Mempersiapkan Pesta Pernikahan Lebih Matang

Ingin Mengadakan Pesta Pernikahan? Perhatikan 3 Hal Berikut ini

Pernikahan adalah sebuah peristiwa sakral yang dilakukan sekali seumur hidup, maka dari itu merencanakan sebuah pesta pernikahan tidak semudah yang dipikirkan, harus matang dan siap.

Tidak lengkap rasanya melangsungkan pernikahan tanpa disertai acara resepsi pernikahan. Karena momen ini diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Apalagi jika pernikahan tersebut merupakan pernikahan yang pertama, karena tidak hanya pasangan yang menikah, pihak keluarga juga sangat ingin mengadakan resepsi pernikahan.

Hal pertama yang harus disiapkan oleh calon pasangan pengantin biasanya konsep pernikahan. Keduabelah pihak harus setuju dengan hasil yang telah disepakati tentang konsep apa yang akan digunakan saat resepsi pernikahan.

Konsep Pesta Pernikahan

Konsep yang bagus akan menciptakan atmosfer tersendiri dan dapat mempercantik acara yang dilaksanakan sekali seumur hidup. Apabila ingin memilih dekorasi, akan lebih baik bila menentukan konsepnya terlebih dahulu. Konsep yang unik dan menarik akan membuat acara pernikahan selalu diingat oleh para tamu undangan yang hadir.

Akan tetapi, kebanyakan pasangan bingung dalam memilih konsep pernikahan. Ini karena masing-masing dari mereka memiliki mimpi pernikahan yang berbeda. Untuk kaum pria, mereka biasanya hanya ingin konsep pernikahan yang sederhana. Sementara itu berbanding terbalik dengan kaum wanita yang pastinya bermimpi untuk mempunyai pesta pernikahan seperti negeri dongeng.

Agar tidak bingung untuk memilih konsep pernikahan, berikut ini beberapa konsep wedding yang unik dan pastinya mengesankan.

Vintage

Konsep dengan gaya tempo dulu ini banyak diminati oleh pasangan karena dapat diadakan di luar ataupun di dalam ruangan. Cukup dengan dekor wedding antik seperti pintu kayu, kamera polaroid, vas antik, lampu gantung, dan mobil antik, barang-barang antik tersebut dapat menghidupkan suasana seperti jaman dahulu. Warna pastel adalah pilihan yang tepat untuk konsep yang satu ini.

Fairytale

Selanjutnya adalah konsep fairytale yang banyak diimimpikan oleh pasangan wanita. Pernikahan yang terinspirasi dari negeri dongeng ini banyak didominasi oleh warna putih dan merah muda (pink). Dekorasi yang menghiasi sudut ruangan pun terkesan mewah dengan musik yang megah.

Tak lupa terdapat Ballroom dance untuk para tamu atau pengantin yang ingin berdansa ala Cinderella dan Prince Charming. Dan jangan lupakan pula hiasan panggung ala-ala kastil megah untuk membuat pasangan pengantin benar-benar merasa seperti seorang raja dan ratu semalam.

Garden

Konsep ini terbilang cukup simpel karena tidak terlalu memerlukan budget yang banyak untuk menyewa gedung. Hanya perlu memanfaatkan halaman belakang rumah atau menyewa taman yang luas, dengan menambahkan dekor wedding seperti kursi, lampu, dan standing flower, konsep garden party sudah bisa terlaksana. Dan pastikan tidak memilih tema ini di musim hujan, karena pasti sangat amat merepotkan.

Rustic White

Apa sih rustic itu? Rustic sendiri memiliki arti kasar atau berkarat. Untuk tema ini, bisa menggunakan segala macam ornamen yang terbuat dari kayu sebagai properti dekor wedding. Warna putih yang melambangkan kesucian dapat dipilih untuk menghiasi dekorasi pernikahan. Konsep pernikahan ini dapat digunakan di dalam maupun di luar ruangan.

Movie Theme

Mengambil tema dari sebuah film untuk dijadikan konsep pernikahan merupakan cara yang unik. Untuk konsep pernikahan yang satu ini, harus mempersiapkan dekorasi, gaun, kue pengantin, bahkan undangan sesuai dengan film yang kamu pilih. Kebanyakan pasangan memilih tema film Alice in Wonderland, Harry Potter, atau Star Wars untuk dijadikan konsep pernikahan mereka. Pasti acara pernikahan akan menjadi acara yang selalu diingat oleh para tamu yang hadir dan juga pastinya bagi kedua pengantin.

Glam

Konsep glam biasanya diadakan di gedung yang besar dengan pilar yang menjulang tinggi. Perpaduan antara warna silver dan gold menjadi pilihan yang cocok untuk dekor wedding ini. Dekorasi bunga yang menghiasi ruangan akan membuat suasana pernikahan terlihat sangat indah dan elegan. Tak lupa, aksen kristal adalah ciri khas dari konsep ini. Gaun pengantin yang panjang dengan aksesoris yang mewah juga dapat menambah kesan glam.

Classic

Pernikahan dengan konsep klasik merupakan konsep paling digemari oleh calon pasangan pengantin. Perpaduan warna antara warna putih dan merah muda akan memberikan kesan romantis dalam konsep ini. Konsep klasik ini juga terlihat mewah dengan ornamen bunga yang menghiasi setiap sudut ruangan.

Memilih Venue untuk Pesta Pernikahan

Setelah sepakat dengan konsep pernikahan, hal selanjutnya yang harus disiapkan yaitu gedung pernikahan. Gedung yang akan dipilih harus sesuai dengan konsep pernikahan yang akan diusung oleh calon pasangan pengantin.

Bagi para calon pengantin vanue atau tempat melangsungkan pernikahan merupakan hal yang sangat penting, karena jika salah atau tidak sesuai dengan konsep pernikahan itu akan membuatnya kurang mendapat feel dari konsep tersebut.

Wedding venue merupakan salah satu hal yang krusial yang harus dipikirkan secara matang saat ingin mengadakan sebuah pesta pernikahan.

Gedung pertemuan menjadi salah satu tempat yang kerap kali dipilih oleh calon pengantin. Padahal banyak pilihan tempat yang lebih bagus dan murah dibandingkan dengan gedung pertemuan. Berikut ini merupakan beberapa pilihan venue pernikahan yang tidak kalah bagus dari gedung pertemuan.

Taman

Pasti sering mendengar istilah garden party? Mengadakan sebuah pesta pernikahan di taman merupakan salah satu referensi yang menarik. Menggelar acara pernikahan di taman sangat cocok untuk calon pengantin yang ingin menciptakan suasana bebas dan ceria bagi para tamu undangan.Taman juga menjadi alternatif untuk calon pengantin untuk mengantisipasi jumlah tamu undangan jika tidak sesuai dengan perhitungan.

Pantai

Selain menjadi destinasi wisata, pantai juga bisa menjadi wedding venue pilihan. Saat ini sudah banyak pasangan yang memilih untuk mengadakan pesta pernikahannya di pantai. Tentu dengan mengadakan pesta pernikahan di pantai semakin membuat yamu undangan berkesan dengan pernikahanmu. Apalagi jika pesta pernikahan diadakan saat malam hari, itu akan membuat suasana menjadi sangat indah.

Museum

Kebanyakan orang sering menganggap museum adalah tempat yang membosankan dan seram. Tetapi jangan salah, museum juga bisa menjadi salah satu referensi wedding venue. Jika calon pasangan pengantin menyukai hal-hal yang berbau sejarah, mengadakan acara pernikahan di museum sangat recommended.

Hutan Pinus

Mengadakan pesta pernikahan di hutan pinus memang sangat jarang dilakukan oleh calon pasangan pengantin, tetapi bukan berarti itu tidak bagus. Justru karena jarang terpikirkan itu menjadi hal yang anti mainstream dan akan berkesan sampai seumur hidup. Tetapi ingat juga untuk selalu menjaga kebersihan selama acara berlangsung.

Mempersiapkan Lebih Matang dengan Wedding Planner

Setelah mempersiapkan venue wedding, hal yang disiapkan oleh calon pasangan pengantin yaitu menyiapkan wedding planner. Kabanyakan calon pengantin pasti tidak ingin ambil pusing dengan segala jenis persiapan pernikahan.

Mulai dari mencari gaun pengantin, memilih katering yang cocok, memilih souvenir, dan mengurus hal lainnya.

Berbeda dengan jasa wedding organizer yang berlaku sebagai perwakilan dan sepenuhnya menangani segala kebutuhan sehingga calon pengantin tidak mengetahu secara rinci harga dari vendor yang akan digunakan, jasa wedding planner bertindak sebagai konsultan pribadi calon pasangan pengantin.

Wedding planner akan memberikan rincian harga dan membantu melakukan proses negosiasi, jika tidak sesuai keinginan atau melebihi budget. Wedding planner akan membimbing calon pengantin mulai dari awal sampai akhir.

Mulai dari vendor mana saja yang sebaiknya digunakan dan cocok dengan gaya calon pengantin, cincin kawin yang akan digunakan, tata rias, dekorasi, katering, hingga fotografer. Berikut ini cara memilih wedding pleanner yang dapat dipercaya untuk membantu segala urusan calon pasangan pengantin.

Lokasi

Pilih wedding planner yang berlokasi setidaknya di kota yang sama dan cukup strategis dengan venue pernikahan yang diinginkan oleh calon pengantin. Faktor ini penting karena setidaknya wedding planner tersebut memiliki pengetahuan yang cukup mengenai venue yang akan digunakan oleh calon pengantin nantinya.

Reviews

Coba beri perhatian khusus seberapa banyak reviews yang telah mereka dapatkan. Wedding planner dengan pelayanan yang baik memiliki banyak testimony atau tanggapan memuaskan dari klien mereka. Misalnya dari segi pelayanan, pemilihan dekor, hingga kerjasama dengan jasa catering yang disesuaikan oleh keinginan klien-klien mereka.

Kebanyakan wedding planner juga memiliki banyak media social yang bisa dilihat gambarannya seperti apa saja bentuk-bentuk paket yang mereka tawarkan, sekaligus melihat seperti apa hasil foto dari kerjasama yang sudah mereka pernah tangani.

Survey langsung dan Wawancara

Ada baiknya jika datang langsung untuk melakukan survey, itu akan sangat membantu penyeleksian untuk memilih wedding planner yang cocok. Wedding planner yang tepat untuk calon pasangan pengantin akan memperhatikan dengan baik seperti apa “pernikahan impian” yang diinginkan dan memberi solusi terbaik jika budget tidak memungkinkan.

Crew

Catatan penting pada saat men-survey langsung ke tempat, perhatikan langsung para crew wedding planner tersebut. Calon pengantin juga bisa mulai menilai dari cara pelayanan yang ramah, pemberian alternatif-alternatif lain yang lebih efisien, hingga bagaimana seorang wedding planner itu merespon terlebih dahulu untuk menjadwalkan meeting.

Pasti calon pasangan pengantin tidak ingin bekerja sama dengan wedding planner yang tidak mudah dihubungi atau tidak ada kabar bukan? Terlepas dari seberapa banyaknya klien yang mereka tengah tangani. Jika mereka tidak merespon dengan cepat, lupakan dan pilih yang baru. Calon pengantin berhak mendapatkan perhatian dan harus bisa merasa di spesialkan oleh mereka.

Special Alarm

Tugas wedding planner bukan hanya sebagai organisator untuk pelaksanaan teknis saat acara pernikahan, mereka tidak hanya sekedar membantu untuk memastikan rundown berjalan lancar atau venue ditata dengan sempurna.

Wedding planner yang baik akan memperhatikan dengan seksama seluruh perencanaan pernikahan dan tidak segan-segan untuk menghubungi calon pengantin berkali-kali hanya sekedar mengingatkan setiap detail keperluan calon pengantin. Mereka peduli dan mengerti bahwa pernikahan bukanlah sekedar pesta, melainkan forever and ever untuk calon pasangan pengantin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.