Cincin Tunangan Rose Gold, Tren yang Semakin Diminati

Cincin Tunangan Rose Gold, Tren yang Semakin Diminati

Tidak dapat dipungkiri lagi, cincin tunangan rose gold semakin lama semakin menjadi pilihan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Beragam bentuk olahan rose gold kini semakin marak menghiasi gerai-gerai toko perhiasan, mulai dari cincin pernikahan, cincin tunangan, kalung, gelang, anting-anting, bahkan aksesori seperti jam tangan.

Karena begitu populer, rose gold kini telah menjadi salah satu pilihan teratas bagi pasangan yang sedang mencari cincin tunangan. Tren ini ditandai dengan semakin mudahnya berbagai pilihan cincin tunangan rose gold ditemukan di toko-toko yang menjual perhiasan emas.

Apa itu Rose Gold?

Seperti cincin lainnya yang terbuat dari emas kuning dan emas putih, cincin tunangan dari rose gold pun sebenarnya merupakan campuran antara emas dengan logam lain yang membuatnya menjadi lebih kokoh dan berwarna sedikit merah muda seperti mawar. Untuk cincin rose gold, emas dicampur bersama tembaga dan perunggu dengan persentase 75% campuran emas dengan tingkat karat yang berbeda, mulai dari 18 karat hingga 22 karat.

Warna yang dihasilkan dalam cincin tunangan rose gold bergantung pada berapa banyak kandungan perunggu yang digunakan sebagai campuran. Semakin banyak kandungan perunggunya, akan semakin merah pula warna cincin tersebut. Ada tiga jenis varian warna yang paling umum untuk perhiasan rose gold: rose gold murni, rose gold pink atau rose gold merah muda, dan rose gold merah. Dibandingkan dengan jenis emas lainnya, cincin tunangan rose gold kini mulai diminati karena pilihan warnanya yang beragam tersebut.

Meski popularitas rose gold baru ramai terdengar belakangan ini, sebenarnya rose gold sudah ditemukan sejak lama sekali. Perhiasan rose gold sudah dikenal dan sempat populer di Rusia pada sekitar abad ke-18. Itulah mengapa perhiasan rose gold sempat dikenal dengan nama “Emas Rusia”. Meski popularitasnya sempat menurun, beberapa tahun belakangan perhiasan rose gold kembali naik daun dalam berbagai bentuk dan rupa.

Kelebihan dan Kekurangan Cincin Tunangan Rose Gold

Meski sederhana, memilih cincin tunangan merupakan salah satu bagian terpenting dari keseluruhan proses pertunangan. Cincin tunangan merupakan simbol dan ikatan sepasang kekasih yang telah siap melangkah menuju jenjang pernikahan. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk mengenakan cincin tunangan rose gold di hari pertunanganmu, alangkah baiknya kamu mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh rose gold.

Kelebihan Cintin Rose Gold

  • Warna

Tidak dapat dipungkiri, cincin tunangan rose gold memiliki daya tarik tersendiri karena warnanya yang terkesan feminim, lembut, unik, dan elegan. Kadar campuran perunggu pada perhiasan rose gold berjasa memberikan hasil warna yang bisa berbeda-beda, tergantung seberapa banyak campuran yang disertakan. Semakin tinggi kandungan perunggu di dalamnya, warna cincin akan semakin merah.

  • Tahan Lama

Campuran logam tembaga pada cincin tunangan rose gold membuatnya menjadi lebih kokoh dan kuat jika dibandingkan dengan cincin yang terbuat dari emas murni. Selain itu, rose gold tidak memiliki campuran rhodium seperti yang terdapat pada emas putih. Seperti yang sudah banyak diketahui, meski memiliki sifat kokoh dan kuat, warna yang diberikan rhodium dapat pudar seiring berlalunya waktu. Karena tidak memiliki kandungan rhodium, cincin tunangan dari rose gold memiliki warna yang tahan lama dan tidak membutuhkan proses poles ulang seperti pada emas putih.

  • Pilihan yang Beragam

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cincin tunangan rose gold memiliki ragam warna yang lebih banyak jika dibandingkan dengan cincin dari emas kuning maupun putih. Perhiasan yang terbuat dari emas kuning dan emas putih cenderung memiliki warna yang sama, kuning dan putih. Namun, warna pada perhiasan rose gold lebih beragam dan dapat disesuaikan dengan mengatur kadar kandungan perunggu di dalamnya.

Dengan mengatur seberapa banyak campuran perunggunya, warna perhiasan rose gold dapat menjadi sangat beragam. Banyaknya varian ini menyediakan alternatif opsi yang beragam bagi para pasangan yang sedang mencari cincin tunangan.

  • Harga

Cincin tunangan rose gold cenderung memiliki harga yang lebih bervariasi jika dibandingkan dengan jenis emas lainnya. Karena kadar dan persentase campuran rose gold yang dapat diatur, harganya pun akan berubah mengikutinya. Namun, kerumitan desain juga turut memengaruhi harga cincin tunangan rose gold, lho! Semakin rumit dan langka desain cincin yang diminta, harganya juga akan mengikuti.

  • Fashionable

Warna yang dimiliki oleh cincin tunangan rose gold cenderung lebih fashionable dibanding perhiasan yang terbuat dari jenis logam lainnya, baik emas kuning, emas putih, atau bahan lain yang berwarna serupa. Banyaknya varian warna perhiasan rose gold juga membuatnya menjadi perhiasan yang tidak membosankan.

Selain itu, seiring meningkatnya popularitas rose gold, fashion item berwarna senada pun semakin banyak diproduksi, sehingga kamu bisa lebih mudah dan kreatif dalam memadupadankan cincin tunangan yang kamu miliki dengan aksesori bertema rose gold lainnya, mulai dari pakaian, sepatu, tas, bahkan gadget berwarna rose gold. Keuntungan besar bagi kamu yang ingin tampil unik dan menarik, tetapi juga tetap fashionable.

Kekurangan Cincin Rose Gold

  • Reaksi alergi

Meski tidak terjadi pada semua orang, beberapa orang yang memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap logam tertentu seperti tembaga tidak disarankan untuk mengenakan cincin dari rose gold. Karena kandungan tembaga dan perunggu di dalamnya, cincin tunangan dari rose gold dapat memicu reaksi alergi bagi mereka yang berkulit sensitif. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu tidak memiliki alergi terhadap logam tembaga atau perunggu sebelum memutuskan untuk memilih cincin rose gold, ya!

  • Popularitas dapat menurun

Sedikit berbeda dengan perhiasan dari emas putih dan emas kuning yang cenderung netral dan tidak dipengaruhi tren fashion, perhiasan dari rose gold merupakan produk fashion yang dipengaruhi oleh tren. Banyak pihak yang memprediksi, ketenaran warna rose gold akan memudar seiring berjalannya waktu. Ini berlaku juga untuk perhiasan, seperti cincin kawin rose gold, cincin tunangan rose gold, dan perhiasan lain yang terbuat dari rose gold.

  • Kurang diminati kaum pria

Meski tidak semuanya, tetapi banyak juga kaum pria yang masih enggan menggunakan perhiasan dari rose gold. Warna merah muda yang menjadi ciri khas dari rose gold cenderung memberikan kesan feminin dan lembut, sehingga tidak banyak laki-laki yang akan menyukai perhiasan dengan warna ini.

Selain mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki perhiasan rose gold, beberapa informasi berikut juga perlu kamu perhatikan sebelum membeli cincin tunangan rose gold:

Beli cincin di toko perhiasan yang memiliki reputasi baik

Banyak orang yang terlalu terburu-buru dalam memilih cincin tunangan rose gold karena sudah terbuai dengan model dan warnanya yang indah. Pastikan kamu hanya membeli perhiasan di toko emas yang memiliki reputasi baik untuk menghindari risiko adanya kecurangan atau pemalsuan emas. V&Co Jewellery memastikan kualitas dan keaslian emas yang kamu miliki dengan desain yang memikat. Bagi kamu yang inginkan referensi cincin terbaik, kunjungi halaman cincin tunangan V&Co Jewellery.

Jangan mudah bosan

Karena perhiasan rose gold cenderung dipengaruhi tren dan fashion, pastikan kamu serta pasanganmu bukanlah tipe orang yang mudah bosan. Mengingat cincin tunangan maupun cincin kawin adalah benda yang akan kamu pakai atau simpan untuk waktu yang lama, pastikan kamu memilih cincin tunangan yang tidak akan membuat kamu dan pasangan merasa bosan memakainya.

Nah, setelah mengetahui serba-serbi dari cincin tunangan rose gold, apakah kamu sekarang mulai tertarik untuk berburu variasi warna yang cantik dan elegan ini? Jangan ragu untuk membicarakannya dengan pasanganmu jika kamu benar-benar menginginkan cincin pertunangan kalian terbuat dari rose gold. Bagaimanapun juga, selain cincin tunangan, komunikasi yang baik juga dapat membantu mengikat kalian berdua lebih lekat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *