Panduan Memilih Cincin Tunangan Couple yang Manis dan Romantis

Pasangan yang ingin melangsungkan acara pertunangan biasanya dihadapkan pada pilihan sulit dalam memilih cincin tunangan yang akan digunakan, khususnya jika memutuskan untuk mengenakan cincin tunangan couple. Arti paling utama dari sepasang cincin tunangan adalah lambang ikatan dan komitmen kedua belah pihak dalam mempersiapkan pernikahan. Cincin tunangan couple merupakan lambang bahwa keduanya sudah saling terikat satu sama lain.

Bagi sebagian pasangan, cincin tunangan tidak harus couple. Cincin tunangan juga bisa dikenakan hanya oleh pihak perempuan saja untuk menandakan bahwa ia sudah menerima lamaran kekasihnya dan bersedia menikah dengannya. Cincin tunangan single tersebut diberikan oleh pihak laki-laki sebagai tanda bahwa ia sudah siap meminang dan menafkahi calon pengantin perempuannya dalam ikatan pernikahan.

Kapan Cincin Tunangan Dipasangkan?

Cincin tunangan couple merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah pertunangan. Salah satu momen utama dalam acara ini adalah proses tukar cincin antara kedua pasangan, di mana pria akan memasangkan cincin ke jari wanita, dan sebaliknya. Proses pertukaran cincin tunangan ini disaksikan oleh keluarga kedua pasangan tersebut dan juga seluruh undangan yang hadir.

Pemasangan cincin tunangan juga bisa dilakukan dalam momen yang lebih pribadi, misalnya antara kedua pasangan saja. Si pria biasanya akan melamar sang wanita dalam momen yang bersifat pribadi, seperti saat sedang makan malam romantis atau ketika tengah menghabiskan waktu bersama di tempat yang spesial bagi keduanya. Saat proses melamar tersebut, si pria akan menawarkan cincin tunangan kepada si wanita. Apabila lamaran diterima, sang pria akan memasangkan cincin tunangan tersebut di jari pasangannya. Proses ini berbeda dengan tukar cincin tunangan couple, di mana dalam tukar cincin single hanya pihak perempuannya saja yang mengenakan cincin tunangan.

Alasan Memilih Cincin Tunangan Couple

Tips Mencari Cincin Nikah Unik yang Paling Unik!

Memiliki keinginan untuk menggunakan barang-barang yang kembar merupakan hal yang cukup lumrah di antara setiap pasangan. Keinginan tersebut muncul karenaanggapan di mana mengenakan barang yang kembar dapat menjadi tanda bahwa keduanya saling memiliki satu sama lain. Selain itu, pasangan yang saling mencintai tentunya akan merasa bangga jika orang lain melihat pasangannya mengenakan barang yang sama dengan yang mereka kenakan, menandakan hubungan yang mereka jalani. Konsep ini juga berlaku untuk cincin tunangan couple.

Banyak pasangan memilih cincin tunangan couple karena mereka ingin cincin tersebut menjadi pengingat bahwa mereka sudah saling memiliki satu sama lain. Alasan lainnya tentu karena mereka ingin merasa bangga serta bahagia karena mengenakan item yang sama.

Baca juga:  Tren Cincin Tunangan 2020, Pilih Yuk!

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Cincin Tunangan Couple

Apabila kamu dan pasangan sudah memutuskan akan membeli cincin tunangan couple untuk dikenakan pada acara pertunangan, langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih cincin couple tersebut. Jika kamu masih bingung, kamu bisa menjadikan uraian berikut sebagai panduan:

1. Alokasi Budget

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan kamu sudah mempertimbangkan alokasi budget. Diskusikan bersama pasangan, berapa anggaran yang ingin kalian sisihkan untuk membeli cincin tunangan. Jangan sampai budget yang disiapkan jauh lebih tinggi dari kemampuan finansial kalian berdua.

Salah mengalokasikan budget adalah kesalahan yang paling sering terjadi. Banyak pasangan cenderung memaksakan diri untuk membeli cincin tunangan couple di luar kemampuan. Untuk memenuhinya, mereka kemudian harus menempuh banyak cara seperti mengambil utang atau mengajukan kredit dengan cicilan yang juga di luar kemampuan. Sebisa mungkin hindari cara seperti ini.

Membeli cincin tunangan memang penting, tetapi pikirkan kembali bahwa makna utama dari pertunangan bukanlah seberapa mewah dan mahal cincin tunangan yang dikenakan, melainkan kesungguhan hati untuk sama-sama menjaga komitmen. Selain itu, masih banyak hal lain yang perlu disiapkan dan membutuhkan biaya. Lebih bijak jika kamu tidak mengalokasikan budget berlebih untuk cincin tunangan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan, ya!

2. Bahan Cincin Tunangan

Setelah mengetahui dan menyiapkan budget untuk membeli cincin tunangan, berikutnya kamu dapat menentukan bahan cincin tunangan couple yang kamu inginkan. Ada banyak jenis bahan yang bisa digunakan untuk cincin tunangan, mulai dari emas kuning, emas putih, platinum, palladium, perak dan beberapa jenis logam lainnya. Bahan yang kamu pilih akan memengaruhi harga cincin tunangan yang kamu inginkan.

Baca juga:  Tips Memilih Model Cincin Nikah Couple

Seperti yang sudah diketahui, setiap bahan memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Misalnya saja, cincin tunangan dari emas memiliki harga yang cenderung tinggi dan meningkat setiap tahunnya, cincin dari platinum memiliki harga yang sangat tinggi karena platinum merupakan logam yang langka, sedangkan harga cincin palladium berkisar sekitar setengah harga cincin platinum atau emas. Tidak ada salahnya untuk mempelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan lebih jauh dan sesuaikan dengan budget yang telah dialokasikan sebelumnya. Jika memang tidak ada salahnya, kamu bisa membeli cincin tunangan couple yang kamu inginkan tersebut.

3. Model Cincin

Setelah memilih bahan cincin tunangan yang kamu inginkan, langkah selanjutnya adalah menentukan model cincin tunangan seperti apa yang kalian berdua suka. Saat ini, hampir semua toko perhiasan menjual cincin tunangan couple. Diskusikan model seperti apa yang kamu inginkan pada pasanganmu. Tidak ada salahnya memilih model di luar tren yang ada, tapi pastikan model cincin tunangan yang dipilih sesuai dengan kepribadian dan jenis aktivitas yang dilakukan sehari-hari, terlebih jika kamu ingin mengenakan cincin tunangan tersebut setiap hari.

Cincin tunangan juga tidak melulu memiliki bentuk yang identik. Bentuk cincin tunangan couple dapat berbeda antara pria dan wanita dan dapat disesuaikan dengan keinginan. Namun, pastikan keduanya tetap senada dan serasi digunakan oleh kedua pihak. Tidak perlu cemas, kini semakin banyak toko perhiasan yang lebih kreatif dalam merancang bentuk cincin tunangan. Meski bentuknya berbeda, cincin tunangan couple hasil kreasi baru tersebut tetap unik dan serasi digunakan oleh pasangan.

4. Ukuran Cincin

Tentu saja ketika akan membeli cincin tunangan, setiap pasangan harus mengetahui ukuran cincin masing-masing. Seindah dan semahal apa pun cincin tunangan couple yang dipilih, cincin tersebut tidak akan bisa dikenakan jika ukurannya tidak sesuai. Cobalah untuk mengunjungi toko perhiasan bersama-sama ketika hendak membeli cincin tunangan agar bisa diukur secara langsung. Jika tidak, ukurlah jari pasangan dengan metode pengukuran yang biasanya diberikan oleh tiap-tiap toko perhiasan.

Baca juga:  Wujudkan Pernikahan Rustic dengan Item-item Berikut

Lakukan pengukuran dengan tepat dan usahakan agar ukuran cincin pas, tidak terlalu sempit maupun longgar. Ukuran cincin yang terlalu sempit akan mengganggu peredaran darah, sementara ukuran yang terlalu longgar dapat membuat cincin mudah berubah posisi atau terlepas.

5. Batu Permata

Batu permata yang digunakan untuk cincin tunangan umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding permata pada cincin kawin. Untuk cincin couple, batu permata pada cincin perempuan biasanya berukuran lebih besar. Jenis batu permata yang digunakan pun beragam, mulai dari berlian, rubi, atau zirkon. Pilihan jenis batu permata juga harus disesuaikan dengan selera serta budget yang dialokasikan. Jika budget memang tidak memungkinkan, tidak masalah jika cincin tunanganmu tidak dihiasi dengan batu permata yang terlalu mewah. Beberapa orang juga tidak menyukai adanya batu permata pada cincin tunangan couple yang mereka kenakan, jadi bicarakan dahulu dengan pasanganmu terkait masalah ini.

Baca juga: Cincin Tunangan Rose Gold, Tren yang Semakin Diminati

Apa pun jenis cincin tunangan yang akan dibeli, makna utama sepasang cincin tunangan couple jangan sampai terabaikan. Jika segalanya sudah diperhitungkan dengan matang, langsung memilih toko perhiasan yang sudah memiliki reputasi yang baik dan memiliki koleksi cincin tunangan yang lengkap agar kamu dan pasangan lebih mudah memilih cincin yang kalian inginkan.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin