Kenalan Yuk dengan Cincin Berlian Fancy Yellow!

Cincin berlian fancy adalah sebutan untuk berlian yang berwarna. Karena berlian memiliki banyak varian juga selain yang tidak berwarna, berlian ada yang berwarna merah, hijau, kuning-kekuningan, hitam, biru, dan pink. Semakin pekat warna yang tampak pada sebuah berlian, maka kualitasnya dianggap semakin rendah. Sebaliknya, apabila berlian tersebut tidak berwarna maka berlian tersebut dianggap sebagai berlian dengan kualitas terbaik.

Apa itu berlian fancy?

Ketika kamu menyebut nilai berlian, semakin langka juga berlian tersebut maka nilainya akan semakin tinggi. Akan tetapi ada beberapa faktor lainnya juga yang dapat mempengaruhi harga dan nilai sebuah berlian tersebut. Mulai dari tingkat kepresisian potongannya, ukaran atau beratnya, model potongannya, kemampuannya untuk memancarkan cahaya biru, dan cacat.

Biasanya itu berlian yan tidak memiliki warna adalah yang paling langka sehingga menempati kedudukan paling bernilai. Selain hadir dalam warna kuning, sebenarnya belian juga ada yang hadir dalam warna-warna lain seperti hijau, pink, dan biru. Berlian dengan warna biru, hijau, hingga pink dianggap sebagai warna paling langka dan lebih berharga jika dibandingkan dengan berlian kuning.

Perbedaan warna walaupun sangat sedikit bisa memberikan dampak besar pada nilai sebuah berlian. Sebagai contoh berlian fancy yellow bisa terbagi menjadi 4 kategori warna yaitu:

1. Fancy light
2. Fancy
3. Fancy intense
4. Fancy vivid

Bagaimana si cara menilai harga berlian fancy?

Harga berlian fancy biasanya itu dinilai berdasarkan kelangkaannya. Semakin langka warna berlian tersebut, maka akan semakin mahal juga harganya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelunya bahwa berlian fancy tidak hanya berwarna kuning saja. Tetapi ada juga yang berwarna biru, merah, dan warna hijau.

Baca juga:  Moissanite Vs Berlian, Serupa Tapi Tak Sama.

Contoh berlian langka yang bernilai tinggi

Berlian hijau

Berlian hijau bisa tercipta akibat radiasi. Radiasi bisa muncul dan menyebabkan berlian berwarna hijau secara alami, ketika masih mengendap intan yang letaknya dekat dengan batuan radioaktif akan menyebabkan berlian berwarna kehijau-hijauan. Berlian berwarna hijau alami juga dianggap sebagai berlian yang langka. Karena kelangkaannya dan dianggap sangat bernilai, maka berlian hijau selalu dicurigai dan diperiksa secara teliti di laboratorium permata untuk mengecek keasliannya. Selain mengecek keasliannya, GIA juga biasanya mengecek untuk mengetahui dari mana asal warna hijau berlian tersebut didapatkan. Karena mungkin saja warna hijau pada berlian terjadi akibat proses perawatan atau selama pemakaiannya.

Berlian pink

Warna pink murni juga dianggap lebih populer dan lebih langka serta lebih bernilai jika dibandingkan dengan berlian yang berwarna keunguan seperti warnka terong, abu-abu, orange, sampai berlian dengan warna kecoklatan.

Berlian coklat

Berlian coklat sudah dikenal sejak zaman romawi. Pada abad kedua, orang-orang romawi menggunakan berlian coklat sebagai batu cincin. Akan tetapi, di era modern ini berlian berwarna coklat kurang diminati. Sehingga berlian coklat kebanyakan digunakan untuk keperluan industri saja. Terlebih pada tahun 1980-an berlian berwarna coklat sangat berlimpah.

Berlian biru

Warna berlian yang juga dianggap langka menurut GIA. GIA adalah salah satu barometer penilaian berlian di dunia dan paling terpercaya serta memiliki reputasi terbaik. Berlian berwarna biru merupakan jenis berlian yang sangat jarang dijumpai. Berlian dengan warna biru biasanya memiliki warna sedikit keabu-abuan, sangat jarang terdapat batu berlian berwarna biru jenuh seperti batu safir. Untuk berlian yang berwarna biru, berlian dengan warna biru yang kuat merupakan yang paling langka.

Baca juga:  Cincin Emas Cantik Bermata Berlian, Siapa Suka?

Berlian merah

Berlian berwarna merah atau kemerah-merahan umumnya sangat langka sehingga harganya pun relatif mahal juga.

Tips Membeli Cincin Berlian Fancy

Kenalan Yuk dengan Cincin Berlian Fancy Yellow!

Saat kamu memutuskan untuk membeli cincin kawin atau cincin tunangan yang bertahtakan berlian fancy, kamu harus tau bahwa cicin berlian ini hadir dalam berbagai bentuk potongan yang bisa disesuaikan dengan selera dan karakter masing-masing pemakaiannya.

Jika kamu berniat untuk membelikan cincin berlian untuk dipersembahkan kepada kekasih atau calon istri, kamu bisa menyesuaikan karakter pasangan mu denga pilihan bentuk berlian. Contohnya:

  • Berlian berbentuk emerald sangat cocok diberikan kepada wanita yang kerap tampil glamor serta terlihat percaya diri atau wanita-wanita yang suka mengambil resiko.
  • Berlian dengan potongan bulat sangat cocok dikenakan oleh wanita yang suka tampil sederhana, anggun, dan bersifat sedikit tradisional.
  • Bentuk buah pir adalah pilihan berlian yang pantas dikenakan oleh wanita-wanita unik yang menyenangkan atau wanita yang suka dengan petualangan.
  • Berlian berbentuk cushion sangat cocok dikenakan oleh wanita yang romantis dan modis.
  • Berlian berbentuk oval cocok dihadiahkan kepada wanita unik dan inovatif.
  • Wanita yang sentimental, dramatis, dan romantis sangat cocok menggunakan model cincin berlian berbentuk hati.
  • Berlian berbentuk princess atau kotak sangat cocok untuk wanita yang individualistis dan kreatif.

Membeli model cincin berlian fancy yellow terbaru

Dalam dunia perhiasan, berlian kuning dianggap sebagai berlian paling berharga nomor dua setelah berlian tanpa warna, yang dianggap sebagai berlian paling mahal dan paling berharga. Berlian bisa berwarna kuning diakibatkan karena keberadaan gas nitrogen pada proses terciptanya intan. Yaitu sebutan untuk batu permata yang belum diolah menjadi perhiasan dan disebut berlian.

Baca juga:  Perpaduan Cincin Nikah Dua Warna yang Cantik dan Menarik

Berlian fancy kuning biasanya memiliki warna-warna sekunder seperti warna cokelat-kekuningan, orange-kekuningan, atau hijau-kekuningan. Dalam grade warna berlian yang dimulai dari huruf D hingga huruf Z, berlian fancy berada pada kisaran grade huruf H-Z.

Fancy diamond yang berada pada grade H berwarna kuning terang dan grade Z berarti berwarna kuning tua. Jadi semakin tinggi klasifikasi huruf pada berlian, maka akan semakin terlihat jelas warna kuningnya. Harga cincin berlian fancy dipengaruhi oleh warna grade yang telah disebutkan diatas. Semakin jelas pekat warna kuning pada berlian, biasanya harganya pun semakin mahal.

Itulah tentang cincin berlian fancy yellow yang bisa kamu ketahui. Untuk mengetahui tentang perhiasan yang lainnya, bisa langsung kamu telusuri blog ini ya. Jangan sampai ketinggalan ya dear!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin