Penyebab Biaya Pernikahan Over Budget

Penyebab Biaya Pernikahan Over Budget

Biaya pernikahan terkadang menjadi faktor utama saat seseorang memutuskan akan menikah. Memang hal ini bisa menjadi sesuatu yang membuat sakit kepala, jika tidak dipersiapkan secara matang.

Lalu apa saja hal-hal yang bisa membuat acara pernikahan kamu memakan biaya yang besar? Berikut beberapa hal yang harus dihindari agar biaya pernikahan tidak sampai membengkak.

Faktor Penyebab Biaya Pernikahan Membengkak

  1. Malas Melakukan Survei

Ini yang paling membuat isi dompet menipis. Biasanya ini terjadi saat kamu sudah menemukan satu vendor pernikahan atau satu lokasi yang sudah cukup disukai, kemudian kamu menjadi malas untuk mencari alternatif lain dan membuka kemungkinan lain yang lebih baik.

Memang melakukan survei itu melelahkan, tapi dengan ini kamu bisa mendapatkan harga-harga terbaik yang ditawarkan kepadamu, dan kamu juga akan menemukan alternatif-alternatif yang bisa bantu kamu untuk lebih berhemat. Karena itu, rajin-rajinlah melakukan survei agar kamu tidak terjebak dalam pembengkakan biaya.

  1. Tuntutan Lingkungan

Sebuah pesta pernikahan biasanya tidak selalu murni hasil dari perencanaan para calon pengantin. Seringnya, akan ada banyak sekali masukan-masukan yang justru akan membuat biaya pernikahan membengkak dan semakin membengkak.

Misalnya masukan dari pihak keluarga untuk menyewa hotel atau penginapan untuk keluarga besar. Padahal keluarga besar bisa saja menginap di rumah keluarga lainnya di kota tersebut. Atau masukan untuk membuat baju pengantin agar bisa disimpan kenangannya daripada menyewa baju pengantin yang kemudian akan dikembalikan ke sanggar rias, dan sebagainya.

Hal-hal seperti ini biasanya akan memecah fokusmu dan membuatmu hanya ingin memenuhi tuntutan lingkungan saja. Coba dilihat kembali daftar impian acara pernikahanmu, apakah sejalan dengan tuntutan-tuntutan tersebut? Atau tuntutan ini hanya akan jadi sumber pembengkakan untuk biaya pernikahanmu?

  1. Tidak Memiliki Rencana Pasti

Ini adalah hal yang sesungguhnya sangat berbahaya untuk kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan. Kenapa begitu? Karena perencanaan itu sangat penting. Kamu harus bisa merencanakan semuanya bersama pasanganmu, tentukan apa yang perlu dan apa yang tidak perlu.

Jika kamu tidak memiliki rencana yang pasti. Maka celah untuk banyaknya masukan dan tuntutan dari banyak pihak akan semakin besar, dan kamu akan semakin bingung dengan banyaknya alternatif ide yang berdatangan. Saat hal ini terjadi, maka semakin besar juga kemungkinan membesarnya biaya pernikahanmu.

  1. Kurang Mencari Informasi

Hampir sama seperti malas melakukan survei, kurang maksimal dalam mengumpulkan informasi juga bisa berdampak buruk pada budget pernikahanmu. Semakin banyak informasi yang dikumpulkan untuk membentuk konsep pernikahan yang sesuai dengan alokasi danamu, akan semakin baik dan semakin aman untuk kondisi keuanganmu. Kumpulkanlah informasi sebanyak mungkin, terutama informasi yang berisi cara menekan biaya pernikahan, ini akan sangat berguna untukmu.

  1. Terlalu Banyak Memesan Makanan

Yang biasa terjadi dalam resepsi pernikahan adalah munculnya rasa takut akan kurangnya jumlah makanan yang disediakan untuk para tamu undangan. Hal ini memang sering menjadi faktor yang mengkhawatirkan, tetapi bukan berarti kamu harus menyediakan makanan yang terlalu berlebihan jumlahnya.

Cobalah untuk bisa memastikan jumlah tamu yang kamu undang. Pastikan jumlah makanan lebih dari jumlah tamu undangan, tapi tidak perlu hingga dua kali bahkan sampai tiga kali lipat dari jumlah tamunya. Karena sayang kan kalau alokasi dana yang seharusnya bisa dialihkan untuk hal lain yang lebih berguna jadi tersia-sia pada makanan yang berlebihan.

  1. Terlalu Banyak Tamu

Saat kamu merencanakan pesta pernikahan, tetaplah berpegang pada jumlah tamu yang telah ditentukan sebelumnya. Misalkan kamu ingin mengundang 500 orang, maka tetaplah pada jumlah tersebut, jangan kemudian ditambah-tambahkan setiap waktu.

Memang terkadang akan menemukan dilema saat harus menentukan siapa yang diundang dan siapa yang tidak diundang. Namun, hal ini memang harus dipikirkan secara matang agar jumlah tamu undangan pernikahan tidak mendadak jadi terlalu banyak dan melebihi kapasitas dana yang bisa kamu siapkan.

  1. Kurang Kreatif

Di antara banyaknya kesalahan dalam mengatur biaya pernikahan, kurangnya kreativitas pengantin biasanya adalah hal yang paling banyak dampaknya. Misalnya, karena banyak pesta pernikahan yang menggunakan mawar merah sebagai dekorasi, sehingga kamu juga mewajibkan pernikahanmu harus menggunakan mawar merah segar.

Padahal, dekorasi menggunakan bunga lain yang sama cantiknya tetapi dengan harga yang lebih murah juga bisa dilakukan. Selain itu, dekorasi dengan memakai ornamen lain yang unik seperti barang minimalis juga bisa menjadikan pesta pernikahanmu sesuatu yang berkesan untuk dikenang.

Jadi sudah jelas, apa saja hal-hal yang bisa membuat biaya pernikahan jadi membengkak. Jika kamu sedang mempersiapkan acara pernikahan, jangan lupakan poin-poin di atas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *