Cincin emas putih

Apakah Harga Cincin Platinum Mahal? Temukan Jawabannya di Sini!

Cincin adalah perhiasan untuk pria maupun wanita. Bahannya pun beragam mulai dari emas, perak, palladium, platinum, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya pilihan ini, terkadang membuat kita bingung untuk memilih yang mana. Namun, cincin platinum adalah salah satu yang jarang dibahas karena harganya. Lalu, apakah cincin platinum mahal? Lantas apa alasannya? Semua akan kami bahas dalam artikel ini!

Apakah Cincin Platinum Mahal?

Perhiasan emas adalah jenis yang paling populer di pasaran namun perhiasan platinum juga menarik perhatian. Akan tetapi, di antara semua logam mulia yang  menjadi bahan perhiasan, platinum cenderung memiliki harga yang lebih tinggi daripada emas. 

Lantas, apakah harga cincin platinum mahal membuat orang-orang jadi malas beli? Tentu tidak, justru banyak orang yang menjadikan cincin platinum sebagai koleksi perhiasan.

Untuk menjawab pertanyaan apakah cincin platinum mahal, kami akan memaparkan 4 alasan dari tingginya harga logam mulia ini. Yuk, simak selengkapnya!

Cincin kawin couple
Wedding Ring – V&Co Jewellery

1. Tingkat kepadatan yang lebih tinggi

Alasan pertama mengapa harga cincin platinum lebih tinggi daripada emas adalah karena tingkat kepadatan bahannya yang lebih tinggi. Cincin platinum bisa memiliki berat hingga 50% lebih banyak daripada cincin emas dalam ukuran cincin yang sama. Contoh, kamu memesan cincin ukuran 10 untuk cincin emas dan cincin platinum. Dalam cincin emas, cincin ukuran 10 akan memiliki berat 8 gram, tetapi cincin ukuran 10 yang menggunakan bahan platinum akan memiliki berat hingga 14 gram.

2. Kemurnian hingga 95%

Proses pembuatan perhiasan tidak lepas dari campuran bahan lainnya. Hal ini berlaku untuk hampir semua logam mulia, termasuk emas dan platinum. Misalnya saja cincin emas 18 karat yang mengandung 75% emas murni dan 25% logam mulia lainnya. Sementara itu, untuk perhiasan platinum sendiri hanya membutuhkan campuran 5% logam lain.

Tingginya kemurnian perhiasan platinum yang bisa mencapai 95% sendiri turut mempengaruhi harga cincin platinum. Hal ini juga karena logam campuran untuk pembuatan cincin platinum memiliki harga yang setara dengan logam platinum. Berbeda dengan emas yang bahan campurannya lebih murah daripada harga emas, seperti perak atau tembaga.

3. Biaya pembuatan lebih tinggi

Kamu juga perlu mengetahui bahwa proses pembuatannya juga menjadi salah satu penyebab tingginya harga cincin platinum.

Platinum memiliki karakter yang lebih keras daripada emas, sehingga lebih sulit untuk membentuknya menjadi perhiasan. Hal ini membuat proses produksi menjadi lebih lama, sehingga meningkatkan harga cincin platinum.

4. Jenis logam mulia yang langka

Produksi emas lebih tinggi daripada produksi platinum karena hasil penambangan emas menghasilkan 1.500 ton per tahunnya. Sementara itu, penambangan platinum sendiri hanya menghasilkan 160 ton saja per tahunnya.

Logam mulia platinum juga hanya terdapat di lokasi tertentu. Salah satunya adalah Rusia dan Afrika Selatan yang merupakan negara penghasil utama platinum. Inilah alasan keempat yang menyebabkan harga cincin platinum menjadi lebih mahal.

Kelebihan Cincin Platinum

cincin berlian solitaire
Diamond Ring Lotus Design | VnCo Jewellery

Meskipun harganya lebih tinggi daripada cincin emas, namun cincin platinum memiliki 4 kelebihan ini, loh.

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Tampilan cincin yang putih, halus, dan berkilau ini akan tampak indah membalut jari kamu. Dengan kilau yang menawan, akan membuat kamu terpesona dan ingin memakainya. Cincin platinum ini bisa membuat kamu semakin percaya diri dan jadi pusat perhatian tanpa banyak usaha!

2. Tidak menimbulkan alergi

Kelebihan cincin platinum yang kedua adalah sifatnya yang hypoallergenic, yaitu tidak menimbulkan alergi. Jadi, perhiasan platinum cocok digunakan untuk berbagai tipe kulit, termasuk kulit sensitif.

3. Kuat dan tahan lama

Seperti yang sudah kita bahas di atas, karakter platinum yang keras membuat perhiasan ini jadi kuat dan tahan lama. Cincin platinum ini jadi tahan benturan dan goresan, sehingga tampilannya selalu sama seperti baru.

4. Warna tidak mudah pudar

Sebel, gak, sih kalau warna cincin cepat memudar dan membuat kamu tidak percaya diri saat memakainya? Pemakaian cincin platinum ini bisa kamu jadikan alternatif karena warnanya yang tidak mudah pudar. Kandungan yang ada di dalamnya membuat cincin ini tetap berkilau dalam jangka waktu yang lama. Perawatannya pun cukup mudah, loh!

5 Tips Merawat Cincin Platinum

Engagement Ring - V&Co Jewellery
Engagement Ring – V&Co Jewellery

Setelah mengetahui apakah cincin platinum mahal beserta alasan hingga kelebihannya, tentunya kamu tidak boleh merawat cincin ini sembarangan agar tampilannya tetap mewah dan elegan. Ini dia 5 tips merawat cincin platinum yang bisa kamu aplikasikan!

1. Bersihkan secara rutin

Untuk menjaga kilaunya, pastikan kamu membersihkan cincin platinum minimal 2 kali dalam sebulan. Caranya mudah banget, kamu cukup merendam cincin platinum ke dalam larutan air hangat dan sabun lembut. Kemudian usap dengan lembut hingga bersih. Proses pembersihan ini akan membantu mengangkat debu dan noda yang menempel pada permukaan cincin platinum.

Kamu gak perlu takut proses pembersihan ini akan mempengaruhi warna cincin platinum, karena cincin platinum akan tampak kusam kalau jarang dicuci dan dibersihkan. Jadi pastikan untuk rutin membersihkan cincin agar tampilannya tetap berkilau, ya!

2. Simpan di tempat khusus

Jika kamu membeli perhiasan platinum untuk koleksi, kamu tidak boleh menyimpan cincin platinum dengan sembarangan. Pastikan kamu menyimpan cincin platinum di tempat khusus dan terpisah dengan perhiasan lainnya agar tidak saling berbenturan dan membuat perhiasan saling tergores.

Kamu bisa menyimpan cincin platinum dengan membalutnya menggunakan kain halus, lalu masukkan ke kotak penyimpanan.

3. Hati-hati saat memakai cincin platinum

Meskipun cincin platinum memiliki karakter yang kuat dan tahan lama, tapi kamu tetap harus memakainya dengan hati-hati. Jangan terlalu sering melepas dan memakai cincin karena tangan pasti akan meninggalkan noda dan kotoran dari kontak yang kamu lakukan dengan barang lain sebelumnya. Ini bisa membuat cincin mudah kotor dan kusam.

Pastikan juga cincin platinum tidak terkena bahan kimia secara langsung dari parfum, kosmetik, lotion, dan bahan kimia lainnya agar warnanya tetap terjaga. Pastikan juga kamu melepas cincin saat berolahraga, mencuci mobil, dan aktivitas lainnya yang melibatkan zat kimia.

4. Poles secara rutin

Lapisan rhodium biasa digunakan untuk melapisi berbagai macam perhiasan karena mampu membuat perhiasan semakin berkilau. Pemolesan dengan rhodium kilaunya  bisa tahan hingga 1 tahun, loh. Dengan begitu tampilan cincin platinum akan tetap terlihat indah dan mengkilap meskipun sudah kamu pakai dalam jangka waktu lama.

Kalau kamu ingin cincin platinum terlihat unik dengan warna platinum asli, maka tidak perlu melakukan pemolesan dengan rhodium. Akan tetapi warnanya tidak akan seindah dan semengkilap cincin yang berlapis dengan rhodium.

5. Dirawat oleh ahli perhiasan

Tidak ada salahnya kamu merawat perhiasan dengan meminta bantuan profesional. Kamu bisa membawa cincin platinum ke toko perhiasan 1 hingga 2 kali dalam setahun untuk mengetahui perubahan pada perhiasan. Dengan pemeriksaan secara profesional, kamu bisa mengetahui detail kecil seperti goresan pada cincin, perubahan warna, motif, atau kondisi permata jika cincin tersebut berhiaskan dengan permata.

Jadi, sudah terjawab, ya, pertanyaan kamu mengenai apakah cincin platinum mahal?! Kamu juga jadi mengetahui lebih banyak tentang kelebihan dan tips merawat cincin platinum dengan baik. Baca juga artikel kami lainnya seputar perhiasan di V&Co Jewellery biar kamu gak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *