Jadikan Cincin Nikah Simple Kamu Lebih Elegan!

Jadikan Cincin Nikah Simple Kamu Lebih Elegan!

Dewasa ini cincin nikah simple semakin digemari. Kecenderungan pasangan milenial untuk tampil dengan aksesoris minimalis, tapi tetap elegan pun menjadi pendukung tren ini untuk menjamur. Akan tetapi, tak jarang pasangan merasa kebingungan untuk menentukan desain cincin nikah, lantaran merasa desain yang ada hanya itu-itu saja. Tentunya, setiap pasangan ingin model cincin yang unik untuk menghindari insiden cincin kembar.

Dari sisi bentuk, terdapat enam model cincin nikah simple yang bisa menjadi acuan. Yang pertama adalah bentuk cincin nikah flat atau datar. Ditandai dengan garis bagian luar yang tegas dan permukaan yang rata, cincin ini cocok bagi pasangan modern yang menyukai desain minimalis. Jauh dari kesan berlebihan, cincin flat ini sering dipilih pengantin laki-laki. Pengantin perempuan pun tak perlu khawatir, dengan aksen sebuah berlian atau batu mulia lainnya, model ini pun akan terlihat elegan. Kemudian, cincin berpermukaan cembung (high-domed) pun bisa menjadi alternatif cincin nikah simple. Alih-alih memiliki permukaan datar, cincin terlihat manis dengan permukaan yang cembung dan tanpa hiasan ukiran apapun. Pasangan pun bisa memberikan aksen sebuah berlian untuk menambah kesan manis. Model cincin yang klasik ini tak lekang waktu. Selain kedua bentuk cincin tersebut, ada juga bentuk round-edge. Desain ini memiliki ciri garis bagian luar yang membulat dan permukaan yang cembung dengan hiasan ukiran atau pola. Aksen tersebut membuat cincin model ini terlihat lebih mewah.

Model cincin nikah simple keempat adalah cincin dengan permukaan kasar. Desain ini sedang naik daun. Bila banyak pasangan memilih dengan permukaan halus, memilih cincin yang terlihat seperti batu alam dengan kesan rustic akan membuat hari spesial semakin unik. Karena pernikahan adalah untuk saling melengkapi, banyak pengrajin yang menciptakan desain istimewa. Bila diletakkan berdampingan, kedua cincin akan menampakkan sebuah bentuk. Di samping bentuk hati yang sudah kian mainstream, pasangan bisa memesan cincin yang menampilkan simbol infinity ketika disandingkan. Romantis, bukan? Bentuk cincin nikah simple yang terakhir adalah kepang. Desain ini feminin dan cocok bagi pengantin perempuan. Aksen kepang biasanya terdapat pada separuh tubuh cincin pada bagian depan untuk menambah kesan lembut dan manis, tapi tetap simple.

Selain bermain dengan ragam bentuk, pasangan pun bisa memilih warna cincin nikah simple mereka. Selain warna emas yang klasik, warna keperakan yang modern, femininnya rose gold, bahkan hitam nan elegan pun akan menyempurnakan hari bahagia. Pasangan bisa mengombinasikan dua warna pada satu cincin, seperti emas dan emas putih yang akan terlihat mewah pada cincin round-edge. Banyak pula artisan cincin nikah yang membuat cincin dengan warna berbeda bagi pengantin laki-laki dan perempuan.

Cincin Nikah Simple dengan Material Selain Emas

Jika bosan dengan cincin nikah simple berbahan emas, cincin kuningan dan tembaga pun menampilkan warna yang manis. Kemudian, cincin perak bisa menjadi pilihan yang luwes. Pasangan bisa mempertahankan warnanya atau memesan cincin nikah pada pengrajin yang mampu membuat plating rhodium pada tubuh cincin. Proses ini akan membuat cincin perak menjadi hitam dengan kesan unik apalagi bila dikombinasikan dengan desain berpermukaan kasar.

Pasangan pun dapat menyesuaikan batu mulia yang akan digunakan untuk cincin nikah simple mereka. Mulai dari ukuran, jumlah, dan bentuk batu mulia pun bisa disesuaikan menurut selera dan kepribadian pengantin. Bila pasangan memiliki selera klasik, cincin solitaire dengan satu berlian akan sangat cocok. Cincin cembung yang sederhana, cocok dipilih untuk memfokuskan pandangan pada berlian pada sisi depan.

Untuk menjaga berlian cincin nikah simple tetap pada tempatnya, terdapat dua jenis pengaman yaitu kaitan atau bezel. Kaitan pun memiliki dua macam, empat atau enam kait. Empat kaitan membuat berlian terkesan berbentuk persegi dan memberikan banyak ruang bagi pantulan cahaya, sehingga berlian pun terlihat lebih cemerlang. Sedangkan, cincin dengan enam kaitan akan membuat berlian terlindung lebih aman dan menambah kesan bundar meski mengurangi pantulan cahaya. Kemudian, cincin nikah simple dengan pelindung bezel pun bisa dipertimbangkan oleh pasangan yang aktif dan sering berkegiatan di luar ruangan. Sebab, seluruh tepi berlian dilindungi oleh logam cincin yang menjadikan berlian tersebut aman dan tampak manis dengan tepi yang halus.

Disamping itu, pasangan bisa memilih variasi bentuk dan jenis batu mulia bagi cincin nikah simple. Bentuk oval, emerald, marquise, dan hati bisa menjadi pilihan. Tak ingin berlian putih? Tenang, berlian kuning, biru, dan hitam pun mampu menambah anggun dan elegan desain cincin yang dipilih. Batu sapphire pun bisa menjadi alternatif yang menarik.

Selama ukuran batu mulia disesuaikan dengan model cincin nikah simple, menambah jumlah berlian tidak akan menimbulkan kesan berlebihan. Cincin dengan tiga berlian di bagian depan akan terlihat mewah dan elegan, tetapi sederhana bila pasangan mengombinasikannya dengan bentuk cincin yang tepat, misal cincin cembung dengan satu berlian di tengah dan dua berlian lagi yang berukuran lebih kecil. Pasangan bisa juga menempatkan tiga berlian kecil secara vertikal pada tubuh cincin nikah simple untuk membuatnya tampak modern. Bahkan, deretan berlian kecil berukuran seragam pada separuh permukaan cincin nikah pun tampak cantik tanpa terlihat berlebihan.

Terakhir, sah-sah saja memilih cincin nikah tanpa berlian berbentuk cembung nan klasik. Desain ini nyaman karena pasangan tidak perlu khawatir dengan lepasnya berlian. Bila Anda percaya pada filosofi abadi cincin polos yang menyimbolkan cinta tanpa ujung, cincin yang sederhana adalah pengingat setia selepas hari istimewa.

DImana bisa mendapatkan cincin nikah yang simple namun tetap elegan? Anda bisa mendapatkannya di Toko Cincin Nikah terbaik di Jakarta, V&Co Jewellery. Datangi langsung tokonya di Melawai Plaza atau Cikini Gold Center atau bisa juga memilih via online di websitenya V&Co Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *