Rekomendasi Cincin Tunangan Unik bagi yang Ingin Tampil Beda

Cincin tunangan unik kini semakin banyak dicari oleh banyak pasangan. Seperti yang sudah diketahui, cincin tunangan merupakan simbol utama dalam sebuah proses pertunangan. Cincin ini menjadi penanda bahwa kedua belah pasangan sudah memiliki ikatan untuk sama-sama berkomitmen dalam mempersiapkan pernikahan. Oleh karena itu, banyak pasangan mencoba untuk mencari cincin tunangan yang unik, sesuai dengan karakter mereka.

Bagi pasangan yang ingin menjadikan pertunangan mereka sebagai momen yang spesial, cincin tunangan yang unik tentunya akan memberikan warna berbeda yang tak terlupakan. Cincin tunangan sendiri dapat dibuat dari berbagai bahan, mulai dari emas kuning, emas putih, rose gold, platinum, palladium, dan banyak lagi jenis logam lainnya. Setelah menentukan ingin bahan cincin yang ingin dikenakan, kamu juga masih harus memilih bentuk dan model cincin yang cocok untukmu dan juga pasanganmu.

 Jika kamu atau pasanganmu ingin mencari cincin tunangan yang unik untuk membuat momen pertunangan kalian terasa lebih bermakna, kamu bisa mengikuti beberapa rekomendasi berikut sebagai bahan inspirasi.

  • Cincin Tunangan Batik

Batik merupakan motif resmi bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan motif batik yang kini bisa didapati pada berbagai jenis barang, misalnya saja pakaian, selendang, selimut, kain linen, bahkan ada juga barang-barang hiasan lainnya yang menggunakan motif ini. Namun, motif batik untuk cincin tunangan bisa dibilang ide segar yang masih jarang terdengar.

Cincin tunangan unik dengan motif batik ini sangat cocok bagi pasangan yang menyukai benda-benda etnik dan atau untuk mereka yang ingin tampil beda, tetapi tetap terkesan elegan.

  • Cincin Batik Emas Putih

Ada beberapa desain cincin tunangan batik yang bisa dipilih sesuai dengan bahan yang diinginkan. Ada yang terbuat dari emas putih, emas kuning, rose gold, platinum, palladium, dan perak. Namun, harga cincin akan mengikuti bahan dan ukuran cincin yang dipilih, lho!

  • Cincin Tunangan Syahadat
cincin tunangan unik

Cincin yang bertuliskan kalimat syahadat memang sudah sudah banyak yang beredar di pasaran. Namun, untuk cincin tunangan sendiri masih belum banyak yang menggunakan kalimat syahadat. Desain cincin semacam ini bisa menjadi cincin tunangan yang unik karena belum banyak di pasaran.

  • Cincin Tunangan Fingerprint
cincin tunangan unik

Cincin tunangan yang satu ini terbilang sangat unik dan cocok bagi pasangan yang ingin tampil beda di hari pertunangan, tetapi tetap terasa romantis sekaligus manis.

Baca juga:  8 Cincin Batu Mulia Paling Populer

Pada cincin tunangan model fingerprint, sidik jari kedua belah pasangan akan dicetak terlebih dahulu agar sidik jari tersebut dapat dibubuhkan di permukaan cermin. Sidik jari yang bersifat yang pasti berbeda-beda pada setiap orang membuat cincin tunangan ini unik, di mana cincin yang kamu miliki nantinya akan menjadi satu-satunya dan tidak akan ada orang lain yang bisa memiliki cincin yang persis sama dengan cincinmu.

  • Cincin Tunangan Model Rustic
ciincin tunangan unik

Model cincin tunangan yang satu ini merupakan salah satu yang paling unik karena desainnya yang tidak pasaran dan berbeda dari cincin-cincin tunangan pada umumnya. 

Sesuai dengan arti katanya, rustic berarti memiliki suasana pedesaan. Oleh sebab itu, model-model cincin tunangan rustic terinspirasi dari bentuk-bentuk seperti kayu, ranting pohon, atau bahkan tanduk rusa.

Kriteria Cincin Tunangan Unik

Menemukan cincin tunangan yang unik dan menarik merupakan idaman bagi pasangan yang ingin selalu tampil beda dan mengagumkan. Seiring berkembangnya zaman, banyak pasangan yang juga selalu mencari sesuatu yang berbeda, terutama untuk pasangan-pasangan muda yang selalu ingin mencoba sesuatu yang baru. Lalu, sebenarnya apa yang membuat suatu cincin tunangan terasa unik, sih? Yuk, mari kita bahas bersama-sama.

  • Memiliki desain yang dapat disesuaikan keinginan

Sebuah cincin tunangan yang unik biasanya memiliki desain yang berbeda dari kebanyakan desain cincin lainnya. Meski bentuk cincin tetap dibuat melingkar agar dapat dikenakan di jari, desain dan motifnya dapat dibuat berbeda-beda sesuai keinginan pasangan yang akan membeli. Sekarang ini, ada banyak sekali toko cincin tunangan yang melayani pembuatan cincin tunangan dan cincin kawin secara custom.

Pembeli biasanya menjelaskan atau memberikan gambaran cincin tunangan yang mereka inginkan, kemudian perancang perhiasan akan membantu mewujudkan gambaran tersebut sesuai dengan selera kustom dari pelanggan yang memesannya. Namun, pastikan kamu memiliki budget yang cukup jika ingin memesan cincin secara kustom, karena perhiasan yang dibuat secara khusus tentunya akan memiliki harga yang lebih mahal juga.

  • Artistik
Baca juga:  Berbagai Desain Cincin Nikah dan Tunangan yang Jadi Tren 2019

Cincin tunangan yang unik tentunya akan mengandung unsur karya seni atau sesuatu yang berbeda di dalamnya. Cita rasa seni tersebut dapat dilihat dari pahatan atau ukiran yang menghiasi cincin tunangan. Pada umumnya, cincin dengan pahatan atau ukuran yang memiliki nilai seni akan lebih sulit dibuat karena membutuhkan ketekunan dan kesabaran dari pembuatnya. Sulitnya proses pengerjaan tersebut membuat cincin semacam ini akan terasa unik karena tidak bisa diproduksi dalam jumlah banyak. Cincin yang artistik biasanya dibuat khusus oleh perancang perhiasan yang sudah ternama.

  • Antik

Cincin tunangan yang antik atau memiliki kesan tempo dulu juga bisa menjadi salah satu ide segar untuk mencari cincin tunangan yang unik. Desain cincin yang menyerupai cincin model tempo dulu atau terkesan vintage, misalnya saja cincin model rustic atau classic, memiliki pangsa pasarnya sendiri sehingga dapat memunculkan kesan unik dan tidak biasa.

  • Digunakan oleh selebritas atau tokoh terkenal

Saat ini sedang populer juga pasangan yang mencari cincin tunangan dengan mengikuti tren dari cincin tunangan atau cincin kawin yang digunakan oleh selebritas ternama atau tokoh terkenal. Sebagai contoh, banyak pasangan yang mencari cincin tunangan yang mirip dengan cincin yang dikenakan oleh Kate Middleton saat bertunangan dengan Pangeran William, begitu juga dengan cincin kawin Meghan Markle saat menikahi Pangeran Henry. Tentunya cincin dengan desain semacam ini harganya cukup mahal dan sering kali dibuat secara kustom, sehingga tidak banyak yang mengenakannya dan terasa sangat unik sekali.

Baca juga: Inspirasi Model Cincin Tunangan Lucu untuk Hari Spesialmu

Itulah beberapa informasi yang perlu diketahui dalam memilih cincin tunangan. Jangan ragu untuk mencari ke beberapa toko emas dan perhiasan untuk menemukan cincin tunangan yang unik dan pas dengan seleramu. Namun, pastikan kamu hanya membeli di toko yang sudah tepercaya dan memiliki kredibilitas, ya!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin