cincin platinum pria dan wanita

Cincin Platinum: Alternatif untuk Wedding Ring selain Emas

Saat ini, banyak logam yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan  cincin pernikahan misalnya saja emas, palladium, perak dan platinum. Menentukan logam baik itu untuk cincin pertunangan atau pernikahan sama pentingnya dengan memilih batu permata atau model yang sempurna untuk cincin tersebut. Hal ini dikarenakan logam yang dipilih dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap umur cincin tersebut.

Tentunya kamu ingin memiliki cincin yang tetap menakjubkan bahkan setelah dipakai dalam jangka waktu lama, bukan? Jika ya, maka kamu bisa mulai mempertimbangkan cincin platinum sebagai salah satu pilihan. Logam platinum merupakan salah satu pilihan paling populer yang memiliki sifat tahan lama dan tidak akan mengalami perubahan warna.

Sekilas Tentang Platinum

Engagement Ring - V&Co Jewellery
Engagement Ring – V&Co Jewellery

Masih banyak orang yang bingung, apakah platinum sama dengan emas putih? Jawabannya tentu saja berbeda. Platinum adalah logam berharga yang memiliki warna putih keperakan. Penambangan logam ini  terutama di Rusia dan Afrika Selatan, dan keberadaannya jauh lebih langka daripada emas, dengan tingkat kelangkaan sekitar 30 kali lipat lebih tinggi.

Setiap tahun, sekitar 88 ton platinum menjadi bahan baku untuk membuat perhiasan, sedangkan emas mencapai 2.700 ton. Karena kelangkaannya, platinum memiliki nilai yang tinggi dan akan mempertahankan nilai tersebut seiring berlalunya waktu. Tak heran apabila harga cincin platinum relatif lebih mahal. 

Untuk perhiasan,  biasanya menggunakan platinum dalam bentuk yang sangat murni atau dengan campuran logam mulia lainnya. Sebagai contoh, paduan platinum yang umum digunakan dalam cincin pernikahan mengandung sekitar 90% hingga 95% platinum. Di sisi lain, cincin emas 14k hanya mengandung sekitar 58% emas. Namun untuk campuran perhiasan pada umumnya menggunakan paduan platinum yang mengandung 95% platinum dan 5% Ruthenium atau Cobalt.

Cincin platinum memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan logam putih lainnya. Tentunya kualitasnya sebanding dengan harga yang kamu bayarkan, sebab mendapatkan cincin yang lebih kuat dari logam lain. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang perawatannya di masa depan. Sehingga cincin tersebut dapat diwariskan dari generasi ke generasi tanpa kekhawatiran.

Alasan untuk Memilih Cincin Platinum sebagai Cincin Kawin

harga cincin platinum
Wedding ring V&Co Jewellery

Ada banyak alasan mengapa platinum menjadi rekomendasi ketika seseorang mencari cincin kawin. Berikut adalah beberapa alasan untuk mempertimbangkan logam yang satu ini: 

1. Akan tetap berwarna sama untuk waktu yang sangat lama

Ketika kamu membeli cincin, sulit untuk memikirkan jangka panjang. Kamu mungkin akan terkesima melihat koleksi yang ada di toko karena semuanya terlihat begitu berkilauan dan baru. Mungkin pada saat itu kamu belum memikirkan bagaimana dengan nasib cincinmu setelah puluhan tahun dan sudah mengalami keausan normal. Apakah cincin itu akan tetap dalam kondisi baik dan masih layak pakai atau tidak?

Jika memilih cincin platinum, maka kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal itu. Platinum adalah logam putih alami dan tidak memerlukan perawatan khusus untuk tetap mempertahankan warnanya. Sebab, platinum sangat murni dan tidak akan mengalami korosi, penghitaman atau pemudaran warna.

Hal ini berbeda dengan logam putih lainnya misalnya emas putih. Emas putih, yang mempunyai tampilan yang cukup mirip dengan platinum, cenderung menguning seiring berjalannya waktu. Emas putih membutuhkan perawatan rutin agar tetap mempertahankan warna yang sama, sedangkan platinum tidak.

2. Dapat menjadi warisan untuk generasi berikutnya

Semua logam mulia pada akhirnya dapat menunjukkan tanda-tanda keausan, tak terkecuali platinum. Walaupun demikian, platinum adalah salah satu logam mulia paling tahan lama yang bisa kamu pilih untuk cincin karena memiliki ketahanan yang sangat baik.

Platinum memiliki ketahanan aus yang lebih tinggi daripada emas putih. Bahan platinum tidak akan menjadi lebih tipis seiring waktu seperti cincin emas dan lebih tahan terhadap keausan. Dalam jangka beberapa puluh tahun ke depan, cincin ini akan tetap memiliki berat yang sama, sehingga dapat menjadi warisan generasi ke generasi.

Ketika tergores, logamnya hanya bergeser sedikit dan sangat sedikit logam yang hilang. Tidak perlu khawatir tentang goresan tersebut, karena perawatan dan polesan yang tepat, cincin akan tetap terlihat indah seiring bertambahnya usia. Sementara itu, ketika cincin emas tergores, bagian logamnya bisa hilang, mengakibatkan kehilangan logam yang lebih cepat. 

3. Mencegah berlian pada cincin terlihat kuning

Cincin dengan bahan emas putih cenderung menguning seiring waktu, dan bahkan emas kuning secara umum akan memantulkan sedikit noda kekuningan pada berlian. Sementara warna putih alami pada cincin platinum justru meningkatkan kecemerlangan berlian dan tidak akan menyebabkan adanya warna yang tidak diinginkan memantul pada berlian.

4. Cocok untuk dikombinasikan dengan batu permata

Berkat kekuatan dan daya tahan platinum, batu permata apa pun pada cincin tersebut akan aman karena jauh lebih kuat daripada cincin emas putih atau kuning. Seperti yang sudah diketahui, platinum tidak mudah patah dan untuk membentuknya dibutuhkan kekuatan. Emas jauh lebih rapuh daripada platinum, sehingga kemungkinan prong emas akan pecah setelah tekanan berulang.

5. Tidak akan menyebabkan reaksi alergi

Salah satu keuntungan dari platinum adalah sifatnya yang hipoalergenik, atau dengan kata lain minimal menyebabkan resiko alergi. Platinum adalah logam murni dengan kadar sekitar 90-95%, sehingga kamu tahu dengan pasti komposisi cincin tersebut. Emas putih, di sisi lain, sering dicampur dengan logam dasar seperti nikel, yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Platinum adalah pilihan sempurna bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau mudah alergi.

6. Memberikan kesan eksklusif dan berkualitas

Selain itu, platinum juga merupakan salah satu logam mulia yang paling langka di dunia. Dengan keberadaannya yang terbatas, tidak hanya menjadi simbol keindahan, tetapi juga melambangkan eksklusivitas. Memilih cincin platinum berarti kamu memilih untuk memiliki sesuatu yang istimewa dan unik.

7. Diperbolehkan untuk laki-laki

Sama halnya dengan cincin palladium dan perak, cincin platinum dapat dijadikan sebagai alternatif untuk cincin kawin pria. Terutama, bagi pria muslim yang tidak diperbolehkan menggunakan cincin emas.

Kekurangan Cincin Platinum

harga cincin platinum 1 gram
Simple Engagement Ring – V&Co Jewellery

Sama halnya dengan cincin dari logam lain, cincin platinum juga memiliki kekurangan yang perlu menjadi pertimbangan sebelum kamu memilihnya sebagai cincin kawin. Kekurangan tersebut meliputi:

1. Memiliki tingkat kepadatan yang tinggi

Keping platinum lebih berat daripada keping emas, perak, atau paladium karena platinum adalah unsur terpadat di bumi. Ini membuatnya lebih berat, sekitar 60% lebih berat dari emas 14K dan 35% lebih berat dari emas 18K. Akibatnya, walaupun memiliki spesifikasi yang identik dengan cincin emas atau perak, harga cincin platinum akan lebih mahal.

2. Untuk cincin platinum yang lebar dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat memakainya

Sebab memiliki bobot yang lebih besar, cincin platinum dapat terasa lebih berat, terutama pada cincin yang permukaannya lebih lebar. daripada cincin yang lebih tipis dan halus. Jika kamu tidak menyukai sensasi berat di jarimu, maka hal ini tentunya dapat mengganggu.

3. Harga lebih mahal

Membuat cincin dari platinum termasuk hal yang sulit. Hal ini dapat menyebabkan biaya tenaga kerja yang lebih tinggi untuk pembuatan perhiasan, penyesuaian ukuran, dan perbaikan di masa mendatang.  Itulah sebabnya harga platinum lebih mahal dari emas, perak atau logam populer lainnya.

4. Tidak dapat dijual kembali

Cincin platinum apakah bisa dijual? Meskipun cukup populer, minat terhadapnya memang tidak sebanyak bahan perhiasan lainnya. Oleh karena itu, menjual kembali perhiasan platinum mungkin menjadi tantangan. Namun, hal ini tidak menjadi masalah jika kamu memiliki niat untuk menjadikan cincin platinum sebagai koleksi pribadi. Dalam hal ini, perhiasan platinum dapat memberikan kepuasan estetik berharga tanpa harus mempertimbangkan aspek penjualan kembali.

Itulah hal-hal menarik tentang cincin platinum yang perlu ketahui terutama jika kamu ingin menjadikannya cincin kawin yang tak biasa. Jika kamu berminat untuk membuat cincin kawin platinum yang sesuai dengan kamu, langsung cuss kunjungi web store V&CO Jewellery! Kamu juga bisa mendapat referensi tentang cincin dari logam lainnya lo!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *