Ada banyak jenis cincin yang dikenal oleh banyak orang. Salah satu jenis yang cukup banyak digemari adalah solitaire. Jenis cincin ini tampak begitu mewah dan elegan dengan satu permata berlian. Lantas, apa itu cincin Solitaire? Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Apa itu cincin solitaire?

Cincin jenis ini adalah cincin dengan berlian tunggal atau satu mata berlian yang berlokasi di tengah cincin. Siapa sangka ternyata cincin model ini termasuk jenis cinci  yang cukup banyak diminati sebagai model cincin kawin. Modelnya sebenarnya tidak terlalu mewah atau begitu mencolok. Hanya saja bentuk berliannya yang membuat cincin ini tampak menawan.

Cincin solitaire sebenarnya tidak menunjukkan bentuk dari batu berlian tertentu. Hanya saja cincin tersebut memiliki satu berlian yang menjadi mata dari cincin tersebut. Jika kamu ingin membeli jenis cincin ini artinya kamu harus memilih bentuk dan model dari berlian atau permata yang akan disematkan pada cincin.

Apa Saja Kelebihan Cincin Solitaire?

Dengan desain yang simpel, pembuatan cincin ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Maka, cincin ini sebenarnya cocok bagi kamu yang ingin punya cincin berlian tetapi low-budget. Pilihan solitaire adalah tepat karena kamu akan mendapatkan cincin yang begitu menawan dan tampak mwah.

Selain itu, cincin ini akan terkesan sangat klasik dan tidak lekang oleh waktu. Solitaire pertama kali dipakai orang pada tahun 1800-an. Namun modelnya tetap masih dipakai banyak orang sampai sekarang. Model Solitaire sendiri masih menjadi primadona di tengah para pecinta perhiasan berlian.

Kelebihan solitaire yang lain adalah bisa dipakai untuk ukuran berapa saja. Pastinya ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menyesuaikan pembelian perhiasan dengan budget. Dengan berlian ukuran apapun, kamu tetap bisa menghasilkan sebuah kesan yang elegang dan mengkilat. Hal ini disebabkan karena desain yang sederhana dan akhirnya membuat pantulan cahayanya semakin baik.

Apa Saja Kekurangan dari Cincin Solitaire?

Tak hanya memahami apa itu cincin solitaire beserta dengan kelebihannya, kamu tentu perlu memahami pula kekurangan dari cincin ini. Salah satunya adalah bergantung pada cut atau pemotongan berlian. Bila memakai model ini dan Cut berlian tidak bagus, maka berlian bisa memberikan kesan kusam.

Jadi, orang sebaiknya tidak sembarangan membeli berlian dengan model solitaire tanpa memastikan bahwa pemotongan berlian dilakukan dengan baik. Kamu sebaiknya memastikan bahwa toko yang membuat perhiasa berlian kamu sudah berpengalaman.

Mengapa Cincin Berlian Solitaire Unik?

Salah satu daya tarik dari cincin solitaire adalah keunikannya. Mengapa ya disebut unik? Ternyata secara fisik solitaire ini begitu menggoda meskipun simpel. Apalagi ada pesan yang terkandung di dalam sebuah cincin. Hal inilah yang semakin membuat cincin ini unik.

Cincin soiltaire dipercaya sebagai lambang kesetiaan cinta seseorang. Orang yang memakai cincin ini akan diharapkan tetap setia dan tidak berpaling kepada orang lain. Kamu boleh percaya atau tidak tetapi memang lambang cincin adalah lambang komitmen serta kesetiaan.

Jika kamu ingin memilih solitaire sebagai cincin kawin atau perhiasan biasa, tentu kamu perlu mengetahui cara-cara tepat supaya mendapatkan cincin soilitaire yang bagus. Dengan ketelitian yang tepat, maka sudah dipastikan kamu akan mendapatkan cincin solitaire terbaik.

Tips Memilih Cincin Solitaire yang Tepat

  1. Memperhatikan Ukuran Ketebalan Cincin

    Untuk cincin sendiri, kamu harus memperhatikan sisi ketebalan cincin. Nah, ketebalan cincin ini harus disesuaikan dengan ketebalan serta ukura jari. Misalnya cincin yang tipis akan membuat berlian yang disematkan akan tampak besar. Tapi jika jari pemakainya terlalu lentik, maka cincin dengan model tipis malah jadi kurang menarik.

  2. Memilih Material yang Dipakai

    Tak hanya dari segi design saja, kamu juga perlu memperhatikan bahan pembuat cincinnya. Bahan yang dipakai umumnya platinum atau emas. Jenis emas yang dipakai pun tidak sembarangan biasanya emas putih atau rosegold. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

  3. Memakai Prinsip 4C

    Jika kamu baru ingin memiliki berlian, pastikan kamu memahami prinsip 4C. Pertama-tama kamu harus membeli di toko yang memiliki sertifikat Gemological Institute of America atau GIA. Dengan adanya sertifikat ini maka kamu akan dijamin mendapatkan cincin berlian dengan kualiats terbaik.

    Selain itu, kenali prinsip 4C yang biasa dipakai dalam membeli berlian. C pertama adalah cut alias potongan. Dari model potongan berlian ini, kamu jadi bisa mengetahui seberapa berkilau dan cemerlang sebuah berlian. Potongan yang terbaik adalah yang reflektif sehingga bisa memunculkan kemilau berlian yang cemerlang.

    C kedua adalah carat. Ini adalah ukuran standar berlian yang termasuk lebar, tinggi dan juga panjang. Semakin besar bongkahan berlian maka semakin langka berlian tersebut. Satu carat berlian sama dengan 200 miligram dan dihitung sebagai 100 poin. Ukuran carat ini juga menentukan nilai berlian. Makin tinggi caratnya, maka akan semakin mahal pula berliannya.

    Bagian C berikutnya adalah color. Warna menjadi faktor penting dalam menentukan kualitas berlian. Warna berlian pada umumnya adalah putih kekuningan. Namun, ada pula berlian yang berwarna cokelat dan biru. Warna berlian yang langka adalah hijau dan merah muda. Salah satu warna dengan kualitas bagus adalah warna berlian putih jernih. Bisa dibilang semakin jernih warna putih maka akan semakin mahal berlian tersebut. Skala berlian tertinggi masuk ke golongan D-F. Di bawahnya ada tingkatah G-J dan yang paling rendah S-Z.

    C terakhir adalah clarity. Bagian ini merupakan tingkat kejernihan berlian. Saat memilihnya, kamu perlu memeriksa apakah cacat atau tida. Semakin sedikit cacatnya pastinya harganya akan semakin mahal. Untuk mengeceknya, kamu perlu menggunakan kaca pembesar yang bisa memperbesar hingga 10 kali lipat.

Setelah mengetahui apa itu cincin solitaire, kamu juga wajib mengetahui cara-cara memilih berlian yang tepat untuk model cincin ini. Tak heran bila solitaire masih banyak digemari orang karena cincinnya sederhana namun tetap menampilkan kemewahan. Yuk temukan ratusan model cincin solitaire terbaik dengan kualitas yang tepat di V&Co Jewellery.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin