Tipe Mertua Seperti Apa Orangtua Pasanganmu?

Ingin Mengambil Hati Orang Tua Pasanganmu? Cari Tahu Mereka Termasuk Tipe Mertua Seperti Apa!

Setiap orang punya karakter dan sifat yang berbeda-beda, cara bonding dengan orang lain pun tidak selalu sama, kamu harus tahu dulu bagaimana karakter mereka dan tipe mertua dari orangtua pasanganmu, hal apa yang mereka sukai dan tidak disukai, juga apa yang bisa membuat mereka senang padamu.

Nah, untuk dapat berbaur dan berhubungan baik dengan mertuamu, kamu harus tahu dulu ayah dan ibu mertuamu termasuk tipe mertua seperti apa. Simak tipe-tipe mertua berikut inI!

  • Tipe mertua santai

Tipe yang pertama ini adalah yang paling asyik. Mereka tipe yang tidak memberi jarak antara menantu dan mertua, mereka santai saja. Mereka tidak akan mengatur-atur anaknya, harus begini dan begitu. Mereka juga tidak akan ikut campur urusan keluarga anak-anaknya. Mereka tahu kalau anaknya sudah berkeluarga berartilah urusan keluarganya bukan lagi jadi urusan mereka. Tipe mertua santai juga tidak mudah tersinggung atau marah, semuanya di bawah dengan santai.

Menyenangkan ya punya mertua seperti ini? Namun, jangan mentang-mentang mereka santai lalu kamu bisa berbuat semaumu ya! Tunjukkan kalau kamu menghargai dan menyayangi mereka. Beri mereka perhatian dengan sering mengirimkan pesan atau menelpon menanyakan kabar. Jangan hanya menanyakan kabar sih, kamu juga bisa menceritakan banyak hal pada mereka! Karena karakternya yang santai, pasti menyenangkan berbagi cerita bersama kedua mertuamu ini. Jangan lupa berikan mereka kejutan-kejutan kecil dan lakukan hal-hal yang membuat mereka senang. Jika kamu tidak tahu apa yang bisa buat mereka senang, tanyakan saja langsung, santai saja!

  • Tipe mertua cool

Tipe yang satu ini kadang buat para menantunya salah paham. Karena karakter mereka yang dingin, mereka akan terlihat acuh tak acuh akan keberadaanmu. Saat kamu sapa atau ajak bicara, respon mereka juga pasti singkat-singkat saja. Kesannya seperti mereka tidak menyukaimu, padahal tidak loh, itu karena memang sifatnya saja yang seperti itu. Jangan tersinggung atau berpikir yang tidak-tidak ya!

Bagaimana ya cara bonding dengan tipe mertua cool seperti ini? Caranya mudah kamu jangan pantang menyerah dan tentunya jangan mudah tersinggung! Jangan pedulikan reaksi dan tanggapan mereka, teruslah lakukan hal-hal yang dapat membuat mereka senang, misalnya membuatkan minuman saat mereka sedang duduk membaca, atau masakkan makanan kesukaan mereka. Kamu juga bisa mencoba memijat kaki mertuamu saat mereka terlihat lelah. Dan yang terpenting, sering-seringlah menyapa dan tersenyum pada mereka!

  • Tipe mertua perhatian

Kamu bisa mengatakan mertuamu tipe yang perhatian, jika mereka sering menelpon atau mengirimkan pesan padamu, sekedar untuk menanyakan kabar. Mereka juga akan menanyakan hal-hal kecil tentang suamimu atau anak-anakmu, misalnya “Alicia (anakmu) makan apa saja hari ini?” “kemarin Brian (suamimu) pulang jam berapa?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Saat bertemu pun mereka akan begitu memperhatikanmu dan cucu-cucu mereka. Kadang mungkin kamu akan merasa mertuamu terlalu ikut campur, tetapi memang begitulah karakter mereka.

Untuk dapat tetap menjaga hubungan dengan tipe mertua perhatian, kamu harus pandai-pandai bawa diri. Jangan sampai menunjukan kamu tidak menyukai mereka atau malah sampai kurang ajar. Mereka itu orang tuamu juga! Kamu bisa berbicara baik-baik dengan mereka. Jika ada pertanyaan-pertanyaan mereka yang kamu anggap tidak perlu kamu jawab, kamu bisa alihkan pembicaraan, atau menanggapinya dengan candaan. Selalu ada cara kok!

  • Tipe mertua materialistik

Tipe yang ini biasanya tipe-tipe yang takut anaknya sibuk mengurusi keluarganya, sampai-sampai mengurangi jatah uang yang biasanya mereka dapatkan. Bila mertuamu tipe yang materialistik, mereka akan sering meminta uang pada anaknya dan padamu juga. Bahkan tidak hanya uang, bisa juga barang-barang yang ada di rumah dan yang kamu pakai diminta secara tidak langsung olehnya. Tentunya tidak masalah kalau kamu dan pasangan memang punya uang yang cukup untuk memenuhi segalanya, tetapi jika tidak, bagaimana? Yang perlu kamu dan pasangan lakukan adalah katakan hal yang sebenarnya pada mereka.

Namun, jangan pernah menunjukan sedang kesulitan keuangan jika tidak dalam kesulitan, nanti malah benar-benar kejadian.  Sebaiknya, katakan pada pasanganmu, berikan mereka uang di saat mereka tidak minta! Jadi, di saat mereka minta dan tidak kalian berikan, mereka akan paham kalau kalian benar-benar sedang tidak bisa menyisihkan uang untuk mereka. Kamu jangan sampai kesal dengan tipe mertua seperti ini ya, wajar saja mereka bersikap seperti itu, toh sejak pasanganmu lahir hingga dapat menghasilkan sendiri, orang tuanya yang menghidupinya. Juga, kesuksesan pasanganmu adalah berkat doa kedua orang tuanya juga dan ia wajib menghidupi orang tuanya, apalagi jika orang tuanya memang membutuhkannya.

  • Tipe mertua manja

Jika kamu sering mendapati mertuamu mengirimkan pesan dan menelpon pasanganmu, bahkan berkali-kali dalam sehari, mertuamu adalah tipe mertua manja. Jika mertuamu tipe yang suka ngambek, berarti mertuamu adalah tipe mertua manja. Jika mertuamu tidak begitu suka melihat kamu mesra dengan suamimu, itu berarti mertuamu tipe yang manja.

Tipe mertua manja adalah tipe orang tua yang tidak bisa lepas dari anaknya, mereka takut anaknya “diambil” orang. Padahal memang anaknya sudah “diambil” orang, ya? Tipe mertua ini selalu ingin dimanja dan diutamakan oleh anaknya. Bila punya mertua seperti ini, kamu pasti akan merasa cemburu. Wajar saja sih sebenarnya, tetapi kamu harus ingat, posisi kamu adalah istri dari suamimu. Sedangkan, mertuamu adalah orang tuanya.

Tentunya kasih sayang pada orang tua dan istri berbeda, bukan? Untuk tetap menjaga hubungan baik dengan mertuamu, jangan bermesra-mesraan dengan pasanganmu di depan orang tuanya! Kamu juga harus sering-sering menceritakan pada mertuamu betapa seringnya pasanganmu membicarakan hal-hal baik tentang mereka padanya. Walaupun tidak benar begitu, katakanlah begitu! Kamu akan membuat mereka senang dan rasa cemburu mereka padamu lama-lama akan hilang, mereka juga akan jadi sayang padamu! Tipe mertua manja ini jika sudah sayang pada menantunya, bisa-bisa anaknya sendiri jadi nomor 2 loh!

  • Tipe mertua gaul

Punya tipe mertua gaul ini asyik juga, sebetulnya. Tipe mertua gaul ini adalah tipe-tipe ibu-ibu yang eksis di sosial media dan suka jalan-jalan ke mall! Kamu akan sering melihat mertuamu update status dan share foto di sosial media. Mereka juga suka saling membalas komentar dengan teman-teman mereka. Tidak hanya dengan teman-teman, mereka juga akan sering mengomentari postingan yang kamu dan anak-anak muda yang mereka kenal. Pokoknya mereka gaul!

Kalau kamu tipe yang suka hangout ke mal-mal, kamu pasti senang punya mertua tipe ini. Mereka akan sering ajak kamu jalan-jalan! Seru ya? Namun, mungkin kadang kamu akan merasa lucu melihat keeksisan mereka. Jika kamu bukan tipe yang suka nongkrong dan berhura-hura, jangan pernah membuat mereka tersinggung dengan selalu menolak ajakan jalan-jalan mereka ya!

  • Tipe mertua penurut

Tipe mertua yang satu ini adalah yang cenderung mengikuti apapun yang kamu dan pasanganmu lakukan. Mereka tidak ikut campur, bahkan memberi saran pun tidak! Mereka akan menurut saja dan mengikuti arus. Karena karakter mereka yang seperti ini, bukan berarti kamu bisa memperlakukan mereka seenaknya dan malah kurang ajar ya!

Perlakukan mereka dengan baik. Jika ada apa-apa, mintalah pendapat mereka. Karena jika tidak kamu mintai pendapat dan saran, mereka akan merasa tidak punya hak untuk memberikannya. Jagalah hubungan baik dengan mereka dengan terus berbuat baik dan menghargai mereka ya!

  • Tipe mertua pilih kasih

Tidak jarang ditemukan tipe mertua yang pilih kasih. Ada orang tua yang punya beberapa anak, semuanya sudah menikah dan rasa sayang mereka terlihat sekali berbedanya. Ada anak yang diutamakan dan anak-anak lain di nomor setelahnya. Jika pasanganmu ternyata bukan anak yang dinomorsatukan, bersabarlah. Itu saja kuncinya.

Tanamkan dalam dirimu dan pasangan bahwa kalian sudah seharusnya mandiri dan lepas dari orang tua. Jika mertuamu bersikap tidak menyenangkan saat ada istri-istri dari anak-anaknya yang lain, tetaplah bersabar dan berbuat baiklah padanya. Bisa saja dia lebih menyayangi istri dari anaknya yang lain karena sang istri pandai mengambil hatinya. Kamu juga jangan kalah! Pandai-pandailah mengambil hati mertuamu.

Itu dia beberapa tipe mertua! Mertumu termasuk yang mana? Apapun karakter mertuamu, tetaplah sayangi dan hargai mereka ya! Mereka itu orang tua pasanganmu. Artinya mereka sekarang adalah orang tuamu juga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *