Mengatasi Keraguan Menjelang Pernikahan

Mengatasi Keraguan Menjelang Pernikahan

Jika menurutmu kamu tidak membutuhkan tips mengatasi keraguan menjelang pernikahan, pernahkah kamu mendengar atau melihat ada pernikahan yang tiba-tiba dibatalkan padahal undangan sudah disebar? Saat undangan sudah disebar, seharusnya persiapan pernikahan sudah hampir 100% selesai, bukan? Lalu, kenapa bisa ada yang membatalkan pernikahan di detik-detik menjelang pernikahan seperti itu ya? Kalau sudah dibatalkan seperti itu tentu saja ada masalah serius yang terjadi. Bukahkah, begitu?

Masalah dalam sebuah hubungan memang akan selalu ada, baik masalah kecil maupun masalah besar. Jangan sampai sebuah masalah besar muncul saat acara pernikahanmu sudah dipersiapkan, apalagi jika undangan sudah disebar. Tidak hanya malu pada para calon tamu undangan, tetapi sayang sekali waktu dan biaya yang sudah kamu keluarkan, bukan? Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, kamu benar-benar harus memantapkan hati dan memastikan segala hal tentang pasanganmu.

Memang benar, semakin dekat acara pernikahan, semakin banyak juga godaan dan kendala yang akan bermunculan. Akan banyak pula pertanyaan-pertanyaan yang tiba-tiba muncul di pikiran. Mungkin juga rasa ragu tentang apakah dia yang terbaik untukmu akan muncul. Lalu, apa yang harus kamu lakukan jika hal-hal tersebut menimpamu dan kamu dihujani dengan rasa keraguan akan pasanganmu? Berikut beberapa tips mengatasi keraguan menjelang pernikahan  yang harus kamu praktekan!

Tuliskan apa saja keraguan yang kamu rasakan

Tips mengatasi keraguan menjelang pernikahan yang pertama adalah buatlah “daftar keraguan” di catatanmu. Tulis satu per satu rasa ragu yang kamu rasakan terhadap pasanganmu, tuliskan juga pemicunya. Setelah “daftar keraguan” selesai kamu tulis, baca kembali tulisanmu, dan beri persenan pada setiap poinnya setelah kamu analisis benar-benar satu per satu. Tutup catatanmu jika sudah selesai dan buka kembali keesokkan harinya untuk kamu analisis kembali, apakah ada yang berubah? Lakukan 5 hari berturut-turut. Jika ternyata ada poin yang mencapai 85% atau bahkan lebih, patut kamu cari tahu lebih lanjut sebelum melanjutkan mengurus acara pernikahan.

Ceritakan pada orang yang paling kamu percaya

Jika kamu belum merasa cukup lega dengan membuat “daftar keraguan,” kamu bisa menceritakannya pada orang terdekatmu, orang yang paling kamu percaya. Ceritakan hal-hal yang membuat kamu ragu akan pasanganmu. Orang terpercaya kamu ini juga bisa membantu kamu dalam menentukan persenan keraguan di setiap poin “daftar keraguan” kamu. Ceritakan padanya, terutama tentang keraguan-keraguan yang sudah mencapai 85%!

Bicarakan pada pasanganmu

Jika ternyata kamu sudah mencari tahu dan menceritakan pada orang terpercayamu tentang keraguanmu, tetapi keraguan tersebut semakin bertambah,  tips mengatasi keraguan menjelang pernikahan yang harus kamu lakukan adalah coba kamu bicarakan langsung pada pasanganmu. Di sini, bisa saja keraguanmu akan hilang, tetapi bisa juga keraguanmu malah terbukti. Jadi, bersiaplah menerima segala konsekuensinya. Kamu tentu berharap pasanganmu akan membuatmu sadar kalau keraguanmu itu tidak benar, tetapi jika ternyata sebaliknya, bersyukurlah, lebih baik semuanya terungkap sebelum persiapan pernikahan berjalan lebih jauh lagi, bukan?

Bicarakan pada keluargamu

Sudah membicarakannya pada pasangan dan ternyata keraguanmu ini terbukti kebenarannya? Ceritakan pada keluargamu, orang tuamu dan dengarlah pendapat mereka. Jika memang hal tersebut bukanlah masalah besar, pasti akan ada solusinya. Namun sebaliknya, jika hal itu tidak dapat lagi ditoleransi, sebaiknya batalkan pernikahan sebelum terlambat.

Berdoa dan minta petunjuk Tuhan-mu

Sudah membicarakan pada pasangan dan ia berhasil membuktikan bahwa keraguanmu salah, tetapi rasa ragumu masih saja ada? Seperti masih ada hal yang mengganjal? Berdoalah dan minta petunjuk pada Tuhan-mu. Bisa saja itu hanya gangguan atau cobaan menjelang pernikahan saja. Jangan sampai kamu membatalkan pernikahan hanya karena keraguan yang tidak beralasan ya!

Konsultasi dengan psikolog

Jika semua  tips mengatasi keraguan menjelang pernikahan di  atas sudah kamu lakukan tetapi tetap saja rasa keraguan itu masih ada, mendatangi psikolog adalah hal yang paling tepat. Para psikolog adalah orang yang ahli di bidangnya dan dia tidak mengenal kamu dan pasangan. Seorang psikolog akan menjawab curahan hati dan pertanyaanmu dengan logis dan dia bisa membantumu keluar dari rasa ragu yang mengelilingimu.

Nah, itu dia beberapa tips yang perlu kamu lakukan saat timbul keraguan-keraguan dalam dirimu tentang pasanganmu. Pastikan kamu selalu menganalisis keraguan yang muncul dengan benar ya, jangan asal disangkal saja hanya karena persiapan pernikahan yang sudah mulai dilakukan. Lebih bahaya lagi jika keraguan itu terbukti di hari-hari menjelang pernikahan, bukan? Dan, jangan pula langsung menyimpulkan kalau keraguanmu itu benar adanya dan membatalkan pernikahan. Kamu akan sangat menyesalinya kelak! Well, that’s it. Semoga tips mengatasi keraguan menjelang pernikahan ini membantumu ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *