. Namun, terkadang hal kecil ini juga bisa jadi masalah menjelang pernikahan. Namanya juga menjelang pernikahan, selalu banyak cobaannya. Di sini, kamu dan pasangan harus benar-benar belajar untuk saling memahami satu sama lain, saling mengerti, dan jangan membuat masalah kecil menjadi besar.

  • Masa lalu

Jangan pernah menyepelekan masa lalu. Sebelum kamu dan pasangan menikah, pastikan kalian sudah saling mengetahui masa lalu satu sama lain. Jangan ada yang disembunyikan. Bukankah akan sangat menyakitkan jika sesuatu yang kamu sembunyikan tentang masa lalumu terbongkar di saat hari pernikahan sudah semakin dekat? Bukannya memalukan membatalkan pernikahan saat undangan sudah tersebar?

Dan bagaimana jika orang-orang jadi tahu aib di masa lalu yang kamu sembunyikan tersebut? Kalaupun sampai saat pernikahan masa lalu yang kamu sembunyikan tersebut tidak terbongkar, suatu saat pasti pasanganmu akan tahu juga, syukur-syukur kalau dia mau menerima, kalau ternyata tidak dan dia malah marah besar, bagaimana? Jangan takut membeberkan segala hal tentang masa lalumu pada pasanganmu. Jika dia benar-benar mencintaimu, dia akan menerimamu dengan segala kelebihan dan kekuranganmu. Jika dia tidak bisa menerimamu dengan kekuranganmu tersebut, dia bukanlah yang terbaik untukmu.

Itu dia masalah-masalah menjelang pernikahan yang kerap terjadi. Sebelum memutuskan untuk mengurus pesta pernikahan, sebaiknya kamu sudah mengantisipasi hal-hal bisa menjadi masalah ini agar nantinya kamu bisa mengurus pernikahan tanpa ada hambatan-hambatan yang sebetulnya bisa ditangani sejak awal. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Be happy and prepare your wedding well!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *