Berapa Harga Cincin Emas 24 Karat? Apa yang Membedakan Harga Cincin?

Berapa Harga Cincin Emas 24 Karat? Apa yang Membedakan Harga Cincin?

Menebak harga cincin emas 24 karat memang mengasyikan karena terkadang, harga cincin bisa naik, kemudian bisa kembali normal kembali. Mengetahui seputar harga emas 24 karat perlu dilakukan, terlebih bagi Anda yang gemar mengoleksi emas atau menjadikannya sebagai investasi.

Namun sebelum mengetahui harga cincin emas 24 karat, Anda harus tahu mengenai seluk beluk emas. Karena harganya yang tinggi, tentunya Anda tidak bisa sembarangan membeli kemudian menjualnya.

Orang-orang sering sekali terkecoh dengan berat emas dengan karat dan menganggap keduanya sama. Padahal, keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Apa sebenarnya pengertian karat dalam emas?

Karat adalah ukuran dari kemurnian sebuah emas. Karat juga merupakan tingkat keaslian emas yang berarti jumlah emas murni yang terkandung dalam sebuah perhiasan. Biasanya, dalam sebuah perhiasan tidak hanya menggunakan logam emas saja. Logam emas sendiri memiliki sifat yang lunak, itulah mengapa membutuhkan logam lain agar lebih kuat. Nah, karena adanya percampuran itu, kemurnian emas yang terkandung perlu diselidiki. Sebab, biasanya orang-orang membeli perhiasan sebatas mengetahui berat tanpa mempedulikan kadar emas yang justru lebih penting. Sementara, pengertian emas 24 karat adalah emas yang murni emas tanpa adanya campuran logam lain. Jadi bisa Anda bayangkan bahwa harga cincin emas 24 karat akan memiliki harga yang tinggi.

Untuk memudahkan pengukuran kemurnian emas, Standar Nasional Indonesia atau SNI sudah menentukan standar emas yang dibagi sebagai berikut :

24 K = 99,00 – 99,99%
23 K = 94,80 – 98,89%
22 K = 90,60 – 94,79%
21 K = 86,50 – 90,59%
20 K = 82,30 – 86,49%
19 K = 78,20 – 82,29%
18 K = 75,40 – 78,19%

Sayangnya, seringkali toko emas membuat perhiasan dengan standar yang tidak sesuai dengan SNI. Sebelum Anda membeli sebuah cincin emas di toko perhiasan, jangan ragu untuk menanyakan kadar kandungannya, karena pada dasarnya, harga emas ditentukan oleh kadar emas. Ingatlah bahwa semakin tinggi kadar emas yang terkandung dalam sebuah perhiasan, semakin tinggi juga harga perhiasannya, begitu pula dengan harga cincin emas 24 karat.

Dan satu hal yang perlu Anda garis bawahi adalah, karat berbeda dengan satuan berat emas. Berat emas diukur menggunakan gram. Bisa ditarik kesimpulan, meski cincin emas Anda memiliki gram yang besar, belum tentu memiliki kadar emas yang besar juga. Karena bisa jadi, bahwa perhiasan Anda memiliki campuran logam lain yang lebih besar kadarnya ketimbang logam emasnya sendiri.

Cara mengetahui kemurnian cincin emas

Tidak hanya harga cincin emas 24 karat, harga emas memang cenderung tinggi bila dibandingkan dengan logam lainnya, inilah mengapa seiring pembuatan perhiasan, banyak pengrajin yang kemudian mencampurkannya dengan logam lain atau malah seringkali emas hanya dijadikan lapisan luarnya saja. Agar tidak terkecoh, Anda tentunya perlu mengetahui bagaimana cara mengetahui kemurnian khususnya pada cincin emas.

Banyak yang menyarankan dengan uji coba menggoreskan cincin emas pada batu, kertas maupun keramik. Konon, bila kemudian menggores batu, keramik, atau kertas dan timbul warna hitam, bisa dibilang cincin emas tersebut memiliki kadar yang rendah. Namun, untuk pastinya, Anda bisa menggunakan gold tester. Anda juga bisa menguji kemurnian cincin emas dengan cara sederhana menggunakan magnet. Apabila cincin Anda menempel pada magnet, bisa jadi cincin emas Anda memiliki kadar logam lain lebih dalam jumlah yang lebih besar.

Sebetulnya, harga cincin emas 24 karat di setiap toko perhiasan berbeda. Yang membuat berbeda adalah kemurnian yang terkandung dalam setiap perhiasan tersebut. Biasanya, harga cincin emas 1 gram 24 karat berkisar antara Rp450.000,00 sampai dengan Rp550.000,00. Jika Anda mendapati cincin dengan harga lebih dari itu, mungkin cincin emas tersebut memiliki tambahan berat atau berhiaskan berlian di salah satu sisinya.

Harga perhiasan khususnya emas juga dipengaruhi oleh berbagai macam hal seperti:

  • Nilai tukar US Dollar
  • Isu politik antar negara
  • Kenaikan permintaan industri perhiasan
  • Jumlah produksi emas dunia

Cara untung Investasi dengan Harga Cincin Emas 24 Karat

Tidak semua orang membeli perhiasan untuk dikoleksi atau sebatas sebagai aksesoris. Berapapun harga cincin emas 24 karat, ada juga yang membeli cincin emas ini untuk dijadikan sebagai investasi masa depan. Nah, bagi Anda yang memiliki planning untuk investasi berupa perhiasan, wajib bagi Anda untuk cek harga cincin emas 24 karat ini,  ada kiat jitu agar Anda terhindar dari rugi dalam investasi perhiasan yang satu ini.

Yang perlu Anda lakukan adalah, memilih model cincin emas 24 karat yang akan selalu trend dari masa ke masa. Seperti cincin emas desain simple atau klasik yang tidak akan tergerus zaman, sebab cincin dengan model seperti itu akan selalu laku di pasaran. Pastikan menyimpan cincin emas Anda dengan hati-hati beserta sertifikatnya, dan yang paling penting adalah jangan berhutang demi investasi ini. Sebab, jika Anda berhutang, disaat perlu membayar sementara harga emas justru mengalami penurunan, Anda bisa jadi rugi.

Untuk itu, pintar-pintar membeli dan mempertimbangkan harga cincin emas 24 karat, juga perhitungkan waktunya dengan tepat bila ingin menjadikannya sebagai investasi. Dan sekalipun, jika hanya dijadikan sebagai koleksi dan aksesoris, memilih cincin emas 24 karat tetap perlu ketelitian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *