Cincin lamaran

Mulai dari Desain Simpel Hingga Eksklusif, Ini Dia Daftar Harga Cincin Tunangan Untukmu dan Pasangan!

Ada banyak  persiapan untuk melangsungkan prosesi  lamaran atau tunangan, salah satunya adalah cincin tunangan. Banyaknya desain dan jenis bahan cincin turut mempengaruhi harga cincin tunangan,  juga menjadi pertimbangan besar untuk kedua belah pihak.

Pentingnya Cincin Tunangan

Sebelum membahas mengenai harga cincin tunangan, yuk, cari tahu dulu pentingnya menggunakan cincin tunangan. Sebab, masih banyak yang menganggap bahwa cincin tunangan hanya melambangkan cinta semata. Pada kenyataannya, cincin tunangan memiliki makna mendalam di baliknya. Berikut ini adalah 6 alasan mengapa kamu harus menggunakan cincin tunangan:

1. Hubungan yang tak terpisahkan

Kamu tahu tidak bahwa bentuk cincin melingkar memiliki makna berupa relasi atau hubungan yang tidak terpisahkan? Selain itu, bentuk cincin ini juga melambangkan keterikatan yang tidak terpisahkan antara pasangan. Pertunangan sendiri bertujuan untuk mengikat janji bahwa pasangan tidak akan pindah ke lain hati hingga prosesi pernikahan berlangsung.

2. Menguatkan rasa cinta

Cincin tunangan yang dipakai di jari manis tangan kiri dipercaya lebih dekat dengan aliran vena yang langsung mengarah ke jantung. Menurut kepercayaan masyarakat Romawi dan Yunani kuno, hal ini berarti bahwa perasaan kepada pasangan akan semakin kuat semakin mendekati hari pernikahan.

3. Tanda kehadiran pasangan

Cincin tunangan menjadi pertanda bahwa kamu sudah memiliki keterikatan dengan orang lain. Cincin tunangan di jari manis tangan kiri juga menandakan bahwa pasangannya selalu hadir bersamanya. Selain itu, cincin ini juga menjadi pengingat agar saling menghargai satu sama lain dan fokus hanya kepada pasangannya saja.

4. Bukti cinta pasangan

Berapapun harga cincin tunangan, esensi dari pemberian cincin itu sendiri merupakan salah satu bentuk bukti cinta kepada pasangan. Cincin tunangan juga menyimbolkan bahwa kamu sudah memilih satu orang untuk berkomitmen dan ingin menghabiskan waktu menua bersamamu.

5. Keserasian dengan pasangan

Semakin tampil serasi bersama pasangan dengan sepasang cincin tunangan. Di beberapa tradisi dan kebiasaan, cincin tunangan tidak hanya menghiasi jari calon mempelai wanita saja, tetapi juga oleh calon mempelai pria. Sehingga pemakaian cincin tunangan mampu menambah keserasian dan kekompakan pasangan.

6. Bisa dipakai sebagai cincin kawin

Buat kamu yang bingung dengan perbedaan cincin tunangan dan nikah, kamu gak perlu khawatir lagi dengan harga cincin tunangan karena cincin tunangan juga bisa dijadikan sebagai cincin nikah, loh. Tidak ada aturan khusus yang menuntut agar cincin tunangan dan cincin nikah berbeda, jadi kamu bisa lebih berhemat dan mengurangi anggaran untuk mendapatkan harga cincin tunangan sesuai dengan kemampuan.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Tunangan

Sebagai pasangan yang ingin melangsungkan prosesi lamaran dan pernikahan yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup, tentunya kamu ingin membuat segalanya terasa sempurna dan berkesan. Salah satunya adalah dengan memilih desain dan harga cincin tunangan yang tepat.

Sebelum kamu memilih cincin tunangan, ada baiknya untuk mengetahui beberapa alasan mengapa harga cincin tunangan beragam. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan desain dan harga cincin tunangan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. 

cincin tunangan
Cincin tunangan V&Co Jewellery | Foto: Rasa Cerita

Ini dia 5 faktor yang mempengaruhi harga cincin tunangan:

1. Bahan cincin

Hal pertama yang mempengaruhi harga cincin tunangan adalah jenis logam material pembuatannya. Mulai dari emas, perak, palladium, besi, platinum, hingga titanium. Jika kamu ingin menghemat biaya lamaran, maka kamu bisa memilih cincin perak dengan harga yang lebih terjangkau dan tetap berkualitas. Sudah banyak pengrajin perak yang membuat desain cincin tunangan yang mewah dan elegan.

Jika kamu memiliki biaya lebih, disarankan untuk memilih cincin berbahan emas atau platinum. Harganya memang jauh lebih tinggi daripada cincin perak, namun kualitas yang kamu dapatkan akan lebih baik pula. Bahan ini kuat dan nilai jualnya stabil, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai alat investasi.

2. Kadar karat emas dalam cincin

Selain bahan pembentuk cincin, kadar karat juga mempengaruhi harga cincin tunangan, loh. Biasanya kadar emas cincin tunangan mulai dari 18, 22, 23, hingga 24 karat. Harga cincin tunangan dengan emas 24 karat tentunya akan berbeda dengan harga cincin yang terbuat dari campuran logam mulia lainnya. Semakin tinggi kadar karatnya, semakin mahal pula harganya.

Cincin tunangan 24 karat merupakan rekomendasi terbaik untuk kamu yang ingin menyimpannya sebagai alat investasi. Namun jika cincin tunangan bertujuan sebagai perhiasan yang dipakai sehari-hari, kamu bisa memilih cincin dengan kadar 18 karat. Cincin tunangan dengan kadar ini juga merupakan cincin yang tersedia paling banyak di pasaran.

3. Berat cincin

Harga cincin tunangan dengan berat 4 gram tentunya berbeda dengan harga cincin tunangan seberat 2 gram. Berat cincin tunangan ini juga mempengaruhi tingkat ketahanan cincin, loh. Jadi kalau kamu ingin cincin tunangannya kuat, tahan lama, dan bisa menjadi alat investasi, kami sarankan untuk memilih cincin yang lebih berat. 

Apabila cincin ditujukan untuk pemakaian sehari-hari, kamu bisa memilih cincin tunangan dengan berat lebih rendah. Jangan lupa untuk selalu merawat cincin agar tetap mengkilap dan indah walau dipakai setiap hari.

4. Kualitas berlian

Tidak sedikit cincin tunangan yang memiliki hiasan berlian di atasnya. Kualitas dan jenis potongan berlian ini turut mempengaruhi harga cincin tunangan. Kualitas berlian sendiri juga ditentukan berdasarkan 4C, yaitu cut (potongan), carat (kadar karat), clarity (inklusi dalam berlian), dan colour (warna berlian).

Potongan atau bentuk berlian juga berpengaruh pada harga cincin tunangan, loh. Biasanya berlian yang berbentuk ova, hati, dan pear akan dibandrol dengan harga yang lebih tinggi.

5. Desain cincin

Semakin rumit dan detail desain cincin, semakin mahal pula harga cincin tunangannya. Sebelum memilih desain cincin, pastikan kamu sudah mengetahui selera pasangan agar cincin tunangan yang kamu dapatkan sesuai dengan keinginan pasangan. Hal ini bertujuan agar pasangan mau memakai cincinnya sebagai perhiasan sehari-hari.

Jika kamu ingin membeli cincin tunangan sepasang, sebaiknya diskusikan dengan pasangan terlebih dahulu agar desain cincin tunangannya sesuai dengan selera kedua belah pihak.

Referensi Harga Cincin Tunangan

Setelah mengetahui pentingnya cincin tunangan dan apa saja faktor yang mempengaruhi harganya, saatnya kami membagikan rekomendasi cincin tunangan cantik untuk kamu!

Harga cincin tunangan di bawah 5 juta

Kamu bisa mendapatkan sepasang cincin tunangan cantik dengan harga di bawah 5 juta untuk menghemat budget, loh. Selain harganya yang terjangkau, desainnya juga simpel dan elegan untuk membalut jari kamu dan pasangan. Ini dia beberapa referensi cincin tunangan yang bisa kamu pilih!

Cincin bahan silver/perak 925 dengan model rustic ini cocok banget untuk kamu yang menyukai desain cincin sederhana. Berlapis rhodium, kilau cincin akan tetap terjaga dengan baik. Dilengkapi juga dengan round diamond 0,02 karat di cincin wanita sehingga kamu bisa tampil mewah dan elegan. Nyaman banget untuk dipakai sehari-hari!

Cincin perak dengan tekstur lembut dan nyaman di kulit ini cocok banget untuk pemakaian sehari-hari. Desainnya yang minimalis dan elegan, mampu menyempurnakan penampilanmu.

Harga cincin tunangan 6-10 juta

Punya budget lebih dan ingin memberikan cincin yang lebih mewah? Ini dia beberapa referensi cincin yang bisa kamu pilih!

Sepasang cincin tunangan berbahan perak dengan hiasan round diamond 0,02 pada cincin wanita ini dibandrol dengan harga 7 jutaan saja, loh! Kedua cincin sudah berlapiskan rhodium sehingga tetap terjaga kilaunya.

Cincin tunangan simple
Cincin Simple WR0406 – VnCo Jewellery

Desain cincin tunangan white gold yang simpel dengan model spiral besar memberikan kesan elegan tanpa banyak usaha. Cincin tunangan pria dan wanita dengan model yang sama semakin meningkatkan keserasian antara kamu dan pasangan!

model cincin tunangan simple
Engagement Ring – Plain WRP0119 V&Co Jewellery

Cincin glossy untuk memberikan kesan cincin yang mengkilap, dikombinasikan dengan cincin doff untuk kesan berpasir dan sedikit kasar. Desain cincin tunangan modern ini juga memadukan 2 lingkar cincin bulat dan lekuk menyerupai huruf V di bagian tengahnya.

Penempatan berliannya pun sedikit unik. Biasanya berlian diletakkan di tengah cincin, sedangkan pada cincin ini round diamond dengan 0,015 karat diletakkan pada sisi samping lingkaran, sehingga tampak seperti mahkota.

Cincin tunangan Simple WR0236
Cincin Simple WR0236 V&Co Jewellery

Harga cincin tunangan 10-20 juta

Buat kamu yang punya budget lebih dan ingin memberikan cincin untuk pasangan atau memiliki cincin yang bisa disimpan sebagai alat investasi, cincin berlian ini cocok banget buat kamu dan pasangan. Ini dia referensi desain dan harga cincin tunangan berlian yang bisa kamu pilih!

Sepasang cincin tunangan dengan bahan White Gold 750 dengan desain sederhana untuk tampilan klasik bersama pasangan. Kombinasi cincin dengan warna glossy  dan doff yang menciptakan gradasi indah. Dengan lapisan rhodium, membuat cincin selalu tampak berkilau saat terkena cahaya. Dihiasi dengan round diamond 0,05 karat di bagian tengah cincin yang memberikan kesan elegan di jari manismu.

Cincin kawin
Cincin kawin Simple-WR0015 – V&Co Jewellery

Balut jari manismu dengan desain cincin exclusive ini! Berlapis dengan rhodium, agar terbebas dari korosi dan zat kimia tertentu lainnya, membuat cincin ini selalu berkilau. Cincin tunangan ini bertabur 18 butir berlian yang membuat tampilan kamu semakin mewah dan elegan. Masing-masing berlian sebesar 0,09 karat dengan grade F dan memiliki tingkat clarity nyaris sempurna!

cincin pernikahan
Exclusive Wedding Ring WR0044 – V&Co Jewellery

Desain cincin tunangan exclusive berikutnya adalah cincin yang memberikan kesan elegan pada cincin wanita. Cincin wanita  berhiaskan 31 buah berlian 0,186 karat yang mengelilingi bagian tengah cincin. Sementara itu, cincin pria sendiri tidak berhiaskan berlian, sehingga memberikan kesan simpel dan elegan.

cincin kawin emas
Cincin kawin emas Exclusive WR0308 – V&Co Jewellery

Butuh rekomendasi harga cincin tunangan lainnya? Kepoin selengkapnya hanya di V&Co Jewellery dan dapatkan cincin impianmu bersama pasangan sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *