Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Cincin Tunangan Emas

Cincin tunangan emas tentunya dapat digunakan oleh pria dan wanita. Namun, ada juga yang menganut paham di mana cincin hanya digunakan oleh pihak wanita. Sebagian pasangan merasa, menggunakan cincin tunangan adalah tanda bahwa keduanya sudah terikat satu sama lain untuk menuju pernikahan.

Namun, sebagian pasangan lainnya merasa cincin tunangan adalah lambang pinangan seorang pria kepada kekasihnya, sehingga sang wanita akan mengenakan cincin tunangannya sebagai simbol bahwa ia telah menerima pinangan sang pria. Cincin tersebut juga merupakan lambang kesiapan pria bahwa ia sudah siap menafkahi wanita ke jenjang pernikahan.

Cincin tunangan yang terbuat dari emas menjadi salah satu pilihan yang utama. Alasannya, emas merupakan logam mulia yang paling tinggi nilainya dibandingkan dengan logam lainnya. Selain itu, emas memiliki sifat yang kuat dan tahan lama. Tentu, memilih cincin tunangan emas sendiri tidak bisa sembarangan. Kira-kira, hal-hal apa saja yang perlu diketahui saat memilih cincin tunangan dari emas?

  • Kadar Emas

Hingga saat ini, masih banyak pasangan yang belum memahami berapa kadar emas yang baik digunakan untuk pembuatan cincin. Padahal, kadar emas akan memengaruhi harga dari cincin tunangan emas yang kamu beli. Semakin tinggi persentase kadar emas berarti semakin murni kandungan emas dalam sebuah perhiasan. Semakin rendah karat emas, maka persentase kandungan emas juga semakin berkurang.

Misal, jika kamu memiliki emas seberat 5 gram dengan kadar emas 22K, berarti cara menghitungnya adalah jumlah gram dikalikan jumlah karat/24K, sama dengan 5*(22/24). Jadi, kadar emas yang kamu miliki adalah 4.58 gram, dan sisanya merupakan campuran logam lain yang membuat kadar emas menjadi 22 karat. Kira-kira, seperti itulah cara menghitung kadar emas dalam sebuah perhiasan.

Baca juga:  Lamaran dan Tunangan Apa Bedanya?

Emas murni memiliki karakter yang lunak, sehingga semakin tinggi kadar emas yang terkandung maka semakin mudah bagi perhiasan untuk berubah bentuk. Oleh sebab itu, sebaiknya cincin tunangan tidak dibuat dari bahan emas 24 karat. Kadar emas yang baik untuk digunakan adalah 22 karat atau kurang, karena emas sudah dicampur dengan bahan logam lainnya seperti tembaga atau perak yang membuat karakter cincin menjadi lebih kuat dan tahan lama.

  • Harga

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih emas sebagai bahan cincin tunangan adalah harganya. Dari sekian banyak jenis logam yang ada, emas adalah satu-satunya yang memiliki harga cenderung meningkat. Selain karena alasan kuat dan tahan lama, memiliki cincin emas dapat menjadi salah satu bentuk investasi jangka panjang.

Harga emas cenderung selalu meningkat dan pasaran emas di dunia perdagangan perhiasan tidak akan pernah menurun. Meski begitu, tentu saja kita semua berharap cincin tunangan yang terbuat dari emas tidak akan pernah dijual.

  • Model

Model merupakan salah satu unsur penting dalam proses pemilihan cincin tunangan. Pasangan sebaiknya mendiskusikan model seperti apa yang diinginkan sebagai cincin tunangan mereka. Model yang paling mudah dikenali sebagai cincin tunangan adalah bentuk ring yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ring pada cincin pernikahan. Selain itu, pada cincin tunangan wanita khususnya, biasanya terdapat batu permata yang berukuran agak besar. Meski begitu, model cincin bergantung kepada selera masing-masing pasangan. Sebagian pasangan mungkin lebih menyukai model cincin yang simpel dan sederhana, bahkan mungkin tidak memiliki batu permata sama sekali.

Menurut beberapa pakar perhiasan, jika menginginkan cincin yang awet dan tahan lama, sebaiknya jangan memilih cincin dengan ukuran ring yang kecil dan tipis, apalagi jika cincin tersebut harus menopang batu permata yang cukup besar. Ring yang kecil dan tipis akan membuat cincin lebih mudah rusak dan patah karena tidak kuat untuk penggunaan sehari-hari, terlebih jika cincin tersebut menopang batu permata. Belakangan ini sedang tren cincin yang memiliki ring tipis, sehingga dikhawatirkan malah membuat cincin tidak bertahan lama. Ada baiknya, pilihlah cincin dengan ring agak tebal sehingga lebih awet dan tahan lama, terutama jika cincin akan dikenakan setiap hari untuk waktu yang lama.

  • Ukuran
Baca juga:  5 Rangka Cincin yang Harus Kamu Tahu

Jangan lupa bahwa ukuran cincin tunangan harus sesuai dengan ukuran jari pasangan masing-masing. Jika salah memilih ukuran, cincin tersebut malah tidak bisa digunakan. Pastikan dulu ukuran jari pasangan dengan menanyakan langsung. Jika pasangan juga tidak mengetahui ukuran jarinya, maka sebaiknya pergi bersama ke toko perhiasan agar ukuran jari dapat langsung diukur dengan tepat.

Bagi kaum pria yang hendak membelikan cincin tunangan untuk kekasihnya tanpa diketahui, si pria dapat menanyakan atau meminta tolong kepada teman dekat pasangannya mengenai ukuran jari pasangannya. Tips lain yang bisa digunakan adalah dengan mengajak pasangan untuk menggunakan cincin couple yang banyak dijual di pusat perbelanjaan. Hal tersebut bisa digunakan untuk mencari tahu ukuran cincin dari pasanganmu.

  • Vendor atau Toko Perhiasan 

Satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam mencari cincin tunangan emas adalah vendor atau toko perhiasan. Mengapa hal ini penting? Berikut adalah beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan saat memilih toko perhiasan:

  • Reputasi

Sebaiknya sebelum memutuskan membeli cincin tunangan emas di toko perhiasan, pastikan kamu sudah mencari tahu reputasi toko perhiasan tersebut. Kamu bisa mencari informasinya melalui internet atau membaca berita-berita dari situs berita resmi mengenai toko emas yang memiliki reputasi baik. Pastikan kamu tidak salah memilih toko perhiasan, karena tentunya ada banyak juga toko perhiasan yang memiliki reputasi buruk.

Reputasi sebuah toko perhiasan bisa dianggap baik apabila toko tersebut tidak pernah memalsukan kadar emas dan memiliki surat-surat emas yang asli. Selain itu, pelayanan dan berapa lama toko perhiasan tersebut berdiri pun bisa menjadi pertimbangan.

  • Lengkap
Baca juga:  Perhatikan 5 Hal Berikut Saat Memilih Anting Emas Elegan

Selain reputasi, kelengkapan dan ragam cincin yang dimiliki sebuah toko perhiasan bisa menjadi pertimbangan. Toko perhiasan yang memiliki stok dan ragam cincin yang lengkap akan membantu pasangan untuk lebih mudah memilih jenis cincin mana yang cocok untuk digunakan pada hari pertunangan.

  • Pasaran Harga

Pada saat mencari informasi mengenai toko perhiasan pilihan untuk membeli cincin tunangan, sebaiknya cari tahu juga apakah toko perhiasan tersebut menjual cincin emas mereka pada kisaran harga pasar yang berlaku pada saat itu. Sebaiknya, jangan mencari toko perhiasan yang menjual harga cincin emas jauh melampaui kisaran harga jual-beli emas yang sedang berlaku. Oleh karena itu, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu kisaran harga emas pada saat itu, sehingga memiliki gambaran apakah toko perhiasan pilihanmu memiliki harga jual emas yang berlebih atau tidak.

Meski begitu, perhatikan juga apakah ada unsur lain yang mempengaruhi harga jual cincin. Misalkan, model cincin yang rumit dan langka tentunya akan membuat harga cincin menjadi jauh lebih tinggi dari harga pasaran. Selain itu, perhatikan juga mengenai keeksklusifan desain. Desain yang unik tentunya akan berbeda harga dengan desain yang pasaran.

Memiliki informasi mengenai emas yang lebih banyak tentunya akan lebih membantu kamu dalam memilih dan menentukan cincin tunangan emas yang tidak hanya sesuai selera, tapi juga awet dan tahan lama. Yang terpenting, pelajari terlebih dahulu dan selalu berhati-hati dalam membeli perhiasan emas, ya!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin