Variasi Ucapan Nikah untuk Sahabat Berbagai Versi

Variasi Ucapan Nikah untuk Sahabat Berbagai Versi

Ketika teman yang kamu punyai melangsungkan resepsi pernikahan, sebagai teman dan sahabat tentu kamu juga turut bahagia. Kamu baiknya juga mengucapkan doa dan pengharapan yang baik kepada temanmu, sehingga ia bisa lebih bersemangat dalam menemupuh hidup baru. Ucapan nikah untuk sahabat memiliki jenis yang beragam, bisa kamu sesuaikan dengan sifat yang dimiliki temanmu.

Misalnya kamu hendak mengucapkan ucapan selamat menikah kepada sahabat, memilih ucapan yang tepat bisa kamu pertimbangkan. Jangan sampai ucapan yang kamu berikan malah membuatnya merasa sedih atau kesal karena maksud yang tidak tersampaikan dengan baik. Kalau kamu masih merasa bimbang dengan ucapan menikah yang hendak kamu berikan kepada sahabat, berikut merupakan rekomendasi ucapan yang bisa kamu gunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Menggunakan Ucapan Formal

Kalau kamu khawatir mengenai ucapan nikah untuk sahabat yang kamu berikan terkesan terlalu kasual, kamu bisa menggunakan struktur kata yang lebih formal. Penggunaan bahasa yang formal akan membantumu untuk memberikan kesan yang sopan, sehingga ucapanmu bisa diterima maksudnya dengan baik.

Berikut ini adalah contoh ucapan yang bisa kamu berikan ketika sahabat kamu menikah. Kamu bisa menggunakan kata-kata tersebut atau memodifikasinya agar sesuai dengan kebutuhan dan sifat teman yang kamu miliki.

  1. Selamat menempuh hidup baru dengan pasanganmu yang terkasih, semoga cinta terus bertumbuh diantara kalian sampai akhir hayat.
  2. Selamat menikah dan menempuh hidup baru. Dengan kehidupan baru yang akan menantimu, kamu harus saling mencintai dan saling mengerti satu sama lain.
  3. Selamat menempuh kehidupan yang baru, semoga menjad keluarga yang bahagia dan dimudahkan segala urusannya.
  4. Semoga cinta yang tumbuh diantara kalian bisa terus bersemi, entah apapun musimnya nanti. Hari bahagia bersama dengan pasangan telah menanti, selamat menikah dan berbahagia.
  5. Pernikahan adalah lembaran baru dalam kehidupan, penuh dengan kebersamaan, kebahagiaan dan hal baik bersama dengan pasangan. Selamat menempuh hidup baru dengan cinta sejatimu yang terkasih.
Menggunakan Ucapan Islami

Kamu juga bisa menggunakan ucapan nikah untuk sahabat versi Islami, apalagi jika teman yang kamu miliki juga beragama Islam. Ucapan pernikahan dengan menggunakan bahasa islami biasanya diselipi doa dan ucapan menggunakan bahasa Arab.

Jangan khawatir setiap ucapan tersebut memiliki arti dan pengharapan yang baik kepada temanmu yang telah menikah. Jika kamu khawatir teman yang kamu miliki tidak bisa berbahasa Arab, kamu bisa menyelipkan terjemahan di bawah ucapan yang sudah kamu buat, beberapa diantaranya adalah:

  1. Alhamdulillah, selamat atas ikatan pernikahan yang sudah kamu lakukan. Semoga pernikahanmu dengan pasangan dilimpahi dengan kebahagiaan, cinta, serta kebaikan ke depannya.
  2. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada ikatan cinta yang telah kalian buat, sehingga setiap keberkahan dan kemudahan mengiringi langkah kalian. Selamat menikah dan berbahagia!
  3. Semoga ikatan pernikahan kalian abadi hingga maut dan kematian memisahkan kalian. Semoga Allah merahmati pernikaha kalian dan memberikan kebahagiaan yang tidak bertepi.
  4. Barakallahu lakuma wa Baraka alaykuma – semoga Allah menganugerhakan berkah kepadamu.
  5. Mulanya Allah menjadikan satu jiwa, kemudian membelahnya menjadi dua. Sehingga Allah yang maha Pengasih menyatukan kembali kalian dalam satu ikatan suci pernikahan.
Ucapan Pernikahan Kasual

Kalau kamu dan sahabat sudah berteman dengan dekat, kamu bisa menggunakan ucapan nikah untuk sahabat yang lebih kasual. Kamu bahkan bisa menggunakan kata-kata non formal dan mengesankan kalian berada dalam lingkup pertemanan yang dekat. Ada beberapa kalimat yang bisa kamu gunakan, diantaranya adalah:

  1. Selamat kalian sudah menjadi pasangan yang serasi, semoga bisa membangun keluarga yang bahagia dan menempuh kehidupan baru bersama.
  2. Happy wedding! Sekarang kamu tidak perlu meratapi nasib sebagai single karena sudah punya gandengan. Semoga kamu selalu bahagia dan segera dapat momongan ya!
  3. Dulu kita selalu bersama, dari makan, bermain, hingga menikmati setiap momen bersama. Namun kini kita sudah sibuk dengan keluarga masing-masing, semoga keluargamu menjadi ladang ibadah bagimu. Selamat menikah ya sahabatku!
  4. Selamat menikah untuk kamu! Sekarang kamu harus jadi lebih bertanggu jawab karena sudah ada pasangan yang perlu kamu urus. Semoga lekas diberi momongan dan menjadi orang tua yang luar biasa.
Ucapan Pernikahan Bahasa Inggris

Kamu juga bisa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa untuk mengungkapkan ucapan nikah untuk sahabat terbaikmu. Sama seperti bahasa Arab dalam ucapan islami, kamu bisa menggunakan terjemahan jika kamu tahu temanmu kurang mahir dalam menggunakan bahasa Inggris.

Namun jika dia sudah mahir, memberikan ucapan saja langsung dalam bahasa Inggris bisa kamu lakukan, diantara beberapa kalimat yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

  1. May today be the beginning of your happy life and moment, happy married! – semoga hari ini menjadi hari permulaan untuk kehidupan dan momen yang membahagiakan, selamat menikah!
  2. May years ahead be filled with lasting happiness, joyful and smile for two of you. – semoga tahun-tahun kedepan penuh dengan kebahagiaan, keceriaan dan senyuman untuk kalian.
  3. Your wedding day will come then go, but your love may be forever from now on –  hari pernikahanmu akan datang dan pergi, namun cintamu akan bertahan selamanya.
  4. Wishing you have of lifetime full of happiness and love – semoga kamu menikmati hidup yang penuh dengan kebahagiaan dan cinta.

Tips Memberikan Ucapan Nikah untuk Sahabat

Foto: aizatmustaffaphoto on instagram

Setelah mengetahui berbagai ucapan nikah untuk sahabat, ada baiknya kamu juga mengetahui bagaimana cara mengucapkan ucapan tersebut dengan benar. Beberapa tips ini bisa membantumu mengatakan ucapan pernikahan dan maksudnya dengan tepat, tanpa menyinggung siapapun, diantaranya adalah:

  • Media yang Digunakan

Perhatikan media apa yang kamu gunakan untuk mengucapkan ucapan selamat nikah tersebut. Jika dilakukan menggunakan media daring atau email, kamu bisa menulis ucapan cukup panjang. Berbeda jika kamu mengucapkannya langsung ke mempelai di hari pernikahan, kamu bisa mengucapkannya sesingat mungkin.

  • Menggunakan Hadiah

Kamu tentu tidak ingin datang dengan tangan kosong di hari pernikahan sahabat, untuk itu kamu juga bisa menyelipkan ucapan selamat nikahmu disana. Dengan begitu, ketika sahabatmu membuka kado pernikahan yang kamu berikan, ia bisa sekaligus membaca ucapan selamat nikah untukmu.

  • Hindari Ucapan yang Menyinggung

Ketika mengucapkan ucapan nikah untuk sahabat, pastikan bahwa kamu tidak menggunakan kata-kata yang menyinggung. Kalau perlu, kamu bisa membaca ulang dan mereview pesan tersebut, sehingga tidak ada kesalahan tanda baca ataupun ucapan.

Itulah berbagai ucapan nikah untuk sahabat yang bisa kamu gunakan, semuanya bisa kamu modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk memberikan ucapan yang baik, berisi doa dan pengharapan agar menjadi penyemangat untuk temanmu. Dengan begitu, selepas pernikahannya dilangsungkan, kamu tetap bisa berkomunikasi dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *