Cincin Tunangan yang Bukan Berlian

Cincin Tunangan yang Bukan Berlian? Apa Sajakah Itu?

Bagaimana memberikan cincin tunangan yang bukan berlian? Tradisi memberikan cincin tunangan bisa ditelusuri hingga ke Mesir Kuno. Bentuk lingkaran cincin melambangkan siklus yang abadi, sedangkan pemakaian cincin di jari keempat tangan kiri berdasarkan pada kepercayaan adanya pembuluh yang mengarah langsung ke jantung. Kepercayaan ini menyebar hingga ke seluruh dunia dan terus berlanjut hingga saat ini.

Cincin tunangan bermatakan berlian putih menjadi cincin favorit di kalangan pasangan yang berniat mengukuhkan hubungan dan menunjukkan keseriusan sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan. Berlian dikenal sebagai batu mulia terkuat, dengan nilai 10 pada skala kekerasan Mohs. Karakteristik berlian menjadikan berlian lambang cinta yang abadi dan murni. Namun, tahukah kamu, kalau di negara-negara lain, batu permata selain berlian sudah banyak dilirik sebagai penghias cincin tunangan? Coba cek cincin-cincin tunangan yang bukan berlian yang sedang menjadi tren di kalangan pasangan muda Eropa dan Amerika!

  • Safir Biru

Safir merupakan permata terkeras kedua setelah berlian dan telah dikenakan sebagai perhiasan sejak zaman Yunani Kuno. Batu safir juga dikenal sebagai batu kelahiran September. Batu safir biru memiliki makna kejujuran, loyalitas, kebijaksanaan, dan vitalitas. Cincin tunangan bermata safir telah banyak dikenakan oleh tokoh terkenal, antara lain Putri Diana dan Kate Middleton.

  • Rubi

Kata rubi berasal dari bahasa Latin, ‘ruber’ yang berarti merah. Legenda mengatakan rubi berasal dari api yang mengeras dan mampu menyulut kobaran api dalam hati. Warna merah pada batu rubi menggambarkan cinta, keberanian, dan gairah. Selain berkaitan dengan cinta, rubi juga dikenal sebagai protektor dari kemalangan dan sakit.

  • Ametis Ungu

Ametis termasuk batu permata yang baru untuk cincin pertunangan, tetapi batu ini sebenarnya telah dikenal sejak zaman Yunani dan Romawi Kuno sebagai pelindung dari hawa nafsu dan penjaga kemurnian. Ametis pada cincin tunangan dimaknai sebagai harapan akan hubungan yang penuh kebahagiaan, kepuasaan, dan kedamaian. Ametis bisa menjadi pilihan menarik buat kamu yang low-budget dan menginginkan cincin tunangan dengan sentuhan personal yang unik.

  • Aquamarine

Aquamarine sebenarnya adalah nama warna yang menggambarkan warna biru lautan yang cerah. Aquamarine sering diasosiasikan dengan komunikasi dan pengertian, cocok untuk menyampaikan keinginanmu  pada pasangan akan hubungan berlandaskan komunikasi. Cincin ini juga bisa jadi pengingat agar kamu dan pasangan selalu menjaga komunikasi setiap harinya.

  • Citrine

Citrine dikenal juga sebagai kecubung kuning, dengan variasi warna dari kuning pucat hingga oranye kecoklatan. Warna citrine yang cerah menjadikan batu ini diasosiasikan dengan energi yang positif. Cincin tunangan berhiaskan batu citrine bisa jadi penanda yang tepat buat kamu yang mengharapkan kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan dalam hubungan.

  • Zamrud

Zamrud atau emerald merupakan salah satu batu mulia yang banyak diminati sebagai cincin nikah di negara barat. Zamrud merupakan pilihan yang menarik untuk cincin tunangan karena melambangkan keberuntungan dan dipercaya dapat menjadikan pemakainya bijaksana dan anti-kecemasan. Zamrud juga dikenal sebagai permata favorit Cleopatra. Zamrud di Mesir melambangkan kemudaan abadi sehingga seringkali dikubur bersama mumi.

  • Delima

Batu delima atau garnet merah telah dijadikan permata penghias cincin pertunangan sejak ribuan tahun yang lalu. Delima tidak hanya melambangkan hubungan yang penuh gairah dan semangat, tetapi juga loyalitas, rasa syukur, dan ketentraman dalam hubungan. Makna yang kontras tersebut menjadikan delima sebagai permata terbaik untuk bagi pasangan yang menginginkan hubungan yang harmonis, seimbang dalam segala aspek, dan penuh rasa syukur terhadap satu sama lain.

  • Kecubung Mawar

Kecubung mawar (rose quartz) kurang diminati sebagai penghias cincin tunangan karena skala kekerasan Mohs yang hanya bernilai 7, menandakan permata ini tidak sekuat berlian atau safir. Namun, kecubung mawar punya makna yang sangat romantis, yang menjadikan permata ini layak dipertimbangkan untuk menghiasi cincin tunanganmu. Permata ini melambangkan keteguhan, kepedulian, komitmen, dan cinta tanpa syarat. Cocok buat kamu yang ingin menunjukkan sisi romantis kepada pasangan.

  • Opal

Opal (atau di Indonesia dikenal juga dengan nama kalimaya) merupakan salah satu, jika bukan, permata terunik dan terindah. Pendar opal menampilkan permainan warna multidimensi yang elok dan tiada duanya. Opal juga diasosiasikan dengan hasrat dan gairah, cinta dan kesetiaan. Fakta unik lain tentang opal, berkaitan dengan tradisi negara barat yang memberikan permata sebagai hadiah ulang tahun pernikahan dan opal merupakan batu untuk ulang tahun pernikahan ke-14.

  • Peridot

Batu permata ini dijuluki ‘evening emerald’ atau zamrud malam karna kilau yang tetap nampak bahkan di malam hari. Ada yang bilang penambang di era Mesir Kuno bisa bekerja di malam hari karena peridot tetap nampak radian. Peridot diyakini membawa kesuksesan dan keberuntungan, sedangkan dalam hubungan peridot dikenal melambangkan hubungan yang kuat dan jauh dari cemburu. Peridot juga dipercaya mampu membantu meredakan emosi. Warna peridot yang hijau terang cocok sebagai pengingat masa-masa ceria selama pacaran dulu.

  • Biduri Bulan

Batu biduri bulan atau yang juga dikenal dengan nama moonstone telah digunakan sebagai penghias perhiasan sejak jaman dahulu kala. Meski sekilas batu ini nampak berwarna putih polos, namun warna gradasi biru yang indah akan terlihat ketika permukaan batu terkena cahaya. Hal ini disebabkan karena adanya fenomena optis yang ditimbulkan oleh cahaya yang dibiaskan ketika melewati lapisan batu biduri bulan, bagaikan cahaya bulan pada permukaan air yang tenang. Batu biduri bulan dipercaya melambangkan hubungan yang langgeng dan kuat dalam menghadapi perubahan.

  • Berlian Kuning

Jika berlian putih menyiratkan/menyimbolkan cinta yang murni, berlian kuning memiliki makna tambahan persahabatan. Cincin tunangan berlian kuning kini tengah banyak diminati karena meskipun unik, berlian ini masih lebih terjangkau dibandingkan dengan berlian merah atau berlian warna lain yang langka dan mahal. Warna kuning yang cerah dikaitkan dengan optimisme dan harapan, sedangkan pada cincin tunangan berlian ini menjadi simbol kekuatan dalam menjalani hubungan. Berlian kuning terutama banyak diminati oleh pasangan yang menginginkan hubungan yang penuh keceriaan layaknya sahabat.

  • Berlian Merah Jambu

Buat kamu yang ingin memberikan hadiah spesial buat pasangan, berlian merah jambu bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghiasi cincin tunanganmu. Berlian merah jambu tergolong batu permata paling langka di dunia. Warna merah jambu yang diasosiasikan dengan cinta, kelembutan, dan kesucian menjadikan berlian ini tidak hanya langka, tetapi juga memiliki makna romantis. Berlian merah jambu pada cincin tunangan seringkali diartikan sebagai harapan akan pernikahan yang sempurna dan penuh kejutan.

Selain batu permata yang telah disebutkan di atas, masih banyak batu permata menarik lainnya seperti tourmaline, tsavorite, tanzanite, dan masih banyak lagi. Keunggulan mengenakan permata selain berlian putih sebagai penghias cincin tunangan tidak terbatas pada keunikan dan simbolisme yang lebih beragam.

Beberapa batu permata yang telah disebutkan di atas dikenal juga sebagai batu kelahiran, seperti zamrud yang merupakan batu kelahiran Mei, atau citrine yang adalah batu kelahiran November sehingga pemilihan cincin tunangan dengan batu kelahiran pasanganmu dapat menunjukkan adanya sentuhan personal dalam pemilihan cincin. Banyak juga pasangan yang memilih cincin tunangan yang bukan berlian. Bagaimana, apakah masih yakin kalau cincin tunangan itu harus dari batu berlian?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *