Ketahui Cara Menjual Emas agar Investasi Kamu Untung

Emas merupakan perhiasan yang banyak digemari kaum wanita maupun kaum pria. Tidak hanya untuk menunjang penampilan, kegunaan emas juga dapat dijadikan sebagai investasi untuk jangka panjang. Bagi kamu yang sudah berinvestasi lewat emas dan ingin menjualnya, kamu harus mengetahui cara menjual emas terlebih dahulu agar tidak rugi.

Emas memiliki sifat yang mudah dicairkan karena emas memiliki nilai yang berkembang dan mempunyai banyak keuntungan. Selain perhiasan, banyak juga penyimpanan investasi dalam bentuk emas berupa batangan atau lempengan yang dijual oleh beberapa badan keuangan yang ada di Indonesia seperti Bank dan Pegadaian.

Nilai penjualan perhiasan emas akan lebih tinggi dari emas batangan, walaupun emas batangan memiliki kadar yang lebih baik daripada perhiasan. Akan tetapi, ornamen lain yang mengikat dan desain dari sebuah perhiasan juga bisa mempengaruhi dari harga beli dan jual bagi perhiasan emas.

Terkadang, orang menjual emas dikarenakan harga per gramnya yang sedang naik kemudian menukarkan emas tersebut dengan sejumlah uang dan membeli emas yang ukuran gramnya lebih besar lagi. Meski terkadang kenaikannya tidak terlalu tinggi namun, tetap memberikan keuntungan kepada orang yang menukarkannya.

Naiknya harga emas disebabkan oleh beberapa faktor seperti tingginya permintaan emas di kalangan masyarakat. Biasanya jumlah masyarakat yang membeli emas akan naik saat hari perayaan besar seperti idul fitri dan tahun baru imlek.

7 Cara Menjual Emas agar Investasi Kamu Untung

Ketahui Cara Menjual Emas agar Investasi Kamu Untung

Jika kamu sedang berinvestasi emas dan ingin mendapatkan keuntungan, kamu harus pintar-pintar memilih waktu yang tepat untuk menjual maupun membelinya. Berikut ada beberapa cara menjual emas agar kamu tidak mengalami kerugian:

Baca juga:  Mengenakan Cincin Sebaiknya di Jari Apa Ya?

1. Simpan Surat atau Bukti Penjualan Emas

Toko emas yang kita beli tentunya akan mengeluarkan nota atau surat yang berisikan tentang karakteristik dari emas tersebut. Surat yang berisi tentang berapa jumlah karat dan berapa gram berat dari perhiasan tersebut.

Biasanya, kita sering lalai dan menghilangkan secarik info ini. Padahal dengan menyertakan surat resmi dari toko penjualan akan menambah nilai harga jual dari perhiasan emasmu dan sebagai bukti keaslian emas. Sebaiknya, kamu harus berhati-hati saat menyimpan bukti penjualan emas ini.

2. Mengenali Kadar Emas dan Harga Jualnya

Sebagai penggemar perhiasan berbahan dasar emas tentu kamu harus memahami secara menyeluruh mengenai takaran emas dan harga jualnya agar tidak dikelabui oleh pegawai toko emas. Kadar emas adalah karat, nilai jual emas tergantung besar karat dan beratnya.

Jika nilai karat tinggi maka semakin tinggi juga harga jualnya. Harga jual emas 24 karat tentu berbeda dengan 18 karat. Biasanya, jual emas 24 karat lebih mahal. Kamu juga harus memastikan bahwa nilai karat emas yang kamu miliki sesuai jumlahnya dengan uang yang kamu terima.

3. Berkeliling Toko Emas

Untuk lebih meyakinkan lagi lebih baik kamu berkeliling ke setiap toko emas yang terpercaya sebelum memutuskan untuk membeli ataupun menjual emas. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam membeli dan menjual emas daripada kamu menyesal ketika menemukan toko emas yang mau membeli emas yang kamu miliki dengan harga tinggi, ataupun ketika kamu ingin membeli emas dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk menjual perhiasan emas, cobalah untuk melakukan survei ke beberapa toko emas lebih dari dua toko sebagai pembanding. Tanyakan berapa per gram harga emas saat ini dan berapa tafsiran toko pertama dan toko kedua dan seterusnya. Jangan terburu-buru menjual emas kepada satu toko saja. Karena beberapa oknum toko akan mematok harga terlalu rendah dari harga pasar, waspadai hal semacam ini.

Baca juga:  Gelang Emas Unik Inspirasi dari Drama Korea Selatan

4. Menjual pada Toko Emas Tempat Membeli

Langkah ini merupakan langkah yang paling ampuh untuk menjual emas kembali, langkah ini bisa kamu gunakan apabila kamu berada atau dekat dengan toko tempat kamu membeli perhiasan atau toko tersebut toko langgananmu. Biasanya, toko tempat dimana perhiasan itu dijual akan membeli dengan harga yang lebih tinggi daripada toko lainnya.

Tetapi harus diperhatikan, untuk menjual pada toko tempat perhiasan itu dijual kamu harus bisa menunjukkan bukti bahwa perhiasan yang kita beli berasal dari toko tersebut. Dengan menunjukkan surat resmi yang dikeluarkan toko pada saat kamu membeli. Oleh Karena itu simpanlah bukti ketika kamu membeli perhiasan emas.

5. Menjual pada Kolektor

Apabila kamu mempunyai emas yang memiliki nilai sejarah, tidak ada salahnya kamu menjual emasmu pada kolektor emas. Desain perhiasan yang klasik, terkadang memiliki nilai tersendiri bagi para kolektor. Seorang kolektor tidak menilai perhiasan hanya dari nilai instristiknya saja, melainkan nilai dari desain dan usia dari perhiasan tersebut.

6. Perhatikan Respon dari Penjual Emas

Saat kamu berkunjung ke toko perhiasan atau emas dengan membawa emas yang akan kamu jual dengan mengajukan harga penawaran kepada pemilik atau pegawai toko tersebut, sebaiknya kamu perhatikan baik-baik bagaimana reaksi pegawai toko tersebut.

Jika reaksi pegawai tersebut senang dan langsung menyetujui harga jual yang kamu minta, itu artinya emas yang kamu jual memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan harga jualnya. Kalau sudah begini, kamu bisa untuk menaikkan penawaran harga jual emas milikmu dan tidak perlu sungkan.

7. Teliti Alat Uji Keaslian Emas

Baca juga:  Ingin Memberikan Hadiah Perhiasan?

Beberapa toko perhiasan umumnya memberikan syarat pengecekan emas. Ketika hal itu terjadi, kamu harus memperhatikan jenis alat yang digunakan. Biasanya, di toko perhiasan atau pegadaian yang terpercaya akan memakai avometer atau X-ray Flurescence.

Namun, jika kamu berkunjung ke sebuah toko perhiasan dan pihak toko meminta emasmu untuk digosok, sebaiknya kamu bisa menghindarinya karena penggosokkan tersebut bisa saja mengurangi kadar emasmu.

Itulah beberapa cara menjual emas agar kamu tidak mengalami kerugian. Apakah sekarang kamu sudah paham tentang cara menjual emas yang benar? Kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin menjual atau membeli emas.

Hal yang terpenting ialah kamu harus terus berhati-hati dan mencari tahu banyak informasi agar kamu tidak mendapatkan kejadian yang tidak kamu inginkan. Dengan mengetahui banyak sumber informasi, pastinya itu akan menguntungkan bagimu, bukan? Selamat membeli dan menjual emas!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin