Cara Menunjukkan Cinta Pada Pasangan

Gimana Sih, Cara Menunjukkan Cinta Pada Pasangan?

Memang benar, hubungan cinta tidak hanya sekedar “I Love You” semata, tetapi hubungan butuh cara menunjukkan cinta dengan kata-kata itu. Walaupun kamu sudah sering menunjukkan cinta pada pasangan melalui tindakan, kamu tetap perlu melafalkannya.

Setiap kamu katakan cinta pada pasanganmu, walaupun ia tidak menunjukkannya, hatinya pasti berbunga-bunga. Tidak berarti hanya dengan sering mengungkapkan cinta berarti rasa cintamu sudah tersalurkan padanya, cinta tetap butuh tindakan dan tidak hanya ucapan semata. Cara menunjukkan cinta salah satunya ya memang dengan mengutarakannya secara langsung, “aku sayang kamu.”

Saying I love you
Is not the words I want to hear from you
It’s not that I want you
Not to say, but if you only knew
How easy it would be to show me how you feel
More than words is all you have to do to make it real”
– Westlife, More Than Word

Benar yang dikatakan lirik lagu Westlife ini, bukan? Kata-kata “aku cinta padamu” saja tidak cukup untuk menunjukkan rasa cintamu padaku. Bukan berarti aku tidak ingin mendengarkan kata-kata itu darimu. Namun, harusnya kau tahu kalau kamu bisa dengan mudah menunjukkan rasa cinta itu dengan tindakan!

Tidak membantah ucapannya

Tidak membantah ucapan pasangan mungkin jadi cara menunjukkan cinta yang sedikit sulit. Setiap orang pasti punya egonya masing-masing. Seringkali dengan atau tanpa kamu sadari, kamu membantah ucapan pasanganmu, bahkan dengan kata-kata yang tidak enak didengar atau dengan nada tinggi.

Hati-hati ya, kamu bisa membuat pasanganmu tidak suka, marah, bahkan ilfeel dengan sikap yang seperti itu. Jika kamu cinta pada pasanganmu, seharusnya kamu bisa mengendalikkan egomu, jangan membantah ucapannya! Jika ada perkataannya yang tidak kamu setujui, katakanlah baik-baik, lembut dan sopan!

Mendengarkan ceritanya

Dengarkan pasanganmu saat ia bercerita padamu, ini cara menunjukkan cinta yang sangat ampuh. Jika pasanganmu bercerita padamu, jangan kamu potong-potong ceritanya, apalagi kamu jadi ikut-ikutan bercerita dan malah membahas hal lain.

Jangan juga tunjukkan kalau kamu bosan, atau kamu malah mengecek ponsel saat ia bercerita. Pasanganmu aku sedih, kesal, atau malah bisa marah diperlakukan seperti itu. Ia juga akan merasa kamu tidak begitu mencintainya karena kamu tidak mendengarkan ceritanya dengan serius.

Bercerita dan minta pendapat padanya

Cara menunjukkan cinta dengan sering bercerita dan meminta pendapat pada pasanganmu ini, selain dapat membuat hubungan kalian semakin dekat, pasanganmu juga akan merasa menjadi orang yang benar-benar penting untukmu. Jadi, jangan pernah segan untuk berbagi cerita dan meminta saran juga pendapat padanya ya!

Jujur dan terbuka

Jika kamu selalu jujur dan terbuka pada pasanganmu, ia pasti dapat merasakan rasa cintamu padanya. Lagi pula, hal-hal apa sih yang perlu disembunyikan dari pasanganmu? Sikap tidak jujur dan tertutup pada pasangan justru malah dapat menimbulkan masalah loh.

Peduli pada keluarganya

Cara menunjukkan cinta yang satu ini harus kamu lakukan. Tujukkan pedulimu pada keluarga pasanganmu. Anggap keluarganya adalah keluargamu! Jika kamu peduli pada keluarga pasanganmu, selain ia dapat melihat rasa cintamu padanya, ia juga pasti sangat bahagia dan rasa cintanya padamu juga bertambah!

Minta maaf

Minta maaf ini terkadang rasanya sulit sekali, bukan begitu? Saat kamu salah pun, terkadang enggan meminta maaf. Apalagi kalau tidak salah? Nah, ini dia tantangannya dan ini dia cara menunjukkan cinta yang paling oke. Minta maaflah padanya di saat kamu salah dan juga saat kamu tidak salah! Jangan biarkan masalah berlarut-larut hanya karena ego kalian sama-sama tinggi. Saat kamu minta maaf padahal kamu tidak salah, pasanganmu pasti melihat rasa cintamu yang tulus padanya.

Tunjukkan kamu bangga padanya

Setiap orang punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Setiap orang juga punya suatu hal yang ia banggakan dari dirinya sendiri, pasanganmu pun begitu. Cara menunjukkan cinta di sini, pertama-tama kamu harus tahu hal apa yang paling pasanganmu banggakan dari dirinya dan support dia, tunjukkan kalau hal itu juga membuatmu bangga padanya! Jangan membuat dia down karena kamu tidak menganggap hal yang ia banggakan dari dirinya itu tidak patut dibanggakan. Begitu juga dengan hal-hal lain yang ia kerjakan, selalu tunjukkan kalau kamu merasa ia hebat dan kamu bangga padanya!

Maafkan kesalahannya

Setiap orang pasti pernah berbuat salah, baik kamu maupun pasanganmu. Memaafkan kesalahan pasangan adalah cara menunjukkan cinta yang sangat penting. Saat pasanganmu berbuat salah dan ia meminta maaf, tunjukkan padnaya kalau kamu memaafkannya dengan tulus. Maafkan ia dan berikan senyuman terbaikmu! Bisa juga kamu tambahkan dengan pelukan dan ciuman!

Pujilah ia sesering mungkin

Jangan berlebihan, tetapi kamu harus sering memuji pasanganmu. Ini adalah cara menunjukkan cinta yang perlu kamu lakukan. Saat kamu memujinya berarti kamu memberinya perhatian dan support! Selain cintamu dapat tersalurkan padanya, kamu juga dapat membuat pasangamu bahagia dengan sering memujinya.

Jangan membandingkannya dengan orang lain

Jangankan ia, kamu pun tidak akan senang jika dibanding-bandingkan dengan orang lain, bukan? Hal ini termasuk berbahaya jika kamu lakukan. Bukan hanya sekedar cara menunjukkan cinta saja, tidak membanding-bandiingkan pasanganmu dengan orang lain juga jadi cara menjaga agar hubunganmu dan pasangan tetap awet dan bahagia.

Jangan bermain ponsel ketika ia mengajakmu berbicara

Apapun yang sedang kamu kerjakan dengan ponselmu, berhentilah dan letakkan ponselmu ketika pasanganmu berbicara padamu. Jika sesuatu di ponselmu benar-benar tidak bisa kamu tinggalkan, minta maaf dan katakan padanya dengan lemah lembut “sayang, maaf, sebentar saja.” Atau apapun kata-kata itu, yang penting jangan sampai kamu sibuk dengan ponselmu saat pasanganmu mengajakmu bicara, kamu akan sangat menyakitinya. Apalagi jika kamu tidak mengabaikannya saat ia sedang berbicara! Cara menunjukkan cinta ini tidak sulit kok, apalagi jika kamu benar-benar memahami bahwa hati pasanganmu lebih penting dari sekedar urusan dengan ponselmu.

Jangan mengkritiknya di depan orang

Bukan hanya sekedar cara menunjukkan cinta, tidak mengkritiknya di depan orang juga merupakan salah satu cara untuk menunjukkan padanya kalau kamu menghargainya. Kamu dan pasangan punya banyak waktu berdua, kenapa harus memberikannya kritik di depan orang? Baik di depan keluarganya, apalagi di depan keluargamu, jangan memberi kritik pada pasanganmu di depan orang lain!

Jangan gunakan kata-kata kasar saat bicara dengannya

Walaupun itu hanya candaan sekalipun, jangan pernah menggunakan kata-kata kasar saat berbicara dengan pasanganmu. Selain memang tidak pantas, jika kamu dan pasangan terbiasa berkata kasar, bagaimana dengan anak-anak kalian? Anak-anak itu meniru orang tuanya!

Kurangi mengeluh

Tidak terlalu sering mengeluh, apalagi mengeluh mengenai hal-hal yang tidak penting, juga adalah cara menunjukkan cinta pada pasangan. Lagi pula, jika kamu terlalu sering mengeluhkan hal-hal yang tidak penting, pasanganmu akan bosan dan bisa jadi malah tidak memerhatikan keluhanmu yang lainnya, yang sebetulnya penting!

Temani dia melakukan hobinya

Walaupun kamu tidak tertarik dengan hobinya, sesekali temanilah ia melakukan hobinya!

Tampil cantik di hadapannya

Jangan hanya berdandan cantik saat akan keluar rumah, justru seharusnya kamu berdandan dan tampil cantik saat sedang berdua dengannya! Jika kamu ingin mengatakan aku berdandan untuk diriku sendiri dan bukan untuk orang lain, baiklah. Namun, jika berdandan dan tampil cantik di depan pasangan adalah cara menunjukkan cintamu padanya dan cara membuatnya bahagia, kenapa tidak?

Jangan ceritakan aibnya pada orang lain

Walaupun kamu dan pasanganmu sedang bertengkar besar, sampai-sampai kamu pulang ke rumah orang tuamu, jangan pernah ceritakan aibnya pada orang tuamu, jangan ceritakan aibnya pada siapapun! Jangan ceritakan hal-hal yang bisa membuat orang tua dan keluargamu jadi membencinya. Suatu saat nanti, jika kamu berbaikan dengan pasangan, hal-hal yang sudah kamu ceritakan pada keluargamu dan orang lain tidak pernah bisa kamu hapus. Orang-orang tersebut akan tetap mengingatnya, bahkan mereka mungkin akan membenci pasanganmu! Kamu akan membuat hubungan keluargamu dengan pasanganmu jadi tidak baik.

Turuti nasihatnya

Setiap orang punya ego masing-masing. Jangan biarkan egomu terlalu besar saat berhadapan dengan pasanganmu. Turutilah nasihatnya jika itu baik, walaupun sulit rasanya. Ini juga cara menunjukkan cinta kamu padanya.

Jangan membentaknya

Belajarlah untuk selalu berbicara tanpa emosi. Jangan biarkan emosimu memegang kendali atas dirimu, kamu yang harus memegang kendali tersebut. Jangan pernah membentak pasanganmu, jika ada masalah selesaikan dengan cara yang lebih baik. Jangan tunjukkan kesal dengan membentak, hasilnya tidak akan baik.

Jangan selalu mendudukkan diri sebagai korban

Jangan selalu bersikap kalau kamu adalah korban dari setiap masalah. Setiap orang pasti berbuat salah, dan begitu pula denganmu. Sebetulnya, saat kamu memang korban, tetaplah jangan playing victim. Selesaikan masalah baik-baik. Itu juga jadi cari menunjukkan cinta pada pasanganmu.

Jangan mengatakan hal buruk tentangnya di depan orang

Selalu katakan hal positif tentang pasanganmu di depan orang juga adalah cara menunjukkan cinta kamu padanya. Lagipula, untuk apa sih mengatakan hal tidak tidak atau sesuatu yang negatif tentang pasanganmu di hadapan orang lain?

Jangan lupa berterima kasih

Mungkin hal ini jadi hal sepele karena kamu dan pasangan hidup bersama. Namun, berterima kasih pada pasangan ini juga cara menunjukkan cinta kamu padanya. Katakan terima kasih padanya atas apa saja yang dia lakukan padamu, baik itu hanya sekedar mengambilkanmu segelas air hangat.

Jangan memerintahnya

Ingat untuk selalu katakan “tolong.” Jangan pernah memerintahnya, apalagi di hadapan orang! Kamu akan menjatuhkan harga dirinya.

Sering-seringlah tersenyum padanya

Sebuah senyuman saja sudah dapat menyejukkan hati. Sering-seringlah berikan senyuman pada pasanganmu ya! Selain cara menunjukkan cinta, senyum juga ibadah!

Katakan kamu bahagia bersamanya

Sering-seringlah katakan padanya kalau kamu bahagia dan merasa sangat bersyukur bisa jadi pasangannya!

Sebut ia dalam doa-doamu

Cara menunjukkan cinta yang satu ini mungkin dia tidak akan tahu, tetapi Tuhan-mu tahu. Doakan selalu hal-hal baik untuknya. Berdoa juga untuk kebahagian kalian berdua sekarang dan selamanya!

Ini dia cara menunjukkan cinta yang bisa kamu praktikan! Sebetulnya banyak lagi hal-hal lain yang bisa kamu lakukan agar rasa cintamu padanya tersalurkan. Coba kamu pikirkan dan praktikan juga ya. Semoga hidupmu dan pasangan selalu bahagia!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.