Apa Itu Berlian GIA?

Apa Itu Berlian GIA? Ini Dia Penjelasannya!

Berlian menjadi salah satu aksesoris mahal yang membuat orang yang memakainya merasa bangga dan menunjukkan prestige. Nah, sebelum kamu membeli berlian, ketahui dulu bahwa berlian yang baik dan benar harus bersertifikat. Salah satu lembaga yang mengeluarkan adalah Gemological Institute of America atau biasa disebut dengan GIA. Apakah kamu sudah mengetahui apa itu berlian GIA? Apa bedanya dengan berlian yang non GIA?

Nah sebenarnya apa yang membuat berlian bisa mendapatkan pengakuan dari GIA? Apa manfaatnya? Pastinya saat membeli barang yang mahal, kamu menginginkan dokumen yang menunjukkan bahwa barang tersebut memiliki nilai yang berharga. Misalnya saat membeli rumah tentu kamu akan memastikan rumah tersebut memiliki sertifikat. Konsep ini sama seperti yang ditawarkan oleh GIA. Pada 1940, GIA sudah mengeluarkan sebuah sistem yang disebut dengan International Diamond Grading System. Ini merupakan pedoman untuk menilai kualitas sebuah berlian yang dipakai di seluruh dunia.

Agar kamu tidak semakin bingung, berikut berbagai pembahasan seputar apa itu berlian GIA yang pastinya membantu kamu dalam memilih perhiasan yang tepat!

Apa Itu GIA?

GIA sendiri merupakan lembaga yang melakukan penelitian dan pendidikan mengenai berlian secara internasional. Lembaga yang berdiri pada 1931, akan membantu seseorang mengetahui dan memastikan bahwa berlian yang dimiliki adalah asli. Setiap berlian yang diuji oleh GIA akan dievaluasi oleh lebih dari 40 ahli. Nantinya para ahli tersebut akan melihat keaslian dan kealamian dari berlian tersebut. Ada ratusan parameter untuk menentukan kualitas dari sebuah berlian.

Setelah diuji, GIA akan melampirkan semua informasi mengenai berlian yang diteliti. Setiap berlian biasanya akan diberikan nomor identifikasi tersendiri. Biasanya jika sudah diuji oleh GIA, sertifikatnya akan dilengkapi komponen keamanan untuk mencegah sertifikat tersebut digandakan atau dipalsukan. Beberapa keamanan yang diberikan antara lain layar keamanan, garis micro-print dan hologram.

Apa Bedanya Berlian dengan Sertifikat GIA dan Tanpa Sertifikat?

Setelah memahami apa itu berlian GIA, mungkin kamu berpikir sebenarnya apa yang membedakan dari berlian dengan sertifikat dan tanpa sertifikat. Berlian dengan sertifikat pastinya akan memiliki informasi seperti berat dari berlian itu sendiri, kejernihan, warna hingga potongan berlian.

Dengan memiliki sertifika GIA, kualitas dari berlian tersebut tidak bisa diklaim sembarangan oleh lembaga yang tidak bertanggung jawab. Memang umumnya sertifikat GIA ini akan dipakai untuk berlian yang akan dijadikan investasi. Artinya untuk membantu si pemiliki tetap mempertahankan harga dari berlian yang dimiliki. Pastinya berlian yang punya sertifikat akan jauh lebih dipercaya bukan?

Apa Saja yang Dituangkan dalam Sertifikat GIA?
How to Get a GIA Diamond Grading Report | GIA Diamond Grading ...
Untuk menjamin kualitas berlian itu sendiri, pastinya sertifikat GIA akan mencantumkan informasi mengenai hasil analisis dari berlian tersebut. Nah, berikut adalah elemen yang akan dicantumkan dalam sebuah sertifikat.

  1. Bentuk atau model pemotongan

    Ada beberapa jenis model pemotongan yang biasa dimiliki atau dipakai dalam berlian. Beberapanya seperti Princess, Radiant, Round, Cushion, Emerald, Asscher, Oval, Round, Pear, Half Moon, Pear, Triangle, Curved Trillion, Straight Trillion, Heart dan Calf. Namun kurang lebih 60% berlian dipotong dengan gaya round karena dianggap otongan yang sempurna.

  2. Pengukuran dan Proporsi

    Dalam sertifikat, GIA akan memberikan informasi seputar ketebalan, volume dan tinggi dari keseluruhan berlian. GIA juga akan mengukur dari setiap sudut potongan apakah presisi atau tidak. Dari angka hasil perhitungan tersebut maka seseorang bisa mengetahui kualitas dari berlian tersebut.

    Misalnya sudah dipotong dengan gaya Round Brilliant untuk menimbulkan efek yang mewah. Hanya saja belum tentu pemotongan ini bisa mengedarkan cahaya karena sudut pemotongan yang kurang tepat. Hal ini akan membuat cahaya jadi terjebak sehingga berlian justru menjadi redup dan tidak bisa menangkap maupun memendarkan cahaya.

  3. Warna dan Tingkat Kecerahan

    Melalui sertifikat yang diterbitkan oleh GIA, sang pemilik akan mengetahui klasifikasi dari warna serta tingkat kecerahan dari berlian. GIA juga akan mencantumkan hasil pemolesan, laporan simteri hingga berbagai cacat atau kekurangan yang ada pada berlian tersebut.

Bagaimana Cara Agar Memastikan Keaslian Sertifikat GIA?

Mungkin ketika mengetahui apa itu berlian GIA dan manfaatnya, kamu jadi berpikir bagaimana cara memastikan bahwa sertifikat GIA tersebut asli? Pastinya kamu harus bisa membedakan antara sertifikat yang asli dan juga mana yang palsu. Bisa jadi kamu tertipu ketika akan membeli berlian.

Sebenarnya cara mengecek keaslian dari sertifikat ini sangat mudah. Semua sertifikat yang dikeluarkan oleh GIA selalu memiliki angka atau nomor seri yang unik. Kamu tinggal langsung menceknya di website gia.edu. Untuk mengetahui nomor seri tersebut kamu harus mengeceknya dengan kaca pembesar karena terletak di berlian dengan ukuran sangat kecil.

Apa Saja Keuntungan Membeli Berlian yang Memiliki Sertifikat GIA?

Pastinya setelah mengetahui apa itu berlian GIA, kamu mungkin jadi berpikir lebih teliti dalam membeli berlian. Pastinya kamu ingin memastikan bahwa berlian tersebut benar-benar asli dan berkualitas. Hal inilah yang jadi keuntungan bila membeli berlian yang punya sertifika GIA.

Sebagai awam atau orang yang bukan ahli berlian tentunya akan sulit untuk memebdakan mana berlian yang asli dan palsu. Tak heran jika orang sering salah menebak mana berlian yang asli dan palsu. Bahkan jika kamu melihatnya secara teliti, belum tentu mengetahui perbedaan keduanya.

Tak hanya mengetahui keaslian dari berlian tersebut, kamu juga bisa mengetahui kualitas dari berlian tersebut. Menganalisis kualitas berlian tidak bisa memakai mata telanjang saja. Penelitian akan sebuah berlian harus memakai perawatan khusus seperti mikroskop. Kamu harus melihat detil kecil yang tidak bisa hanya dilihat oleh mata telanjang saja.

Selain itu, sertifikat GIA juga akan memberikan jaminan keaslian. Meski dibeli di tempat terpercaya sekalipun, tentu akan ada perasaan was was bila tidak ada jaminan keaslian dari produk yang kita beli. Apalagi barang yang dibeli masuk ke dalam kategori barang mewah. Maka dari itu, sertifikat GIA ini akan menjadi jaminan keaslian sehingga kamu tak perlu takut ditipu oleh sang penjual.

Hal yang lebih menguntungkan lagi adalah ketika kamu ingin menjual berliannya kembali. Banyak orang yang menjadikan berlian sebagai investasi sehingga kerap kali ia akan menjual berlian tersebut. Jika ingin menjual kepada orang awam, pastinya orang mungkin akan ragu dengan keaslian berlian yang kita miliki.

Namun bila memiliki sertifikat GIA, tentu calon pembeli akan merasa aman dan percaya bahwa berlian yang kamu jual adalah asli. Tak hanya itu saja, calon pembeli juga akan mengetahui kualitas berlian yangkamu jual. Dengan begitu menjual berlian akan jauh lebih mudah bukan?

Apalagi sertifikat GIA memiliki taraf internasional. Artinya sertifikat ini sudah diakui oleh seluruh dunia. Jadi, kamu tak perlu lagi merasa khawatir jika ingin menjual berlian kembali. Harga dari berlian pun akan lebih terjamin. Jadi, setelah mengetahui apa itu berlian GIA apakah kamu tertarik mengoleksi berlian yang cantik berkilau itu? Jika kamu ingin mendapatkan cincin dengan berlian bersertifikat GIA, atau berlian saja, kamu bisa mendapatkannya di V&Co Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.