cincin kawin pasangan

Tips Pernikahan Sederhana yang Elegan dan Berkesan

Pernikahan adalah salah satu proses yang paling ditunggu oleh pasangan untuk merayakan hari bahagia bersama keluarga dan teman terkasih. Karena harus mengundang banyak orang dalam satu acara sekaligus, terkadang membuat biaya pernikahan membengkak tanpa kita sadari. Namun tenang saja, konsep pernikahan sederhana mulai banyak diminati beberapa tahun belakangan ini.

Pemilihan konsep pernikahan sederhana sendiri tidak hanya bertujuan untuk memangkas anggaran, tetapi juga keinginan untuk mewujudkan prosesi pernikahan yang intim dan hanya dihadiri oleh orang terdekat saja. Untuk itu dalam artikel ini, kami akan membahas tentang tips pernikahan sederhana yang elegan dan tetap berkesan untuk pasangan, keluarga, dan tamu undangan.

Keuntungan Melangsungkan Pernikahan Sederhana

cincin nikah
Cincin kawin V&Co Jewellery | Foto: Panound Photo

Pernikahan mewah memang menggiurkan dan tampak memberikan kesan mendalam. Akan tetapi, pernikahan yang dilangsungkan secara sederhana juga memiliki keuntungan untuk kamu dan pasangan, loh. Ini dia beberapa keuntungan pernikahan sederhana yang akan kamu dapatkan:

1. Menekan biaya

Pasti kamu tidak asing dengan kalimat, “menikah itu murah, yang mahal gengsinya.” Hal ini adalah sesuatu yang benar karena pada intinya pernikahan dianggap sah jika melaksanakan ijab atau pemberkatan saja. Resepsi pernikahan bahkan bukan sesuatu yang wajib untuk kamu lakukan.

Namun banyak yang beranggapan bahwa menikah hanya sekali seumur hidup, jadi perayaannya harus secara besar-besaran. Sebab, merupakan salah satu momen penting dalam hidup. Karena sudah banyak yang melangsungkan pernikahan yang besar, membuat beberapa pasangan merasa tertekan dan harus memenuhi gengsinya, sehingga terpaksa mengeluarkan biaya lebih.

Bahkan, ada pula yang harus berhutang kepada kerabat atau teman dekat demi mewujudkan pernikahan mewah. Hal ini bukan merupakan hal yang baik untuk mengawali rumah tangga. Tidak sedikit yang akhirnya gagal menikah karena terkendala pada faktor biaya.

Untuk itu pernikahan sederhana bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin melangsungkan pernikahan tanpa mengeluarkan banyak biaya untuk acara satu hari saja.

Selain bisa menghemat biaya, juga bisa membuat kamu menabung lebih banyak untuk biaya persiapan rumah tangga. Apalagi jika kamu dan pasangan mulai menempati tempat tinggal baru yang membutuhkan banyak perabotan baru. Kamu jadi bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli berbagai kebutuhan dan peralatan rumah tangga sesuai keperluan.

2. Tidak membutuhkan tempat luas

Melangsungkan pernikahan sederhana juga membuat kamu tidak perlu pusing akan pemilihan tempat. Pernikahan sederhana tidak membutuhkan ballroom hotel, hall, sewa gedung, atau tempat lainnya. Dengan pernikahan sederhana, kamu bisa menyelenggarakan prosesi pernikahan cukup di KUA saja, rumah, restoran favorit, atau taman.

3. Semakin dekat dengan keluarga

Pernikahan sederhana berarti juga mengundang lebih sedikit tamu. Biasanya hanya mengundang keluarga dari kedua belah pihak dan teman terdekat saja. Hal ini akan meningkatkan keakraban keluarga kedua mempelai. Selain itu, kamu juga akan lebih menghemat biaya untuk catering, karena jumlah tamu yang jauh lebih sedikit.

4. Lebih praktis

Karena pernikahan sederhana tidak membutuhkan terlalu banyak dekorasi, maka kamu dan pasangan bisa fokus untuk mempersiapkan pernikahan dengan lebih matang dan tertata. Kamu jadi bisa lebih fokus pada kesiapan mental dan kebahagiaan menyambut status baru sebagai seorang suami atau istri daripada memusingkan soal dekor, catering, undangan, dan detail pernikahan lainnya.

Pernikahan sederhana juga membuat kamu tidak perlu membereskan banyak hal setelah prosesi pernikahan selesai, karena tidak banyak dekorasi yang harus dirapikan. Jadi kamu, pasangan, dan keluarga memiliki banyak waktu untuk beristirahat setelah acara pernikahan usai.

5. Mengurangi stress

Tidak dapat kita pungkiri bahwa mempersiapkan pernikahan mampu menimbulkan stress. Hal ini bisa berpengaruh buruk pada kamu dan pasangan karena stress juga bisa berpengaruh pada emosi. Untuk itu pernikahan sederhana bisa membebaskan kamu dari rasa stress karena tidak perlu memikirkan dan mempersiapkan banyak hal dalam satu waktu sekaligus.

Tips Pernikahan Sederhana

Baju akad nikah sederhana
Foto via Dinda Firdausa

Gimana? Mulai tertarik untuk melangsungkan pernikahan secara sederhana? Berikut kami bagikan tipsnya agar prosesi pernikahan kamu tetap berkesan!

  • Mengatur biaya pernikahan

Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa biaya pernikahan merupakan salah satu hal krusial. Untuk itu kamu harus mengatur anggaran pernikahan terlebih dahulu agar bisa mempersiapkan pernikahan dengan baik. 

Meskipun pernikahan secara sederhana, kamu juga tetap perlu mengatur anggaran pernikahan seperti untuk membeli cincin kawin, baju pengantin, makeup, mahar, dan persiapan lainnya.

  • Prioritas tamu undangan

Tips yang kedua adalah menentukan jumlah tamu yang juga berpengaruh pada anggaran dan lokasi pernikahan itu sendiri. Prioritaskan tamu undangan seperti anggota keluarga, teman, atau kerabat yang memiliki hubungan dekat untuk menciptakan suasana pernikahan sederhana yang intim dan akrab.

  • Hindari pemakaian terlalu banyak vendor

Menikah akan terasa lebih mudah jika mendapatkan bantuan dari vendor profesional. Akan tetapi, jika kamu menggunakan terlalu banyak vendor, maka tidak hanya memakan lebih banyak biaya saja, tetapi juga menambah stress karena harus berkoordinasi dengan banyak pihak sekaligus.

Kamu bisa mengurangi pemakaian vendor dengan mengatur sendiri hal-hal yang memungkinkan bersama pasangan. Hal ini membuat kamu bisa lebih puas dengan hasil akhirnya, karena semua diwujudkan berdasarkan keinginan kamu dan pasangan.

Jika kamu masih merasa kesulitan, maka bisa meminta bantuan dari kerabat dan teman dekat yang pasti akan membantu dengan senang hati. Kamu juga bisa mempererat hubungan dengan saudara dan sahabat dengan mengatur pernikahan bersama!

  • Tidak perlu mencetak undangan

Tips pernikahan sederhana selanjutnya adalah kamu tidak perlu lagi mencetak undangan. Meskipun terdengar sepele namun biaya untuk mencetak undangan cukup tinggi, loh. Selain itu, kamu juga membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk membagikan undangan tersebut.

Saat ini, sudah banyak yang memanfaatkan website untuk membuat undangan digital. Selain lebih simpel dan mudah diakses, kamu bisa menyebarkan undangan ini via sosial media. Jadi lebih simpel dan cepat, deh!

  • Baju pernikahan

Setiap mempelai wanita pasti memiliki gaun pernikahan impiannya sendiri. Namun tidak dapat kita pungkiri bahwa pembuatan gaun pernikahan juga memerlukan biaya yang cukup besar. Namun tenang saja, kamu tetap bisa mendapatkan gaun pernikahan cantik dan hemat biaya.

Kamu bisa menggunakan baju pernikahan yang pernah dipakai orang tua. Selain menghemat, baju pernikahan ini juga akan menambah kesan dalam pernikahan sederhana. Opsi lain, kamu juga bisa menyewa baju pengantin alih-alih membeli baru.

Namun pada akhirnya, melangsungkan pernikahan secara besar-besaran atau pernikahan sederhana adalah keputusan setiap pasangan calon pengantin. Yang perlu kamu ingat adalah esensi dari pernikahan itu sendiri, yaitu untuk menyatukan dua insan melalui ikatan sakral, yaitu pernikahan. Jangan sampai fokus kamu terbelah pada hal lain dan melupakan tujuan dari pernikahan itu sendiri.

Itu dia beberapa keuntungan pernikahan sederhana dan tips pernikahan yang bisa kamu coba untuk memangkas biaya pernikahan. Namun, tetap membuat hari bahagiamu dan pasangan terasa spesial dan berkesan. Kepoin juga artikel kami lainnya seputar persiapan pernikahan dan perhiasan cantik untuk pernikahan yang bisa kamu lihat di V&Co Jewellery sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *