Seiring majunya teknologi, toko perhiasan emas 24 karat online pun juga semakin banyak diminati. Namun, membeli di toko online tentu ada lebih serta kurangnya jika dibandingkan dengan berbelanja di toko-toko konvensional. Semua orang tentunya ingin berbelanja dengan aman, terutama saat membeli benda-benda berharga seperti perhiasan emas 24 karat.

Mencari perhiasan berharga semacam itu tentu bukan perkara yang membuat khawatir ketika kamu melakukannya di toko-toko konvensional, karena kamu bisa melihat sendiri barang yang ingin dibeli dan membawanya pulang secara langsung setelah membayarnya. Keamanan ini tentu tidak bisa didapatkan di toko online karena ada waktu tunggu saat barang dikirim setelah dibayarkan.

Di sisi lain, tidak semua orang memiliki waktu untuk mencari perhiasan dan mendatangi toko emas secara langsung. Untuk perkara yang satu ini, toko emas online bisa menjadi solusi yang jitu karena kamu bisa memilih dan membeli perhiasan dari mana saja, bahkan dari tempat tidurmu sendiri tanpa harus mendatangi tempa tertentu. Sebenarnya, aman tidak, sih, membeli perhiasan emas 24 karat di toko-toko online? Untuk menjawabnya, mari kita simak lebih lanjut!

Keamanan Berbelanja Di Toko Online

Toko perhiasan emas 24 karat online sedikit berbeda dengan kebanyakan toko online lainnya. Jika toko-toko lain bisa dioperasikan dari rumah tanpa membutuhkan toko fisik, toko emas online umumnya tetap memiliki gerai fisik yang bisa kamu datangi langsung seperti toko emas di cikini. Dengan demikian, sebenarnya dari segi keamanan tidak ada bedanya antara membeli perhiasan di toko emas online dengan membelinya di toko emas konvensional, hanya saja metodenya yang berbeda karena toko-toko ini juga mulai mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan teknologi digital untuk proses jual-belinya. Jika kamu masih khawatir dengan reputasi toko emas di mana kamu ingin membeli perhiasan, kamu bisa membeli perhiasan secara online dari toko emas yang sudah memiliki reputasi. V&Co Jewellery juga melayani pembelian perhiasan secara online, lho!

Pastikan Keaslian Dengan Sertifikat

Jika kamu belum tahu, kamu akan mendapatkan sertifikat keaslian dari PT Antam jika kamu membeli emas yang dikeluarkan oleh badan usaha milik negara yang satu ini. Nah, kebanyakan toko perhiasan sebenarnya mendapatkan pasokan dari PT Antam, sehingga kamu bisa meminta mereka memberikan sertifikat keaslian dari perhiasan emas antam yang mereka jual agar kamu bisa merasa lebih yakin. Jika toko emas online kesukaanmu ternyata tidak menjalin kerja sama dengan PT Antam, tidak ada salahnya jika kamu menanyakan apakah ada sertifikat keaslian lainnya yang bisa mereka tunjukkan untuk meyakinkanmu bahwa perhiasan yang kamu beli memang terbuat dari emas asli. Setiap toko emas tentunya menginginkan proses jual-beli yang mulus, jadi mereka pasti akan mencoba mengupayakan sertifikat keaslian tersebut untuk meyakinkanmu dalam berbelanja dari toko online mereka.

Memahami Campuran Pada Perhiasan Emas

Baik berbelanja di toko online maupun konvensional, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu bawa emas merupakan logam mulia yang sangat lunak. Emas 24 karat memiliki sifat yang sangat lunak dan fleksibel, sehingga ketika dibentuk menjadi perhiasaan, lekukannya umumnya tidak bisa benar-benar mulus karena sifatnya yang mudah penyok. Oleh karena itu, perhiasan emas biasanya dicampur dengan jenis logam lainnya sehingga lebih padat dan tidak akan berubah setelah dibentuk menjadi perhiasan. Jadi kalau kamu membeli perhiasan dari emas 24 karat dan mendapati bentuknya penyok meski hanya dengan benturan ringan, jangan terburu-buru menganggap bahwa toko emas online di mana kamu membeli perhiasan tersebut menjual emas palsu, karena sifat emas 24 karat memang memungkinkan hal ini terjadi.

Meminta Toko Emas Mengasuransikan Perhiasan

Sudah memilih toko emas yang berkualitas dan tepercaya, dan sudah yakin perhiasan emas yang akan dibeli terjamin keasliannya, tetapi masih ragu bagaimana jika barang tidak sampai setelah dibayarkan? Untuk mengatasinya, kamu bisa meminta toko emas online pilihanmu untuk mengasuransikan dahulu perhiasan emas yang telah kamu beli sebelum mengirimkannya kepadamu. Beberapa toko emas online sudah secara proaktif memberikan layanan asuransi untuk menjamin keamanan belanja pelanggannya, sehingga kamu tidak perlu merasa cemas barang tidak akan sampai. Namun, tidak ada salahnya untuk memastikan sekali lagi apakah perhiasan yang mereka jual sudah diasuransikan agar kamu tidak mengalami kekecewaan akibat terjadinya risiko yang tidak diinginkan.

Dengan keempat tips yang sudah diuraikan di atas, kamu tidak perlu merasa takut untuk mencoba berbelanja di toko perhiasan emas 24 karat online. Apalagi jika kamu tergolong orang yang cukup sibuk sehingga tidak dapat mendatangi toko emas konvensional secara langsung, berbelanja secara online tentu akan sangat membantu. Tidak perlu terburu-buru untuk membeli jika kamu masih memiliki keraguan, pastikan untuk bertanya sedetail mungkin sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli, ya!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin