Pernikahan Dengan Budget Hemat

6 Tips Pesta Pernikahan dengan Budget Hemat

Apakah Anda ingin mengadakan pesta pernikahan dengan budget hemat? Pernikahan merupakan suatu hal yang sakral. Penyatuan dua insan yang akan disaksikan oleh keluarga besar, sahabat dan teman-teman. Namun banyak orang beranggapan bahwa persiapan pernikahan tidaklah murah.

Padahal banyak cara untuk membuat pesta pernikahan dengan budget hemat. Setiap pasangan yang mempersiapkan pernikahan, tentu memiliki banyak pertimbangan. Baik itu persoalan gaun, cincin pernikahan, seragam keluarga, sampai tempat yang memadai untuk melangsungkan pesta pernikahan.

Pesta yang dilakukan satu kali seumur hidup itu tentunya harus diselenggarakan dengan megah dan meriah. Nah, pastinya Anda sudah membuat perhitungan kira-kira berapa besar biaya yang akan dikeluarkan, bukan? Tidak jarang jika pesta pernikahan memakan biaya yang cukup mahal. Namun tak jarang juga pasangan yang menyelenggarakan pesta pernikahan dengan budget hemat.

Siapa yang tidak mau melangsungkan pesta pernikahan yang murah namun tetap terlihat elegan? Bagaimana caranya, ya? Anda bisa cari tahu informasinya 6 Tips Pernikahan dengan Budget Hemat melalui artikel di bawah ini.

1. Menentukan tempat yang sesuai

Tempat untuk mengadakan pesta pernikahan juga dinilai sebagai salah satu pengeluaran yang lumayan besar karena tempat pun memengaruhi kemewahan dan kenyamanan sebuah pesta. Anda bisa mengatasinya dengan mengadakan pesta pernikahan di halaman rumah Anda sendiri untuk menekan budget. Namun, jika halaman rumah dinilai kurang memadai dan tidak menampung tamu undangan, Anda bisa mencari gedung atau aula yang sesuai dengan budget Anda.

2. Menentukan waktu yang tepat

Jika Anda memutuskan untuk menyewa sebuah tempat sebagai venue pesta pernikahan, perlu diketahui jika ada perbedaan menyewa tempat di hari kerja dan hari libur. Tentu saja hal ini mempengaruhi budget pernikahan yang Anda keluarkan nantinya. Biasanya menyewa tempat di hari kerja akan lebih murah dibanding menyewa tempat di hari libur. Selain itu, hari-hari besar keagamaan juga mempengaruhi harga sewa sebuah tempat. Jadi rencanakan waktu yang tepat untuk pesta pernikahan Anda, ya.

3. Minimalisir jumlah undangan

Anda pasti pernah mendengar jika ada pasangan menikah yang tidak mengenal tamu undangannya sendiri. Ya, tentu saja hal itu dipengaruhi oleh andilnya orang tua dalam menentukan daftar tamu undangan. Orang tua pasti berbahagia jika buah hatinya melangsungkan pernikahan, sehingga mereka ikut menentukan daftar tamu. Faktor itulah yang membuat daftar undangan menjadi lebih banyak. Menghindari hal itu, alangkah lebih baik jika daftar tamu undangan diisi keluarga besar, sahabat, dan teman masing-masing mempelai. Dengan meminimalisirnya, budget untuk mencetak undangan akan berkurang.

4. Menentukan pengisi acara

Bagian menentukan pengisi acara juga merupakan hal yang penting. Namun, menyewa grup musik atau duo musik tentu menghabiskan budget yang tidak murah. Anda bisa meminta teman-teman dari lingkungan Anda untuk mengisi acara pernikahan Anda. Teman Anda akan dengan senang hati melakukannya di hari bahagia Anda. Selain itu, Anda juga membangun suasana yang akrab dan hangat dengan mereka. Tetapi tidak jarang juga pasangan-pasangan milenials yang hanya mengandalkan platform pemutar musik untuk disambungkan ke pengeras suara. Kelebihannya, Anda dapat mengatur lagu apa saja yang ingin Anda putar di hari bahagia Anda, dan lagu yang tersedia pun lengkap untuk semua umur. Ide yang cemerlang, bukan?

5. Menentukan makanan yang murah dan enak

Banyak yang menjadikan makanan prasmanan pesta pernikahan sebagai tolok ukur keberhasilan sebuah pesta. Maka dari itu, Anda harus lebih teliti lagi mencari vendor catering dari jauh-jauh hari agar survey yang dilakukan tidak sia-sia. Survey dengan waktu yang cukup juga membantu Anda agar tidak salah pilih. Anda bisa lebih selektif lagi menentukan vendor catering yang sesuai dengan budget Anda. Saat ini banyak sekali vendor catering yang menawarkan harga murah dengan rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Mudah, bukan?

6. Membuat rangkaian acara menjadi satu hari

Sebagian orang memisahkan acara akad nikah dengan resepsinya. Tujuannya pun beragam, misalnya membuat acara akad nikah menjadi lebih sakral dan intim karena hanya dihadiri oleh orang terdekat. Namun hal itu membuat pengeluaran jadi membengkak, karena Anda membuat acara menjadi dua hari.

Jika ingin menghemat budget, Anda harus memilih opsi membuat rangkaian acara menjadi satu hari saja. Alasannya tentu Anda hanya mengeluarkan budget yang lebih sedikit dibanding dua hari. Selain itu, Anda tidak perlu merasa lelah karena acara dipadatkan menjadi satu hari.

Nah, tips-tips di atas merupakan tips opsional yang bisa Anda lakukan untuk menghemat budget pesta pernikahan Anda. Meski begitu, Anda tetap harus melakukan riset harga-harga yang pantas untuk setiap poin diperhatikan saat mengadakan pesta pernikahan, karena terlalu menghemat pun bisa berimbas buruk pada pesta pernikahan Anda nanti. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *