Perhatikan Beberapa Hal ini Sebelum Membeli Perhiasan Online

Perhatikan Beberapa Hal ini Sebelum Membeli Perhiasan Online

Memiliki perhiasan zaman sekarang seperti sudah menjadi kewajiban bagi wanita dewasa. Membeli perhiasan emas maupun berlian semakin dipermudah dengan adanya media online. Kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mendatangi toko perhiasan yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggalmu. Membeli perhiasan secara offline dirasa sangat mengeluarkan banyak tenaga, sekarang kamu sudah bisa membeli perhiasan online dengan mudah dan aman.

Sebelum membeli perhiasan online, pastinya kamu harus mengetahui beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Bagi kamu wanita karir yang memiliki jam terbang sibuk dan tidak sempat untuk ke toko perhiasan, kamu bisa mencari perhiasan yang sesuai dengan keinginanmu di media online.

Dengan semua kemudahan yang ditawarkan oleh sistem pembelian perhiasan online, namun kamu juga perlu hati-hati. Hal ini dikarenakan banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan toko/perusahaan tertentu yang menjual perhiasan dengan iming-iming diskon.

Pembeli yang kurang teliti dan kurang waspada biasanya akan terjebak dengan penipuan semacam ini. Perhiasan yang diinginkan tidak didapatkan, dan uang yang sudah terlanjur ditransfer tidak akan dikembalikan. Tentu kamu tidak ingin mengalami kerugian seperti ini, bukan?

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan saat ingin membeli perhiasan emas atau berlian secara online:

1. Reputasi Toko Perhiasan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli perhiasan online ialah, kamu harus perhatikan toko perhiasan online yang kamu kunjungi sudah bergabung dengan asosiasi profesional yang terkait dengan barang-barang perhiasan atau tidak. Jika sudah, maka kemungkinan besar toko perhiasan online tersebut terpercaya dan dapat menjamin keaslian setiap perhiasan yang dijualnya.

Lalu, toko online yang berkualitas ditandai dengan situs website yang dapat dipercaya. Kamu bisa menghindari pembelian perhiasan online yang memiliki domain blogspot atau wordpress, karena situs seperti ini tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kamu bisa membeli perhiasan online dengan domain .com atau .co.id, karena domain seperti ini lebih dapat dipercaya karena memiliki kredibilitas yang tinggi.

Selain website, kamu bisa membeli perhiasan online di berbagai marketplace seperti shopee, tokopedia, dan bukalapak. Kamu bisa melihat reputasi toko perhiasan tersebut dari jumlah bintang yang dimiliki, berapa jumlah item yang sudah terjual, serta bagaimana feedback atau ulasan dari perhiasan yang dijual. Jika kamu menemukan ketiga hal ini cukup buruk, sebaiknya kamu mencari toko perhiasan lain.

Kamu juga dapat membeli perhiasan lewat media sosial instagram. Instagram merupakan media sosial yang paling populer saat ini, khususnya di bidang bisnis. Kamu dapat melihat banyak foto perhiasan yang dijual lewat postingan akun toko tersebut.

Jika kamu ingin melihat atau membeli perhiasan lewat instagram, kamu perlu memperhatikan hal-hal yang menentukan apakah toko online tersebut terpercaya atau tidak. Hal-hal ini berupa  jumlah followers yang dimiliki akun tersebut, testimoni, dan sudah berapa lama akun tersebut berdiri.

Toko online yang terpercaya biasanya akan menampilkan sebanyak mungkin testimoni yang didapatkan, demi meraih kepercayaan dan menarik pelanggan. Mereka akan membuat highlight tersendiri yang berisi kumpulan testimoni dari para pembelinya.

2. Pastikan Perhiasan disertai dengan Sertifikat

Sertifikat perhiasan terutama berlian sangatlah penting, karena itu artinya perhiasan terutama berlian tersebut sudah mendapat analisis lengkap mengenai keaslian, jenis, karat, dan beratnya. Jadi, pastikan jika kamu membeli perhiasan secara online, toko perhiasan tersebut memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh Gemological Institute of America (GIA). GIA adalah labolaturium professional yang terpercaya dunia dalam mengeluarkan sertifikat berlian.

Salah satu tanda bahwa perhiasan online yang kamu beli adalah memerikasa jaminan keaslian perhiasan tersebut. Toko perhiasan yang memiliki reputasi tinggi pasti berani menampilkan sertifikat garansi keaslian perhiasan demi meraih kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Pastikan perhiasan yang kamu beli adalah asli karena hal ini akan menentukan daya tahan dari kalung yang akan kamu pakai nantinya.

3. Harga Perhiasan di Pasaran

Hal yang harus diperhatikan berikutnya dalam membeli perhiasan secara online adalah harga. Harga umum di pasaran dinilai sangat penting karena menentukan kualitas dari perhiasan emas maupun berlian tersebut. Banyak orang yang rela mengeluarkan dana yang cukup besar untuk mendapatkan perhiasan emas maupun berlian yang berkualitas.

Memburu diskon atau promo boleh-boleh saja, namun jika harga tersebut terlalu miring maka kamu perlu waspada. Jangan cepat tergiur dengan harga yang terlalu murah, apalagi jika ada pihak penjual yang mengatakan bahwa promo hanya berlaku hari ini. Para pembeli yang gegabah biasanya akan cepat-cepat melakukan transaksi sehingga tertipu dengan hal semacam ini.

Toko online yang menjual perhiasan berkualitas biasanya tidak akan mau menjual harga terlalu rendah karena hal tersebut sudah pasti akan merugikan mereka. Justru banyak toko online yang berani menjual perhiasan dengan harga tinggi karena kualitas emas yang dimilikinya, apalagi jika perhiasan tersebut bertabur berlian dan permata.

4. Ada jaminan Pembelian

Toko perhiasan yang kredibel akan memberi jaminan pembelian pada setiap pehiasan yang dijualnya. Misalnya ada jaminan pengembalian uang 100 persen jika barang yang datang tidak sesuai dengan pesanan, jaminan pembelian kembali, serta jaminan perawatan perhiasan emas maupun berlian.

Pemberian jaminan tersebut akan memberikan rasa aman kepada konsumen, mengingat harga perhiasan yang tidak murah terutama berlian. Jika tidak ada pernyataan mengenai jaminan tersebut di website, kamu bisa menanyakan hal tersebut melalui costumer service.

5. Sistem Pembayaran

Salah satu faktor penyebab mengapa banyak orang lebih gemar membeli perhiasan secara online adalah karena kemudahan sistem pembayaran yang ditawarkan. Sistem pembayaran offline dirasa sulit karena harus membayar tunai, belum lagi jika pihak penjual tidak memiliki uang kembalian dan harus menunggunya untuk menukar dengan uang pecahan.

Sedangkan, membeli perhiasan secara online sangat menguntungkan karena menggunakan sistem pembayaran cashless atau non tunai. Non tunai disini berupa transfer bank melalui atm, kartu kredit, atau aplikasi keuangan.

Selain non tunai, ada beberapa toko online yang menggunakan sistem pembayaran berupa COD (Cash On Demand) yang artinya kamu bisa membayar secara tunai/cash pada saat barang sampai di rumah. Cara ini dinilai lebih aman karena kamu dapat memastikan kondisi kalung emas yang diantar oleh kurir, sehingga meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan

Selanjutnya hal yang harus kamu perhatikan dalam membeli perhiasan secara online adalah bukti transaksi. Bukti ini dapat berupa screenshot pembayaran, email, dan SMS. Jika perlu, kamu bisa screenshot bukti percakapan kamu dengan penjual. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika pihak penjual ternyata menipu atau melakukan kecurangan. Kamu yang memiliki bukti lengkap akan mudah dalam melaporkan kerugian yang kamu miliki ke pihak pengaduan. 

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli perhiasan online. Kamu dapat melihat beberapa perhiasan yang dapat menarik perhatianmu di website V&Co Jewellery. Selamat memilih perhiasan sesuai keinginanmu, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *