Tips Menentukan Tanggal Pernikahan yang Tepat

Tips Menentukan Tanggal Pernikahan yang Tepat

Pernikahan merupakan momen yang penting dan paling membahagiakan dalam kehidupan pasangan. Untuk itu pasti mereka akan membuat pernikahan yang akan bisa terus dikenang. Tentunya agar semuanya dapat terlaksana dengan baik harus dengan persiapan yang maksimal juga. Namun mempersiapkan pesta pernikahan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Salah satu hal yang penting ketika memutuskan menikah adalah menentukan tanggal pernikahan. Hal ini bisa sangat berpengaruh dalam keseluruhan jalannya sebuah pernikahan. Tentunya hal.

Menentukan tanggal pernikahan bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi bagi masyarakat Indonesia yang masih mengikuti adat istiadat dan harus memperhitungkan hari baik serta tanggal baik. Tentunya kamu pasti akan kebingungan dalam menentukan tanggal pernikahan jika tidak disiapkan sejak jauh-jauh hari. Agar bisa mendapatkan tanggal yang tepat, kamu mungkin bisa mempertimbangkan tips-tips dibawah ini dalam menentukan tanggal pernikahan.

  • Perhatikan cuaca

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam menentukan tanggal pernikahan adalah memperhatikan faktor cuaca. Ketika kamu memilih menikah di lokasi outdoor, cuaca menjadi perhatian khusus. Cuaca merupakan salah satu hal yang sulit ditebak tetapi jangan sampai ini menjadi penghalang dalam menggelar hari bahagia dan faktor cuaca menjadi hal yang penting. Hal ini akan berhubungan dengan kenyamanan dan kesuksesan acara. Untuk itu pilihlah tanggal yang tidak bertepatan dengan musim hujan. Hal ini bisa menjadi salah satu halangan terbesar dalam melaksanakan pernikahan tentunya.

  • Mengatur biaya

Kamu harus mengeluarkan lebih banyak biaya jika ingin menikah diwaktu-waktu populer seperti pertengahan bulan juli, setelah lebaran dan juga akhir tahun. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengadakan pesta pernikahan di hari jumat, karena pasti akan lebih murah dari pada di hari sabtu atau minggu, bahkan kamu juga bisa mempertimbangkan pernikahan di hari kerja. Tentunya pemilihan tanggal yang tepat bisa sangat berkaitan dengan biaya yang akan kamu keluarkan.

  • Berkonsultasi dan bermusyawarah dengan keluarga

Dalam menentukan tanggal pernikahan kamu dan pasangan sebaiknya berkonsultasi dan bermusyawarah dengan keluarga besar. Sebagai negara yang masih kental dengan adan ketimuran tentunya melibatkan keluarga besar merupakan hal yang penting. Hal ini dilakukan agar kedua keluarga bisa saling memberikan masukan dan arahan kepada kalian. Tidak hanya itu, menentukan tanggal pernikahan dengan keluarga juga bisa membuat semua keluarga bisa hadir.

  • Mengatur jadwal

Banyak pasangan yang ingin berbulan madu sesegera mungkin setelah menggelar pesta pernikahan. Hal ini bisa membuat kamu bisa menjadwalkan cuti dari pekerjaan atau memastikan kegiatan lainya akan diberhentikan dulu atau tidak ada kegiatan yang harus dihadiri. Pertimbangkan juga untuk menghindari waktu-waktu sibuk dalam pekerjaan dalam memilih tanggal pernikahan. Jadwal kerja yang padat kadang bisa mengganggu tanggal pernikahan akan dilakukan.

  • Menandai tanggal penting

Kamu dan pasangan mungkin ingin menikah pada hari ulang tahun salah satu dari kalian agar lebih spesial. Perhatikan apa ada tanggal khusus yang jatuh diwaktu yang tepat. Jika jatuh pada hari senin, dan kamu ingin menikah diakhir pekan tentunya sangat sulit untuk dijadwalkan dan mungkin bisa memundurkan tanggal pernikahan.

Selain itu tidak ada  salahnya memilih tanggal cantik atau unik di tahun rencana pernikahan. Kalau pun tanggal cantik kurang tepat, karena beberapa hal, kamu juga bisa menjadikan hari spesial sebagai tangal pernikahan. Seperti, tanggal jadian atau bisa juga tanggal pertama kali kalian bertemu. Tentunya ini bisa menjadi salah satu hal yang sangat spesial untuk kamu dan pasangan.

  • Perhatikan hari libur nasional

Hari libur nasional bisa sangat berpengaruh dalam menentukan tanggal pernikahan kamu dan pasangan. Misalnya kamu akan menikah di hari Minggu, sementara di hari Jumat sebelumnya atau Senin setelahnya terdapat libur nasional, maka akan banyak tamu yang sudah merencanakan liburan ke luar kota. Hindari juga menetapkan tanggal pernikahan di hari-hari besar keagamaan untuk menghormati pemeluk agama lain yang ingin beribadah dan akhirnya tidak dapat menghadiri acara pernikahan kamu.

Itulah merupakan tips dalam menentukan tanggal pernikahan. Sebenarnya ketika orang akan menikah merupakan salah satu ibadah yang sangat baik untuk dilakukan. Jadi jangan terlalu banyak pertimbangan ketika memilih tanggal dan malah membuat pernikahan mundur atau bahkan bisa batal untuk digelar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *