Kalung Emas Choker, Trend Kalung Yang Hits dan Kekinian Di Tahun 2019

Kalung Emas Choker, Trend Kalung Hits dan Kekinian di Tahun 2019

Kalung emas choker dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi trend fashion di kalangan selebriti papan atas maupun sosialita, sebut saja Gwyneth Paltrow, Paris Hilton, Nicole Kidman, Taylor Swift, dan Rihanna. Kalung emas choker adalah kalung dengan model tali/rantai yang sangat pendek hingga melekat secara pas di leher pemakainya. Kalung ini sangat cocok untuk wanita yang aktif bergerak saat menjalani kegiatan sehari-hari. Kalung dengan model seperti ini akan membuat penampilanmu hits dan kekinian dengan gaya retro ala-ala metropolitan.

Sebelum kalung emas choker ada, pada awalnya kalung choker hanya terbuat dari bahan sederhana, seperti beludru,  kulit, plastik, kain, dan manik-manik. Pada tahun 2500 sebelum Masehi, kalung ini dibuat oleh seorang pengrajin Sumeria dari negara Mesopotamia dan telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Berdasarkan tradisi saat revolusi Perancis, wanita memakai sebuah pita di leher mereka dengan tujuan penghormatan dan tanda bela sungkawa kepada orang yang sudah meninggal di Guillotine.

Sedangkan di istana kerajaan Inggris, seorang Ratu Alexandria memakainya dengan tujuan menutupi bekas luka kecil di lehernya. Banyak orang meyakini bahwa dari kedua hal inilah sumber inspirasi lahirnya sebuah trend kalung choker. Kalung choker mulai populer pada tahun 1920-an sebagai item fashion yang banyak diburu oleh wanita. Pada tahun 2010, kalung choker menjadi simbol mode yang sangat populer di kalangan kaum transgender, karena benda ini dapat menyembunyikan jakun yang dimiliki oleh laki-laki. Seiring berkembangnya waktu, model choker mengalami perkembangan pesat dengan bahan jenis logam tertentu seperti perak, emas, dan platinum.

Mengaplikasikan kalung emas tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, perlu teknik tertentu agar penampilan terlihat maksimal dan leher tidak terlihat berlebihan. Jika kamu ingin memakai kalung choker, maka pilihlah pakaian dengan area leher terbuka, seperti kaos t-shirt, blouse, dress, dan bomber jacket. Hindari pakaian  dengan model kerah tertutup seperti turtleneck dan kemeja dengan kerah berdiri. Pakaian seperti ini tentu saja akan menutupi pesona kalung emas choker kamu.

6 Model Kalung Emas Choker

Image result for kalung choker emas

Jika kamu memilih kalung emas choker dengan banyak manik-manik atau liontin, maka kenakan pakaian dengan gaya minimalis dan hindari pakaian bermotif. Pakaian bermotif tidak cocok dipadukan dengan kalung choker karena menimbulkan kesan terlalu ramai dan berlebihan. Agar kalung choker terlihat secara maksimal, sebaiknya tata rambut kamu dengan model bunny atau dikuncir ke belakang. Jangan biarkan rambut terurai begitu saja karena akan menimbulkan kesan berantakan pada penampilan. Saat ini banyak sekali model kalung choker yang tersedia. Berikut diantaranya:

choker terlihat secara maksimal, sebaiknya tata rambut kamu dengan model bunny atau dikuncir ke belakang. Jangan biarkan rambut terurai begitu saja karena akan menimbulkan kesan berantakan pada penampilan. Saat ini banyak sekali model kalung emas choker yang tersedia. Berikut diantaranya:

Choker polos

Choker polos ini cocok dipadukan dengan busana gaya minimalis. Pilihlah atasan dengan warna yang match dengan warna choker-mu, seperti warna hitam, putih, atau abu-abu. Model klasik nan simple ini cocok untuk kamu yang memiliki selera fashion casual.

Layering Choker

Model ini berupa perpaduan antara choker polos dengan tambahan aksesoris berupa tali/rantai kalung yang ditumpuk tipis di bagian bawah. Gunakan layering choker dengan busana berkerah V-neck agar lehermu terlihat manis.

Bow Choker

Kalung choker berbentuk pita ini sangat cocok untuk wanita yang memiliki karakter feminim. Ketika memakai ini dijamin penampilanmu semakin manis layaknya princess!

Wrap choker

Kalung model ini memiliki ciri khas berupa tali yang dibiarkan terurai panjang di bagian tengahnya. Kalung dengan model ini akan memberikan statement tegas pada busana yang kamu kenakan. Jika kamu ingin memamerkan outfit of the day, kalung ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Ring Choker

Ring choker cukup banyak diminati oleh orang, terutama para penggila fashion. Choker berbentuk cincin ini menampilkan kesan elegan pada setiap penampilan.

Diamond Choker

Choker seperti ini cocok untuk dipadukan dengan busana pesta pada malam hari. Gemerlapnya malam terasa pas ditemani dengan hadirnya sebuah berlian atau kristal yang menghiasi lehermu yang cantik. Kenakan dress dengan area leher yang lebih rendah agar penampilanmu semakin mempesona bak kilauan berlian.

Sebelum memutuskan untuk memakai kalung emas choker, sebaiknya kamu perlu menyesuaikannya dengan bentuk anggota tubuh kamu, seperti wajah, leher, dan bahu. Postur tubuh juga berpengaruh pada cocok atau tidaknya kamu memakai kalung emas choker. Kalung emas choker sangat cocok dikenakan oleh wanita yang memiliki leher panjang dan postur tubuh yang tinggi. Kalung ini juga sangat cocok untuk wanita yang memiliki bentuk wajah oval dan hati. Kalung choker pada umumya memiliki panjang sekitar 16 inci atau 41 cm. Jika kamu memiliki leher pendek, maka sebaiknya tambahkan panjang tali choker sebanyak 5 cm – 10 cm agar kalung ini terlihat pas di leher kamu. Selain itu, pilihlah jenis kalung emas choker yang memiliki rantai tipis agar tidak terkesan ramai dan penuh di leher kamu.

Seberapa amankah memakai kalung emas choker? Kalung dengan gaya pemakaian yang menempel erat pada leher ini banyak dikhawatirkan akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pemakainya. Tenang, semua hal ini bisa diantisipasi dengan menambahkan panjang tali choker  sesuai dengan tingkat kelonggaran kamu. Untuk menghindari kesesakan saat memakai kalung choker, kamu perlu mengukur leher kamu terlebih dahulu menggunakan pita ukur. Setelah itu, tambahkan 2 inci pada tali/rantai kalung agar kamu merasa nyaman. Rantai kalung yang sedikit lebih panjang akan menambah ruang kebebasan kamu untuk bergerak. Selain panjang tali kalung, kamu juga perlu memperhatikan lebarnya. Lebar disini dapat berupa seberapa tebal atau tipisnya kalung emas choker yang kamu pilih.

Namun, ada juga beberapa choker yang tidak bisa diubah panjangnya karena berbahan keras dan memiliki model yang rumit. Jika kamu menemukan kalung choker model seperti ini dan merasa sedikit sesak ketika memakainya, maka kamu perlu mencari model choker yang lain yang pas dengan lehermu. Jangan memaksakan diri memakai choker yang terlalu ketat hanya karena mengutamakan penampilan. Hal ini bisa menimbulkan resiko luka atau tercekik pada leher kamu, apalagi jika dipakai dalam waktu yang cukup lama. Tidak seperti model kalung lainnya, kalung emas choker tidak disarankan untuk dipakai saat tidur. Kalung model ini hanya cocok dipakai pada acara formal maupun casual dengan frekuensi pemakaian yang tidak terlalu sering. 

Pertanyaannya adalah, jika ingin membeli kalung emas choker, maka emas jenis apa yang tepat untuk dipilih? Perlu kamu ketahui bahwa emas umumnya memiliki 2 jenis, yaitu emas kuning dan emas putih. Dalam memilih jenis emas, pilihlah yang sesuai dengan warna kulitmu.  Emas putih cocok untuk wanita yang memiliki kulit putih pucat, sedangkan emas kuning lebih cocok untuk kamu yang berkulit sedikit lebih gelap dan hangat. Jangan sampai salah memilih logam pada kalung emas choker-mu karena itu akan berakibat fatal pada keseluruhan penampilan kamu.

Sebaiknya kamu perlu menentukan batas anggaran yang kamu miliki sebelum membeli kalung emas choker. Batas anggaran ini akan menjadi acuan kamu dalam memilih kriteria kalung emas choker yang pas di budget kamu. Batas anggaran ini juga akan menentukan jenis logam kalung emas, apakah akan memilih emas kuning, emas putih, atau emas rose gold. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan komposisi kalung emas choker yang kamu beli, siapa tahu mengandung logam jenis tertentu yang membuat kulitmu alergi dan gatal-gatal. Kamu bisa menanyakan hal ini kepada pihak penjual.

Perhatikan pula kandungan karat yang dimiliki kalung emas choker. Semakin tinggi karatnya maka akan semakin mahal pula harganya. Saat ini banyak sekali pilihan kadar karat emas yang tersedia, ada yang 15K, 18K, hingga 24K. Dalam memilih karat, sebaiknya disesuaikan dengan umur kamu. Bagi kamu yang masih muda, akan lebih cocok jika memakai kalung emas choker dibawah 20 karat. Kadar karat di atas 20K lebih tepat ditujukan pada wanita dengan umur 30 tahun ke atas.

Bagaimana, sudah mantap ingin membeli kalung emas choker? Saat bertransaksi, jangan lupa untuk memeriksa keadaan kalung yang kamu beli. Hal ini untuk memastikan kalung tersebut bebas dari cacat, noda, goresan, dan sisa-sisa zat kimia. Semoga kamu mendapatkan kalung emas choker sesuai selera dan anggaran kamu, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *