Harga Cincin berlian set

Tertarik Investasi Batu Mulia? Ketahui Harga Jual Berlian dan 7 Keuntungannya!

Berlian menjadi salah satu batu mulia favorit wanita. Selain bentuk dan warnanya yang cantik, batu mulia ini juga menjadi salah satu alat investasi karena nilainya yang tinggi. Bagi yang berniat untuk membeli berlian, kamu wajib banget tahu keuntungan investasi berlian, harga jual berlian, serta cara merawatnya.

7 Keuntungan Investasi Berlian

Ada banyak barang yang bisa kamu jadikan sebagai alat investasi, batu mulia adalah salah satunya. Berlian jika dipilih dan dirawat dengan baik akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan batu mulia lainnya. Ini dia beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dari investasi berlian.

harga cincin berlian
Cincin berlian V&Co Jewellery

1. Tidak terpengaruh inflasi

Inflasi atau kenaikan harga barang atau jasa pada jangka waktu tertentu, biasanya akan mempengaruhi investasi. Misalnya barang komoditi yang harganya akan berubah bila terjadi inflasi. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena harga jual berlian akan tetap sama meskipun terjadi inflasi.

Harga berlian relatif stabil bahkan bisa meningkat setiap tahunnya daripada logam mulia lainnya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan bisa menjual berlian kapan saja karena tidak akan mengalami penurunan harga.

2. Harga berlian asli ditentukan dari kualitas

Harga jual emas dan saham masih ditentukan oleh pemerintah, sedangkan harga jual berlian memiliki acuan yang jelas, sehingga kamu tidak perlu bingung menentukannya. Dengan kata lain, penentuan harganya murni dari kualitas berlian itu sendiri dan kesepakatan antara penjual dan pembeli sendiri tanpa adanya standar tertentu.

Selain itu, harga berlian per gram juga ditentukan dari ukuran, karat, kandungan emas dalam berlian, kejernihan, serta warna berlian. Oleh karena itu, semakin tinggi faktor-faktor tersebut, semakin tinggi pula harga jual batu mulia yang satu ini.

3. Nilainya terus meningkat

Selain kebal dengan inflasi, nilai berlian juga bisa semakin meningkat, loh. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kelangkaan, keindahan, dan tingkat peminatnya. Tidak hanya berlian dalam bentuk logam mulia saja yang bisa meningkat nilainya, tapi bahkan dalam bentuk perhiasan seperti cincin berlian, kalung berlian, liontin berlian, dan perhiasan berlian lainnya juga akan meningkat nilainya.

4. Biaya perawatan minim

Selanjutnya, salah satu karakter berlian adalah bahannya yang kuat dan tidak mudah rusak. Oleh karena itu, tak masalah menyimpan berlian dalam jangka waktu yang lama. Berlian bahkan hampir tidak membutuhkan biaya perawatan sama sekali. Meski disimpan di tempat yang panas sekalipun, bentuk, kualitas, dan ketahanan berlian tidak akan berubah karena logam mulia ini tahan panas.

Alasan lain mengapa harga berlian selalu stabil bahkan meningkat adalah karena logam mulia ini tidak mudah tergores atau rusak. Sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika berlian terjatuh atau tidak sengaja tergores ke permukaan kasar. Sebab, berlian adalah logam mulia terkuat di bumi.

Jika berlian yang kamu miliki mudah tergores, pecah, atau bahkan meleleh saat terkena panas, itu artinya berlian yang kamu miliki adalah berlian palsu.

5. Hemat ruang penyimpanan

Investasi seperti properti, mobil, atau barang lainnya memakan cukup banyak ruang, sedangkan berlian tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Oleh karena itu, kamu bisa menyimpannya di dalam brankas di rumah atau membuka safe deposit box di bank kepercayaan kamu.

Kamu juga bisa menjadikan berlian sebagai hiasan pada perhiasan yang bisa kamu gunakan di acara tertentu atau bahkan untuk aksesori sehari-hari. Jadi selain tidak  membutuhkan tempat penyimpanan, penampilan kamu juga semakin sempurna dengan memakai perhiasan berlian.

6. Investasi yang cocok untuk pemula

Sebagai pemula dalam dunia investasi, pasti kamu bingung memilih barang investasi karena ada begitu banyak pilihan. Investasi berlian ini bisa kamu jadikan alternatif karena kamu bisa langsung memulai proses jual belinya. Kamu tidak perlu mendaftarkan identitas seperti jika ingin memulai investasi saham.

Investasi berlian cocok untuk pemula karena semua orang bisa menjual, membeli, dan memiliki berlian tanpa ribet. Acuan harga jual berlian juga jelas, sehingga minim resiko penipuan atau kerugian. Selain itu peminatnya juga jelas dan luas.

7. Dilengkapi perlindungan dari GIA

Berlian adalah salah satu barang mewah yang memiliki perlindungan berupa sertifikat GIA yang kamu dapatkan sekaligus saatnya membelinya. Tidak hanya berfungsi sebagai perlindungan, sertifikat GIA juga berfungsi sebagai bukti kelayakan dan keaslian berlian, sehingga harganya semakin jelas.

Harga Berlian 2023

Cincin Berlian Princess Cut
Cincin Berlian Princess Cut – V&Co Jewellery

yang telah disebutkan di atas ada banyak sekali keuntungan berinvestasi batu mulia berlian. Setelah mengetahui 7 keuntungannya, apakah kamu semakin tertarik untuk berinvestasi pada berlian? Ini dia harga berlian 0,5 karat hingga berlian 2 karat berdasarkan Gemological Institute of America (GIA):

tabel harga berlian hari ini
Harga berlian GIA

Bingung, gak, lihat daftar harga berlian dan maksud dari kode di atas? Tenang aja, kami akan jelaskan satu per satu.

Dalam hal ini, standard F-VVS adalah berlian dengan kualitas ‘colour F’ dan ‘clarity VVS’ (very very slightly included).  Di sini, colour F masuk dalam kategori warna berlian yang colourless atau tak berwarna. Sementara itu, VVS sendiri adalah tingkat clarity atau kejernihan berlian yang iklusinya sangat sulit ditemukan di bawah 10x pembesaran dan harus menggunakan mikroskop. Jenis berlian F-VVS ini adalah spesifikasi berlian yang paling sering dijual di toko berlian Indonesia.

Selanjutnya adalah sweet spot yang memiliki range warna dari G hingga VS1. Colour G masuk dalam kategori warna berlian yang nearly colourless, dengan VS1 memiliki inklusi yang mudah terlihat di bawah pembesaran 10x oleh grader professional.

Sementara itu, best value merupakan berlian dengan kualitas colour I dan clarity VS1. Colour I juga masuk dalam kategori near colourless namun dengan warna yang sedikit lebih gelap dibandingkan colour G.

Jika dilihat dari penjelasannya, sweet spot dan best value terlihat tidak jauh berbeda namun perbedaan harga jual berlian terlihat cukup signifikan, bukan? Hal ini menunjukkan bahwa harga jual berlian sangat beragam tergantung dari faktornya.

Tips Merawat Berlian

Cincin dan anting berlian
Brigita Diamond Ring & Earrings | V&Co Jewellery

Meskipun berlian merupakan logam mulia terkuat di bumi yang bahkan bisa memotong batuan logam lainnya, namun pemakaian perhiasan berlian sehari juga bisa mempengaruhi tingkat kilau dan harganya. Supaya keindahannya tetap terjaga, berikut beberapa tips cara merawat perhiasan berlian agar tetap berkilau dan semakin tahan lama!

1. Simpan di wadah yang tepat

Meskipun berlian tidak mudah rusak dan tergores, kamu tetap harus memperhatikan tempat penyimpanannya agar kualitas berlian tetap terjaga. Pastikan kamu menyimpan berlian dengan lapisan kain lembut dan hindarkan berdekatan dengan perhiasan lainnya agar berlian tidak menggores perhiasan kamu.

2. Lepas di aktivitas tertentu

Untuk kamu yang memakai perhiasan berlian sehari-hari, jangan lupa untuk melepaskan perhiasan berlian saat mandi, memakai makeup, dan lotion. Produk perawatan kulit biasanya memiliki konsentrasi tinggi yang bisa mengendap di perhiasan. Produk ini juga bisa membuat logam seperti emas putih dan platinum menjadi cepat pudar.

3. Perhatian tanggal pemeliharaan

Jika perhiasan kamu bergaransi, penting sekali untuk memperhatikan tanggal pemeliharaan perhiasan. Selalu cek perhiasan ke ahli perhiasan agar kamu bisa mencegah dan mengatasi terjadinya kerusakan agar harga jual berlian tidak turun.

4. Bersihkan dengan benar

Berlian juga perlu dibersihkan agar kilaunya tetap terjaga. Kamu bisa membersihkannya dengan cairan khusus perhiasan dan cuci satu kali dalam seminggu. Kemudian usap dengan kain lembut hingga kering dan simpan kembali. Kamu juga bisa mendatangi ahli perhiasan 2 kali dalam setahun untuk menjaga kebersihan berlian.

Sekian penjelasan mengenai investasi berlian, harga berlian, hingga cara merawat berlian yang benar. Ingin memulai investasi berlian dengan sertifikat GIA? Tentunya bisa kamu dapatkan di V&CoJewellery dengan banyak pilihan bahan logam dan desain cantik yang bisa kamu dapatkan sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *