Mengapa Harga Berlian Asli Sangat Tinggi?

Mengapa Harga Berlian Asli Sangat Tinggi?

Memperhitungkan harga berlian asli memanglah rumit sebab nilai dari sebuah berlian sebenarnya ditentukan oleh banyak faktor. Oleh karena itu, membeli berlian termasuk hal yang membingungkan.

Bagi orang awam, pasti akan sangat tidak masuk akal ketika melihat harga satu berlian dan yang lainnya bisa berbeda begitu jauh padahal memiliki ukuran dan bentuk yang serupa. Setelah itu, pertanyaan tentang benar atau tidaknya harga berlian asli tersebut akan muncul di dalam pikiran.

Berlian adalah bentuk padat dari unsur karbon dengan atom-atomnya yang tersusun dalam struktur kristal yang disebut dengan berlian kubik. Pada suhu dan tekanan ruangan, bentuk padat karbon lain, yang dikenal sebagai grafit, adalah bentuk kimia yang stabil, tetapi berlian hampir tidak pernah berkonversi.

Berlian memiliki kekerasan dan konduktivitas termal tertinggi dari setiap bahan alami, properti yang digunakan dalam aplikasi industri utama seperti alat pemotong dan pemolesan. Tingkat kekerasan dan konduktivitas termal tertinggi itu juga yang menjadi alasan mengapa sel-sel anvil berlian dapat menjadi bahan material untuk tekanan yang ditemukan jauh di dalam Bumi.

Sebagian besar berlian alami memiliki usia antara 1 miliar hingga 3,5 miliar tahun. Sebagian besar terbentuk pada kedalaman antara 150 dan 250 kilometer di mantel Bumi, meskipun beberapa telah mencapai kedalaman 800 kilometer.

Di bawah tekanan dan suhu tinggi, cairan yang mengandung karbon melarutkan mineral dan unsur ini menjadi rapat dan kaku yang kemudian setelah bermiliaran tahun lamanya akan menghasilkan sesuatu yang kita kenal sebagai berlian.

Dikarenakan proses pembentukannya yang begitu lama, berlian bukanlah barang yang murah dan mudah didapat. Harganya yang begitu tinggi membuat setiap orang yang membeli berlian perlu memastikan apakah batu mulia yang diperolehnya sesuai dengan biaya yang dia keluarkan.

Oleh karena itulah, pemahaman tentang bagaimana cara menilai harga berlian asli sangat penting untuk dimengerti sebelum membelinya agar tidak sampai tertipu. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, tetapi bukan berarti semua itu mustahil untuk dipelajari.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Berlian Asli

Berat Karat Berlian

Karat adalah berat atau ukuran batu berlian di mana ukuran satu karat sama dengan 200 miligram berat. Ini adalah faktor penetapan harga yang paling berpengaruh dalam penentuan harga berlian asli karena terlihat sederhana dan benar-benar objektif.

Ukuran 0,5 karat, 0,75 karat dan 1 karat seringkali disebut dengan bobot karat “ajaib” karena pada ukuran tersebut harga berlian asli mulai meningkat secara eksponensial. Berlian 1 karat khususnya sangat populer dan secara ekonomi menggoda bagi para pemotong untuk membubuhkan sedikit lebih banyak berat pada sisi mahkota, paviliun, dan area kelilingnya agar membuat berlian tersebut bisa mencapai ukuran 1 karat atau lebih.

Pembeli cerdas akan mencari berlian tepat di bawah bobot “ajaib” ini untuk mendapatkan sedikit lebih banyak uang mereka, walau berlian jenis ini sering lebih sulit ditemukan. Harga berlian asli dengan bobot karat “ajaib” bisa mencapai lima puluh persen lebih tinggi dibandingkan harga berlian asli dengan bobot yang sedikit saja lebih kecil.

Harga berlian asli secara historis dibanderol dengan basis per karat. Misalnya, berlian 0.75 karat (juga dikenal sebagai penunjuk 75) dengan harga 100 juta rupiah per karat, akan berharga 75 juta rupiah (100 juta x 0,75 = 75 juta). Karena semakin banyak konsumen menggunakan internet untuk mendidik diri mereka sendiri tentang berlian dan melakukan pembelian, harga berlian asli mulai mencerminkan total harga berlian asli untuk faktor kemudahan dan kejelasan.

Warna Berlian

Sebagian besar berlian memiliki warna dan perbedaan warna yang sedikit pun akan memiliki dampak besar pada harga berlian asli. Berlian sebenarnya ditemukan dalam banyak warna, tetapi sebagian besar berlian yang tersedia akan memiliki warna kuning atau cokelat. Berlian yang tidak berwarna sangatlah langka karena mengandung sedikit atau malah tidak adanya ketidak-murnian alias pada dasarnya murni secara kimia.

Beberapa orang lebih suka berlian dengan kejernihan yang lebih tinggi dan siap untuk mengorbankan faktor warna untuk faktor kemurnian. Sementara itu, yang lain menganggap faktor warna begitu penting dan akan mempertahankannya di atas faktor-faktor lainnya.

Ada metode untuk menilai warna berlian sejak 1700-an. Berlian yang tidak berwarna selalu lebih memiliki harga yang tinggi karena kelangkaan dan kemurnian kristal mereka.

Sementara sekarang, berlian umumnya dievaluasi oleh skala warna berlian yang dikembangkan pada 1950-an oleh GIA Richard T. Liddicoat. Skala penilaian warna dimulai dengan huruf D dan berakhir pada Z. D berlian berwarna memiliki paling sedikit warna dan berlian berwarna Z memiliki warna paling banyak di kisaran D-Z di mana berlian berwarna D memiliki harga berlian asli tertinggi. Di luar warna Z, berlian dinilai sebagai fancy color dengan satu set parameter terpisah.

Kejernihan Berlian

Faktor ketiga dalam penentuan harga berlian asli ialah tingkat kejernihannya. Kejernihan berlian mengacu pada ada atau tidaknya ketidaksempurnaan internal dan eksternal yang terdapat pada setiap berlian. Ini juga bisa disebut sebagai “kemurnian” atau “kualitas” dalam perdagangan berlian.

Berlian dengan kejernihan tinggi sangatlah langka, sebab kebanyakan berlian akan memiliki inklusi (zat padat, cair, atau gas yang terperangkap dalam berlian saat proses pembentukan alaminya) mikroskopis atau cacat.

Setelah berat karat berlian, faktor kejernihan berlian ini memiliki pengaruh terbesar pada harga asli berlian. Semakin sedikit inklusi dan cacat, maka semakin tinggi harga berlian asli tersebut. Ada banyak alasan mengapa orang memilih berlian dengan kejernihan yang lebih tinggi daripada mereka yang memiliki tingkat kejernihan lebih rendah. Dalam beberapa budaya, kejernihan yang lebih tinggi dianggap sebagai simbol kemurnian dan berlian dengan kejernihan yang lebih tinggi tentu lebih langka. Akan tetapi, bagi sebagian besar orang lebih menginginkan berlian dengan tingkat kejernihan sedang.

Ada lima faktor yang menentukan kejernihan berlian yakni ukuran, nomor, posisi, sifat, dan warna. Nilai kejernihan berlian dinilai berdasarkan inklusi yang paling terlihat di antara kelima faktor tersebut. Inklusi yang kurang signifikan biasanya diabaikan untuk tujuan menetapkan nilai. Namun, faktor yang diabaikan itu terkadang masih diplot ke grafik petak berlian hanya untuk pendataan semata.

Potongan Berlian

Dibandingkan ketiga faktor di atas, potongan berlian memiliki dampak terbesar pada efek keindahan, kilauan, kecemerlangan, dan api. Sebagian besar berlian yang dijual di pasaran tidak memiliki kualitas potongan yang bagus.

Berlian dengan potongan yang baik tampak lebih berkilau dan lebih indah dari berlian dengan potongan yang buruk. Bahkan jika berlian memiliki tingkat kejernihan dan warna yang sempurna, tetapi memiliki potongan yang buruk, mungkin tampilannya akan terlihat kusam.

Ketika potongan berlian dibuat dengan proporsi yang tepat, cahaya akan kembali dari bagian atas berlian (yang disebut ahli berlian sebagai meja). Jika pemotongan terlalu dangkal, cahaya akan keluar dari bawah. Sementara itu, jika pemotongannya terlalu dalam, cahaya akan keluar dari samping.

Faktor potongan berlian dapat meningkatkan harga berlian asli dengan begitu signifikan, mengalahkan ketiga faktor di atas, apabila berlian dengan potongan buruk berhasil dipoles menjadi berlian dengan potongan baik yang gemerlap. Untuk memaksimalkan anggaran, sebaiknya pilih nilai pemotongan berlian tertinggi yang dimungkinkan.

Sementara itu, untuk memahami potongan berlian, langkah pertama adalah mempelajari bagian-bagian berlian. Untuk menentukan harga berlian asli pun, sudah ada banyak laboratorium berlian yang bisa menilai tingkat potongan berlian.

Bentuk Berlian

Harga berlian asli bentuk bulat jauh lebih tinggi daripada bentuk lain seperti oval, cushion cut, dan bahkan princess cut. Ini dikarenakan proses pembuatan berlian bentuk bulat memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Ketelitian amat diperlukan dalam pembuatannya demi mendapatkan bentuk bulat yang sempurna.

Berlian bentuk bulat biasanya lebih diminati di pasar. Bahkan dengan ukuran karat, warna, dan tingkat kejernihan yang sama, harga berlian asli bentuk bulat bisa mencapai hampir dua kali harga berlian asli berbentuk cushion cut atau princess cut.

Nilai Berlian atau Sertifikasi Berlian

Hampir semua berlian yang dijual secara online memiliki kualitas yang rendah. Sementara itu, berlian dengan kualitas lebih baik dan ukuran yang lebih besar dijual di toko, dilengkapi dengan laporan penilaian pihak ketiga (yang seharusnya) independen atau biasa disebut dengan ‘cert’. Laporan tersebut membantu setiap pembeli untuk ‘membandingkan apel’.

Berlian biasanya dinilai oleh salah satu dari tiga laboratorium terkemuka: GIA, AGS, atau EGL. Akan tetapi, sayangnya, belum ada badan standar internasional yang mengurusi nilai dan kelas berlian ini, sehingga laboratorium ini dapat menilai berlian yang sama secara berbeda, yang dapat menciptakan perbedaan yang signifikan dalam penentuan harga berlian asli atau penilaian. Ketika membandingkan harga berlian asli antara pemasok pastikan mereka telah menggunakan laboratorium penilaian yang sama.

Beberapa vendor mengirim berlian ke 2 atau 3 laboratorium berbeda, kemudian menjual batu itu dengan laporan yang membuatnya paling mahal. Namun, laboratorium harga pasar juga demikian.

Misalnya, berlian dengan laporan GIA biasanya dijual lebih mahal, hampir dua kali lipat dengan berlian yang memiliki laporan dari EGL. Penjualan secara online mencantumkan hal ini. Akan tetapi, jika berbelanja di toko-toko, Anda harus mempertimbangkan harga yang lebih rendah di mana berlian ‘soft report’ ini sering dijual.

Faktor yang mempengaruhi harga berlian asli nomor 1 sampai 5  hanya berlaku jika seseorang yang hendak membeli berlian benar-benar tahu berapa banyak uang yang dia miliki dan apa sebenarnya berlian yang sedang ingin dibelinya. Mempercayai kata dan keahlian penjual kadang kala bisa menjerumuskan karena tentu mereka akan mencari keuntungan sebesar-besarnya. Namun, beda hal bila berbicara tentang sertifikat. Dari situ orang yang tidak terlalu paham soal berlian pun dapat membandingan berlian manakah yang lebih baik.

Faktor Pasar

Sama halnya dengan barang dan layanan lainnya, faktor pasar memiliki peran penting dalam menentukan harga berlian asli. Besarnya pasokan dan permintaan perhiasan berlian mempengaruhi harga berlian.

Apabila permintaan menumpuk, sementara pasokan terbatas, akan terjadi kelangkaan berlian hingga harga berlian asli bisa begitu melonjak. Sementara sebaliknya, bila pasokan lebih banyak dibanding permintaan, harga berlian asli bisa lebih rendah dari rata-rata. Oleh karena faktor inilah, harga berlian asli bisa sangat berfluktuasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.