Tubuh ideal jelang pernikahan

5 Jenis Olahraga untuk Memperoleh Tubuh Ideal Jelang Pernikahan

Jelang pernikahan tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari gedung, busana, hingga berbagai printilan kecil lainnya seperti aksesoris pengantin. Termasuk pula menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal dengan melakukan berbagai jenis olahraga sederhana.

Tubuh yang ideal bukan hanya membuat tampilan calon pengantin semakin paripurna, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Terlebih dengan memakai busana pernikahan yang indah serta berbagai perhiasan seperti anting-anting, kalung dan gelang sebagai penyempurna penampilan.

Namun, urusan persiapan pernikahan terkadang dapat membuat stress dan rasa lelah semakin menjadi. Rasa stress yang meningkat mengakibatkan nafsu makan tak terkontrol. Mengapa demikian? Sebab, ketika stress menghampiri, tubuh kita akan memproduksi hormon yang bersama kortisol. Hormon itulah yang memicu tubuh untuk merasakan lapar hingga terus menerus.

Lalu, apa yang harus kita lakukan bila merasa lapar terus-menerus menjelang pernikahan? Haruskah kita menuruti rasa lapar agar kita tidak stress dan dapat mengurusi urusan pernikahan kembali? Jawabannya adalah iya dan tidak. Kita memang perlu makan, tapi harus dalam porsi yang wajar. Sebisa mungkin makanlah dalam takaran yang normal. Mengonsumsi sayur dan buah juga sangat disarankan guna mendapat tubuh ideal jelang pernikahan

Tentu kamu tidak ingin kan memiliki kelebihan berat badan saat hari pernikahan? Selain mengontrol nafsu makan, olahraga merupakan kegiatan wajib yang perlu kamu lakukan untuk mendapat berat badan yang ideal. Persiapan pesta pernikahan memang membuang banyak waktu dan tenaga, tapi sebisa mungkin luangkan waktumu untuk melakukan olahraga.

Di bawah ini V&Co Jewellery rekomendasikan 5 jenis olahraga yang dapat kamu lakukan untuk mendapat berat ideal jelang pernikahan:

1. Jogging

olahraga untuk tubuh ideal
Olahraga Jogging | Foto: pexels/kate-trifo

Jogging merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup efektif dalam membakar lemak dalam tubuh. Olahraga ini juga baik untuk kesehatan jantung. Lemak di bagian perut akan dengan sangat efektif dibakar ketika jogging.

Bila ingin mendapatkan tubuh ideal jelang pernikahan, luangkan waktumu untuk melakukan olahraga ini. Tak perlu setiap hari, setidaknya lakukan jogging sektiap 3 kali seminggu dengan durasi masing-masing 30 hingga 45 menit.

Rute yang kamu lewati ketika jogging pun tidak perlu jauh-jauh. Cukup keliling komplek ketika pagi hari sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Selain membuat berat badan menjadi ideal, berolahraga di pagi hari mampu membuat dirimu lebih semangat dan tidak mudah sakit.

2. Berenang

olahraga agar badan ideal
Olahraga Renang | Foto: pixabay

Olahraga air ini memang tidak bisa dilakukan setiap hari. Namun kamu dapat melakukannya ketika akhir pekan tiba. Untuk mendapatkan tubuh ideal jelang pernikahan, durasi yang diperlukan untuk berenang adalah minimal 1 jam dan maksimal 2 jam.

Selain untuk membakar lemak, olahraga ini juga cocok untuk menambah tinggi badan bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini dikarenakan saat berenang otot kaki sangat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Untuk menghindari cedera, lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berenang.

Bila kamu merasa kurang nyaman berenang sendirian, ajaklah pasangan atau keluargamu untuk berolahraga bersama-sama. Hitung-hitung olahraga sambil liburan melewati akhir pekan tiba. Seru sekali bukan?

3. Muay Thai

jenis olahraga muay thai
Olahraga Muay Thai | Foto: pexels/rdne-stock-project

Lakukan Muay Thai untuk mendapatkan tubuh ideal jelang pernikahan. Muay Thai menjadi kegiatan kekinian yang tengah ngetren beberapa waktu belakangan. Muay Thai bukan sembarang olahraga. Kegiatan ini merupakan salah satu jenis bela diri yang berasal dari suku Thai di Thailand.

Seperti bela diri kebanyakan, Muay Thai memanfaatkan gerakan tangan dan kaki. Namun, yang menjadi pembeda Muay Thai dengan bela diri lainnya adalah gerakan yang lebih lengkap. Kombinasi antara pukulan dari tangan dan tendangan menggunakan kaki mampu membuat kalori terbakar lebih banyak. Itulah mengapa bela diri yang satu ini kerap dikenal dengan nama Thai Boxing mengingat gerakannya seperti tinju.

Siapapun dapat melakukan Muay Thai. Mulai dari laki-laki hingga perempuan, remaja hingga orang dewasa pun bisa melakukannya. Hal ini dikarenakan Muay Thai tidak hanya berguna untuk membakar lemak jahat, tapi mampu menjaga kesehatan mental agar tidak mudah cemas dan stress. Apabila kamu melakukan Muay Thai secara rutin, tubuhmu akan lebih fresh dan bersemangat dibanding sebelumnya.

4. Zumba

jenis jenis olahraga
Olahraga Zumba | Foto: pexels/andrea-piacquadio

Ingin mendapatkan tubuh ideal jelang pernikahan dengan olahraga yang berat tapi takut cedera? Bosan dengan kegiatan olahraga yang gitu-gitu aja? Ingin mencoba sesuatu yang berbeda? Mungkin Zumba cocok untukmu!

Sekilas, olahraga yang satu ini terlihat seperti aerobik pada umumnya. Yang membedakan senam aerobik dengan zumba adalah pemanfaatan irama musik yang membuat bersemangat. Beat dari alunan musik yang digunakan begitu cepat seperti musik dance. Itulah yang membuat Zumba dikenal sebagai olahraga yang ceria.

Bila kamu merasa suntuk dengan persiapan pernikahan dan berbagai aktivitas lainnya, Zumba adalah hiburan yang cocok untukmu. Selain untuk membakar lemak jelang pernikahan, Zumba mampu membuat dirimu merasa lebih ceria mengingat olahraga ini sangat fun sehingga membuat siapapun lupa bila sedang berolahraga. Ajak teman-teman kantor atau sahabatmu untuk mengikuti olahraga ini agar semakin seru!

5. Tabata

Olahraga Tabata
Tabata workout | Foto: pexels/cliff-booth

Olahraga Tabata mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, tetapi olahraga ini bisa sangat membantumu untuk mendapatkan tubuh ideal jelang pernikahan. Wajar saja karena olahraga yang satu ini merupakan penemuan dari seorang ilmuwan Jepang, dr. Izumi Tabata. Bila kamu adalah orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, Tabata adalah pilihan yang tepat untukmu.

Tabata merupakan sebuah jenis olahraga yang membuatmu untuk mengeluangkan waktu selama 4 menit saja. Iya, hanya 4 menit saja. Olahraga ini adalah bentuk improvisasi dari HIIT (High Intensity Interval Training) Cardio yang mana mengandalkan latihan kekuatan.

Meskipun durasinya hanya 4 menit, tapi kalori yang terbakar saat melakukan Tabata tidak tanggung-tanggung. Dalam durasi yang sangat sebentar, kamu dapat melakukan banyak gerakan kardio dengan intensitas yang tinggi. Untuk membakar lemak lebih banyak, kamu bisa melakukan gerakan push up, jumping jacks, mountain climbers, atau gerakan lain yang kamu mampu.

Apakah kamu sudah memutuskan jenis olahraga apa yang akan kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh ideal jelang pernikahan? Demi mendapat berat yang ideal saat pernikahan, jangan malas-malas untuk berolahraga ya! Kamu pun tidak perlu membayar personal trainer untuk melakukannya. Saat ini banyak video mengenai olahraga dan gaya hidup sehat yang dapat kamu akses di YouTube. Semoga artikel ini membantumu ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *