cincin kawin di jari manis tangan kiri

Kenapa Ada yang Mengenakan Cincin Kawin di Jari Manis Tangan Kiri

Apakah kalian pernah bertanya-tanya di jari apa cincin kawin dikenakan? kenapa ada yang mengenakan cincin kawin di jari manis tangan kiri, bukan di tangan lain ataupun di jari-jari lainnya? Tentu pernah, bukan?

Rupanya, alasan dari letak penggunaan ini ada macam-macam dan tidak selamanya menggunakannya di jari manis tangan kiri adalah sebuah hal yang buruk karena sama dengan apa yang orang lain lakukan. Di balik penggunaannya di jari manis tangan kiri, terdapat simbol-simbol pernikahan yang diharapkan akan membuat bahtera rumah tangga semakin langgeng! Mau tahu alasan apa saja itu, kami sudah meringkas beberapa alasannya

  • Budaya

Alasan yang satu ini sudah menjadi penyebab utama mengapa sekarang yang namanya cincin kawin menjadi benda yang wajib ada di setiap pernikahan. Begitu juga alasan kenapa cincin kawin dikenakan pada jari manis tangan kiri, semua ini karena budaya. Mengenakan cincin kawin sendiri dimulai sejak ribuan tahun lalu, tepatnya di peradaban Mesir Kuno. Akan tetapi, mulai merebak pemakaiannya di seluruh dunia di abad ke-20. Berbagai negara dan budaya yang berbeda pun punya cara mereka sendiri untuk mengenakan cincin kawin.

Ada yang di telunjuk, jari tengah, kelingking, sampai di jari manis tangan kanan. Akan tetapi, yang paling lazim adalah mengenakan cincin kawin di jari manis. Sebab, sudah ada pandangan umum bahwa jari manis tangan kiri adalah tempat di mana cincin kawin sepatutnya berada dan sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa orang yang mengenakan cincin di jari manis tangan kiri adalah seorang yang sudah menikah atau setidaknya, bertunangan. Mengenakannya di tangan kiri juga menjadi alasan kepraktisan, sehingga kamu tidak perlu repot-repot menjelaskan bahwa kamu sudah tidak lajang, pada orang yang baru saja kamu temui.

  • Simbol

Masih berhubungan dengan kebudayaan, alasan kenapa cincin kawin di jari manis tangan kiri, juga rupanya disebabkan oleh simbol yang dibawanya. Alasan romantisnya sudah ada sejak era Romawi Kuno, dimana saat itu orang percaya bahwa ada pembuluh darah di jari manis tangan kiri yang menuju langsung ke hati dan pembuluh darah ini dinamakan “vena amoris” atau pembuluh darah cinta.

Tentu saja, sekarang ilmu kedokteran sudah membuktikan bahwa tidak ada pembuluh darah seperti itu di jari manis tangan kiri, tetapi orang-orang tetap saja menyukai artinya yang romantis. Karena keberadaan vena amoris inilah, dipercaya bahwa menggunakan cincin di jari manis tangan kiri akan mendekatkan kedua pasangan dan menyatukan hati dua sejoli. Lubang cincin yang memiliki arti sebagai pintu menuju kehidupan baru, menjadi lebih bermakna saat berada di dekat vena amoris, karena makna pemasangan di jari manis tangan kiri pun menjadi membuka hati ke pasangan.

  • Kenyamanan

Alasan kenyamanan juga tidak boleh dilewatkan. Sekarang memang kamu bisa memilih ukuran dan model cincin kamu sendiri, sesuai dengan yang ada di toko perhiasan. Namun, karena mengenakan cincin kawin di jari manis tangan kiri adalah sebuah hal yang paling umum terjadi, tidak heran banyak desain di pasaran yang dioptimalkan untuk penggunaan di jari manis, walau kamu pun bisa memilih ukuran lain untuk dikenakan di jari-jari kamu yang bukan jari manis! Hanya saja, memang memilih cincin itu adalah sebuah hal yang gampang dan sulit pada waktu yang sama.

Bila kamu adalah orang yang rutin melakukan aktivitas fisik menengah hingga berat, maka lebih baik kamu menggunakan cincin pernikahan kamu di jari manis tangan kiri, sebab desain cincin yang ada akan membuatmu lebih nyaman untuk beraktivitas bila diletakkan di jari tersebut. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot untuk mencari cincin yang pas di jari lainnya, karena memilih cincin kawin yang cocok dengan harga yang pas di kantong, tentunya memakan waktu, bukan? Sehingga bila waktumu terbatas dan kamu kesulitan memilih cincin yang nyaman untuk dikenakan di jari yang lain, gunakan cincin kawin pada jari manis tangan kiri lebih dahulu!

  • Kebiasaan

Kamu mungkin pernah diberi cincin oleh orangtuamu saat kamu masih kecil dan diajarkan untuk mengenakan cincin di jari manis. Sehingga saat kamu dewasa dan telah menikah, kebiasaan itu melekat. Karena akan terasa aneh bila mengenakan cincin kawin di jari lainnya. Sesederhana itu. Yang namanya kebiasaan, termasuk sulit untuk dihilangkan. Jadi banyak yang sampai sekarang belum bisa mengenakan cincin di jari lainnya, bukan karena tidak nyaman, tapi semata-mata karena merasa bahwa jari lainnya bukan tempat yang tepat untuk sebuah cincin karena kebiasaan yang sudah tertanam sejak kecil.

Bagaimana? Apakah empat poin di atas sudah menjelaskan alasan kenapa cincin kawin dipakai di jari manis tangan kiri? Memang, tidak ada yang melarang kamu untuk mengenakan cincin di jari-jari lainnya. Namun, saat ini memang cincin kawin paling umum dikenakan di jari manis, terutama jari manis tangan kiri. Selain lebih menyatakan simbol perkawinan, hadirnya cincin di jari manis tangan kiri juga menjadi pemanis penampilan.

Pilihlah cincin yang paling cocok untuk aktivitasmu sehari-hari dan juga melambangkan hubungan kamu dengan pasangan. Bila sudah menemukan desain yang cocok, bahkan letak cincin di jari manapun tidak akan masalah! Semoga dengan alasan yang dikemukakan di atas, kini sudah menjadi jelas bagi kamu, kenapa cincin kawin di jari manis tangan kiri, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *