Investasi Emas, Pilihan Menabung Modern bagi Generasi Millennial

Investasi Emas, Pilihan Menabung Modern bagi Generasi Millennial

Masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang investasi emas, apakah investasi ini menjadi pilihan menabung yang aman dan menguntungkan, atau justru merugikan. Pertanyaan ini bahkan juga melintas di benak mereka yang berasal dari generasi millennial. Beberapa tahun terakhir, generasi ini memang menjadi pusat perhatian di berbagai belahan dunia.

Bagaimana tidak, generasi yang dalam waktu 5–10 tahun ke depan akan mengisi berbagai peranan penting dalam pertumbuhan sebuah negara ini kerap dianggap tidak mampu untuk menabung. Anggapan ini muncul beriringan dengan kemajuan teknologi internet yang mengubah gaya hidup generasi ini cenderung ke arah perilaku konsumtif. Tidak heran jika ada image yang melekat bahwa generasi millennial tidak gemar menabung, terlebih lagi menabung merupakan sesuatu yang secara teknis sulit dilakukan dan membutuhkan waktu untuk mencapai target.

Untungnya, menabung tidak hanya bisa dilakukan dengan sekadar menyimpan uang kemudian menunggunya hingga berbunga untuk beberapa saat hingga dapat ditarik. Ada juga pilihan menabung lainnya yang lebih cocok untuk millennial, yaitu investasi. Dengan investasi, generasi millennial bisa mulai mengubah cara menabung dari cara konvensional yang membutuhkan waktu menjadi cara baru yang lebih modern. Selain itu, investasi juga bisa dilakukan pada berbagai aset, salah satunya adalah investasi emas. Ada beberapa hal yang membuat investasi emas menjadi pilihan menabung yang menguntungkan bagi generasi millennial:

  • Risiko terpengaruh inflasi yang kecil

Menabung emas menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk belajar berinvestasi dengan resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan pilihan investasi lainnya yang tersedia. Hal ini karena nilai intrinsiknya yang tinggi, tetapi dengan persediaan terbatas sehingga membuat permintaan akan emas selalu tinggi dari tahun ke tahun. Selain itu, emas sangat berguna apabila kita menghadapi keadaan yang darurat karena sifatnya yang “cair” atau mudah dijual kembali tanpa perlu menunggu kurun waktu tertentu.

  • Sudah didukung dengan kemajuan teknologi era digital

Membeli untuk menabung emas saat ini tidak terlalu repot. Cukup datangi outlet atau tempat penjualan emas tertentu. Selain itu, sekarang juga sudah ada beberapa platform digital yang memudahkan semua orang untuk melakukan pembelian emas dan tentunya juga tepercaya, baik platform digital milik pemerintah maupun swasta. Hanya dengan mengunduh aplikasi khusus untuk jual beli emas, aset kita bisa bertambah melalui beberapa sentuhan jari. Platform semacam ini juga memudahkan kita untuk melakukan investasi emas, terutama dengan anggaran yang tidak terlalu besar, tetapi tetap cukup untuk berinvestasi dalam bentuk emas. Mudah, bukan?

  • Belajar untuk sabar demi hasil yang lebih baik dan besar

Investasi emas, sama seperti kebanyakan investasi lainnya, bukanlah sesuatu yang bisa memberikan return cash flow dalam waktu singkat. Namun, kita akan memiliki capital gain atau mendapat keuntungan dalam bentuk nilai intrinsiknya yang semakin tinggi seiring berlalunya waktu.

Ilustrasi yang kerap digunakan adalah menanam biji apel di mana untuk mendapatkan pohon apel yang besar, kita membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun, ketika saatnya panen, Anda bisa mendapatkan banyak buah apel sekaligus. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengharapkan memanen satu buah apel saja dalam waktu semalam setelah menanamnya, bukan? Sama halnya dengan investasi emas, investasi ini  akan sangat berguna apabila dilakukan dalam jangka panjang secara konsisten, bukan untuk mendapatkan hasil yang banyak dengan sistem kebut semalam. Namun, jangan berkecil hati, waktu tunggu yang lama ini justru bisa juga menjadi media untuk belajar menabung dan memahami bahwa kita membutuhkan kesabaran untuk meraih sesuatu yang lebih besar dan lebih baik di masa mendatang.

  • Tidak perlu takut akan ketinggalan zaman

Investasi emas tidak harus selalu dilakukan dalam bentuk emas batangan, tetapi juga bisa berupa perhiasan emas yang bisa kita kenakan kapan saja. Dengan demikian, Anda juga masih bisa menabung dan melakukan investasi, sekaligus tampil modis dengan mengikuti perkembangan fashion terkini tanpa perlu takut ketinggalan zaman karena dana yang tadinya ingin digunakan untuk menunjang penampilan justru harus ditabung. Bisa dibilang justru mereka yang tidak mengerti pentingnya investasi emas yang ketinggalan zaman, lho!

Banyak bukan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan investasi emas? Aset Anda sudah pasti aman ketika terjadi krisis maupun bencana di masa mendatang karena emas sendiri merupakan salah satu jenis logam mulia yang awet dan mudah dicairkan. Namun, perlu dicatat bahwa emas merupakan barang, sehingga tetap perlu proses dalam mencairkannya, yaitu dengan menjual ulang. Anda tidak perlu khawatir, tentu saja, karena sifatnya yang cair membuat emas dapat dicairkan kapan saja sesuai kebutuhan.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi emas? Bagaimana jika saya menunggu sedikit lebih lama hingga harga emas turun lebih banyak? Jawabannya adalah sekarang! Harga emas akan sangat sulit sekali turun drastis dan justru akan meningkat setiap tahunnya. Sehingga sekarang merupakan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi dalam bentuk emas. Perlu diingat bahwa emas juga tidak mudah terpengaruh oleh inflasi dan situasi global, jadi emas dapat melindungi nilai aset Anda di masa depan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *