ide kado pernikahan

8 Ide Kado Pernikahan Spesial yang Bermanfaat!

Sebagai tamu undangan di hari bahagia, tentunya kita ingin memberikan kado pernikahan yang berguna dan berkesan untuk kedua mempelai. Ada beberapa orang yang lebih memilih untuk memberikan amplop daripada kado untuk pengantin karena lebih simpel. Buat kamu yang kebingungan dan kehabisan ide mencari kado pernikahan, artikel ini adalah jawaban dari segala kekhawatiranmu!

Tips Memilih Kado Pernikahan

Kado pernikahan untuk sahabat
Kado pernikahan | Foto: Kim Stiver/pexels

Selain memikirkan tentang kado pernikahan, jangan lupa juga untuk memberikan doa dan ucapan nikah kepada teman tersayang di hari bahagianya. Kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal ini agar kado pernikahan yang kamu berikan sesuai dengan kebutuhan calon pengantin!

1. Tentukan budget

Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum memilih kado pernikahan adalah menentukan biaya. Dengan begitu, kamu bisa mempersempit pilihan kado perkawinan. Kamu juga tidak akan merasa keberatan dengan biaya yang perlu dikeluarkan jika sudah menentukan budget.

2. Barang yang disukai oleh pengantin

Kamu juga bisa memberikan kado perkawinan berupa barang yang disukai oleh pengantin, loh. Kado pernikahan seperti barang yang mendukung hobi pengantin akan menjadi kado yang berkesan untuk pengantin. Tidak masalah jika kamu hanya mengetahui barang kesukaan salah satu dari mempelai saja.

3. Barang yang bermanfaat

Pastikan juga kamu memilih kado pernikahan yang berguna. Karena setelah menikah, akan ada banyak sekali barang perlengkapan untuk kebutuhan rumah tangga. Jadi kamu bisa memilih kado perkawinan yang bermanfaat untuk pasangan suami istri baru ini.

4. Bantuan jasa

Tidak hanya hadiah berupa barang, kamu juga bisa memberikan hadiah berupa jasa, loh. Seperti menawarkan bantuan untuk mempersiapkan pernikahan. Calon mempelai akan sangat menghargai kado perkawinan ini karena mempersiapkan pernikahan adalah salah satu hal besar dan banyak detail yang harus mereka hadapi.

5. Kirim kado bersama teman

Jika kamu merasa keberatan dengan suatu barang namun ingin memberikan yang terbaik untuk pasangan pengantin, kamu bisa mempertimbangkan untuk urunan bersama teman. Dengan begitu kamu bisa meringankan pengeluaran dan tetap bisa memberikan kado pernikahan spesial untuk teman.

Rekomendasi Kado Pernikahan

Setelah berbagi tips di atas, saatnya kami membagikan rekomendasi kado pernikahan spesial yang berkesan dan berguna untuk pasangan pengantin. Yuk simak selengkapnya!

Rekomendasi Kado Pernikahan
Rekomendasi Kado Pernikahan | Foto: Pixabay

1. Barang elektronik

Sebagai pengantin baru, pastinya banyak barang yang dibutuhkan. Barang elektronik adalah salah satunya. Kado pernikahan ini menjadi hadiah favorit karena banyak barang elektronik yang bisa membantu pekerjaan rumah tangga. Mulai dari rice cooker, microwave, air purifier, kulkas mini, dispenser, mesin cuci, dan barang elektronik lainnya.

Tidak perlu takut kado pernikahan ini terkesan boring atau biasa aja, karena sudah banyak peralatan elektronik yang memiliki desain cantik dan elegan. Sehingga tidak hanya bermanfaat untuk membantu pekerjaan rumah, tapi juga bisa dijadikan sebagai ornamen yang aesthetic.

2. Sprei dan bed cover

Keharmonisan rumah tangga bisa dimulai dari tempat tidur yang nyaman dan meningkatkan kualitas tidur saat beristirahat. Kado pernikahan berupa sprei dan bed cover juga merupakan salah satu pilihan paling umum karena mudah didapatkan dan ada banyak pilihan bahan serta desain yang cantik. Selain itu, sprei dan bed cover dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pastikan sprei dan bed cover yang kamu pilih dibuat dari bahan yang lembut, adem, dan nyaman. 

3. Peralatan masak dan makan

Salah satu hal yang menjadi tantangan dalam pernikahan adalah memikirkan akan memasak menu apa setiap harinya. Kamu bisa meringankan beban pasangan pengantin baru dengan memberikan hadiah berupa perlengkapan dapur.

Peralatan memasak dan makan ini ada banyak sekali jenisnya. Bahkan panci saja ada berbagai macam bentuk dengan penggunaan yang berbeda. Kamu bisa memberikan hadiah pernikahan berupa satu peralatan dapur atau bahkan satu set untuk memudahkan kehidupan rumah tangga teman yang baru menikah.

Kamu juga bisa memberikan satu set alat makan cantik yang dijual banyak di marketplace. Selain berfungsi sebagai alat makan, set mangkuk atau piring cantik juga akan menambah nafsu makan pengantin baru.

4. Alat bersih-bersih

Banyak yang ragu memilih kado pernikahan ini karena dirasa tidak biasa dan aneh. Padahal, pasangan yang baru menikah biasanya akan menempati rumah baru yang membutuhkan banyak perawatan untuk kedepannya. Salah satu cara merawat rumah dengan baik adalah dengan menjaga kebersihannya setiap hari. Kamu bisa banget memberikan kado pernikahan berupa alat pel, sapu, hingga vacuum cleaner.

5. Dekorasi rumah

Pasangan pengantin baru biasanya mulai sibuk untuk mendekorasi rumah mereka sesuai selera. Kamu bisa memberikan hadiah dekorasi seperti jam dinding, standing lamp, tanaman hias, atau bahkan boneka. Selain membuat ruangan semakin indah, hadiah dekorasi ini juga memiliki manfaat untuk pengantin baru.

6. Logam mulia

Punya budget lebih? Logam mulia bisa jadi alternatif hadiah yang cocok untuk pengantin baru! Kado pernikahan ini bisa menjadi investasi karena nilainya yang stabil dan berkembang seiring berjalannya waktu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan kado logam mulia secara custom, seperti dengan diukir nama pasangan pengantin atau memberikan ucapan pernikahan.

7. Wewangian dan peralatan mandi

Karena banyak mengurus hal-hal besar selama menyiapkan, terkadang para pasangan baru ini lupa untuk memperhatikan hal-hal kecil seperti perlengkapan mandi dan wewangian. Kamu bisa memberikan sepasang handuk, perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, pasta gigi, atau bisa juga wewangian. Produk wewangian yang bisa kamu jadikan kado seperti lilin aromatherapy, parfum, pewangi ruangan, bahkan essential oil dan reed diffuser.

8. Barang couple

Pengantin baru biasanya sedang senang-senangnya berada di sisi satu sama lain. Kamu bisa memberikan kado berupa barang couple untuk mempererat hubungan mereka. Mulai dari baju tidur, sandal dalam rumah, jam tangan, mug, peralatan sholat, dan barang couple lainnya.

Memberikan Uang vs Kado

uang kertas
Uang kertas | Foto: Robert Lens/pexels

Setelah membaca artikel di atas, kamu mungkin bertanya-tanya apakah memberikan kado perkawinan lebih baik daripada memberikan uang? Semua kembali pada preferensi masing-masing.

Memberikan uang selain lebih simpel dan mudah, kamu juga tidak perlu memikirkan mencari hadiah dan membungkus kado. Selain itu kamu juga tidak perlu memikirkan kedekatan hubungan dengan pengantin karena merasa memberikan uang saja sudah cukup.

Kekurangan dari memberikan uang adalah uang tidak akan meninggalkan kesan kepada pengantin. Hal ini bisa terjadi karena amplop yang kamu berikan tenggelam bersama amplop lain dari tamu undangan.

Sedangkan memberikan kado pernikahan mampu meninggalkan kesan kepada sepasang pengantin baru. Usaha kamu lebih terlihat untuk memberikan kado terbaik sesuai kebutuhan dan kesukaan mereka. Tidak perlu memberikan kado dengan harga yang mahal, cukup kado yang bermanfaat saja pasti sudah membuat pasangan baru merasa senang dan berterima kasih.

Setelah membaca mengenai kado pernikahan di atas, pastinya kamu mendapat semakin banyak inspirasi kado yang gak biasa untuk teman atau kolega. Namun, jangan sibuk cari kado untuk orang lain saja, manjakan diri dengan self reward dari berbagai perhiasan cantik dan elegan dari V&Co Jewellery yang dibuat dari logam mulia premium!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *