5 Tips Penting Sebelum Membeli Cincin Nikah Emas

5 Tips Penting Sebelum Membeli Cincin Nikah Emas

Salah satu hal penting yang harus disiapkan sebelum menikah adalah membeli cincin nikah emas. Bagaimana tidak penting? Cincin pernikahan merupakan simbol utama ikatan cinta. keberadaannya pun menjadi hal wajib dalam setiap upacara pernikahan.

Saat ini banyak sekali toko perhiasan maupun online shop yang menjual cincin nikah emas dengan beraneka bentuk, ukuran, dan harga. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli, kita juga harus tau apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli cincin nikah emas yang sesuai dengan keinginan kita tersebut. Berikut 5 tips penting yang bisa kamu ikuti sebelum memutuskan untuk membeli cincin nikah emas impianmu:

  • Referensi dan Rekomendasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli cincin nikah emas adalah mencari referensi. Kamu bisa mendapatkan referensi dari banyak sumber, jangan hanya satu sumber saja. Kamu bisa mencoba mencari di website, sosial media, majalah, buku, dan toko offline maupun online. Dengan melakukan riset kamu jadi benar-benar tahu mana cincin nikah emas yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Selain Referensi, kamu juga bisa meminta rekomendasi dari orang-orang yang kamu percayai. Di sekitar kita, pasti ada beberapa yang sudah berpengalaman dalam urusan membeli cincin nikah emas. Bisa jadi orang tua, saudara, teman dekat, atau bahkan artis idola. Akan tetapi, jangan lupa juga untuk meminta pendapat pasanganmu tentang pilihan cincin nikah emas tersebut. Usahakan untuk mencari cincin nikah emas sejak 30 hari sebelum hari pernikahan, agar kamu bisa memastikan desain, ukuran, bentuk serta harganya memang sesuai dengan keinginan serta anggaranmu.

  • Menyesuaikan Anggaran

Setelah kamu melakukan riset dengan mencari referensi dan mendapat rekomendasi, saatnya menyesuaikan dengan anggaran yang dimikili. Tentunya karena yang akan dibeli adalah cincin nikah emas, biaya yang perlu disiapkan sedikit mahal, terutama karena kamu harus membeli sepasang.

Tidak perlu memaksakan diri untuk membeli yang terlalu mahal, sesuaikan saja dengan anggaran yang kamu tetapkan dan pilih setelah membandingkan harga di beberapa toko. Satu hal yang perlu diingat, jangan mudah tergiur dengan tawaran harga yang murah. Belum tentu cincin nikah dengan harga yang murah tersebut benar-benar terbuat dari emas murni. Itulah mengapa mencari referensi sangat penting sebelum membeli cincin nikah emas.

  • Menentukan Desain dan Model

Karena cincin nikah emas ini akan digunakan seumur hidup, umumnya cincin nikah didesain sesuai permintaan pelanggan agar memiliki nilai personal bagi pemakainya. Kamu bisa menentukan sendiri model dan desain cincin nikah yang akan kamu gunakan di hari bahagiamu. Pastikan buat desain yang modern agar di masa yang akan datang cincin nikah tersebut tetap cantik untuk dikenakan.

Beberapa model cincin nikah emas yang sedang tren di kalangan pengantin modern adalah model cincin dengan satu mata. Model ini sering digunakan banyak orang karena kesederhanaannya.

Model lainnya yang bisa menjadi alternatif adalah cincin dengan nama pasangan yang juga banyak digunakan para pasangan pengantin, baik sejak dulu dan bahkan hingga sekarang. Selain itu, masih banyak model atau desain cincin yang bisa kamu cari atau kamu tanyakan kepada desainer cincin nikah agar momen pernikahanmu bisa menjadi semakin berkesan.

Selain untuk alasan estetika karena bisa memberi kesan elegan ketika dipakai, cincin kawin emas juga bisa menjadi investasi berharga yang menguntungkan. Namun, ada hal lain yang harus diperhatikan jika kamu akan membeli cincin nikah emas, yaitu soal kenyamanan dan keamanan. Pilih model atau desain cincin nikah yang sederhana, nyaman digunakan, dan tidak terlalu mencolok. Desain yang sederhana membuat cincin yang mudah dibersihkan dan dirawat. Jika perlu, kamu bisa memesan cincin nikah emas di toko yang juga memberikan jasa perawatan, pemolesan ulang, penyesuaian ukuran, serta pencucian emas agar bisa sekali waktu menggunakan jasanya untuk menjaga kilau cincin nikah emas yang akan kamu kenakan bersama pasangan.

  • Perhatikan Kadar Emas yang Dimiliki

Kadar emas dalam sebuah cincin sangat beragam. Namun, untuk cincin nikah emas, pilihkan cincin dengan kadar emas 18 karat atau cincin dengan kandungan emas hingga 75% dibanding logam lain yang ada di dalamnya. Cincin emas dengan kadar 24 karat merupakan cincin dengan kandungan emas murni hingga 99% sehingga cenderung terlalu lunak dan mudah berubah bentuk.

Sebaliknya, cincin emas berkadar 18 karat memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap benturan. Bentuk dan warnanya sendiri tidak akan berubah terlalu jauh dibanding cincin emas 24 karat meski digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Tentunya kamu tidak ingin jika cincin nikah emas yang sangat berharga tersebut berubah bentuk atau memudar seiring waktu penggunaannya, bukan?

  • Perhatikan Kualitas Cincin Pilihanmu

Ketahui kualitas cincin nikah emas tersebut baik atau tidak. Kamu bisa mengetahuinya dengan melihat kualitas dari toko perhiasan yang menjualnya. Baik toko offline maupun toko perhiasan online, belilah cincin emas hanya di toko perhiasan dengan reputasi yang baik. Jika masih kurang yakin, kamu bisa mencoba mencari rekomendasi dari orang-orang lain di sekitarmu.

Memilih cincin nikah emas memang gampang-gampang susah. Tentunya menemukan desain yang menjadi impian akan lebih mudah jika kita bisa memasukkan desain sendiri untuk dibuat oleh toko emas yang kita pilih, tetapi cara seperti ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit pula. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membeli cincin yang sudah jadi dan hanya melakukan penyesuaian kecil seperti mengukir namamu dan pasangan atau tambahan-tambahan lainnya. Namun, agar kamu tidak menyesal di kemudian hari, pastikan kamu menjadikan 5 tips di atas sebagai panduan saat memilih cincin nikah emas, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *