Faktor Apa yang Menentukan Kualitas Berlian Asli Sehingga Harganya Tinggi?

Faktor Apa yang Menentukan Kualitas Berlian Asli Sehingga Harganya Tinggi?

Banyak hal yang bisa dibahas dari berlian mulai dari cara mengenali, kelebihan, kualitas berlian asli yang dimiliki, sampai cara perawatan dari batu mulia nan mahal yang satu ini. Sampai sekarang, berlian asli sendiri juga merupakan salah satu instrumen investasi yang bernilai tinggi, walau tidak sepopuler emas. Alasannya, tentu saja dikarenakan harga berlian yang lebih mahal dari emas dan banyak yang masih menganggap kalau berlian asli lebih baik untuk hiasan atau mata perhiasan saja, daripada dikoleksi begitu saja.

Belum banyak yang menyadari kualitas dari sebuah berlian asli. Namun, sebelum kamu mulai berpikir untuk membeli sebuah berlian yang asli, ada baiknya apabila kamu mengenal dahulu lebih dalam tentang si batu mulia termahal ini, supaya bisa mendapatkan berlian idaman kamu.

Sekarang ini, rupanya banyak berlian yang tidak asli. Bukan dalam artian berlian palsu, tapi lebih ke beberapa material yang memiliki harga lebih murah daripada berlian asli yang ditemukan di alam. Material ini sendiri memiliki kilau dan tampilan yang hampir setara dengan berlian, tetapi ada kualitas-kualitas dari berlian asli yang belum bisa ditiru oleh material ini.

Sebenarnya, bila kamu bertemu dengan gemologist atau pakar batu mulia, mereka tidak akan mengatakan berlian asli atau palsu. Karena yang dimaksud berlian sendiri, adalah mineral yang dibentuk secara alami dari ikatan karbon yang bereaksi terhadap tekanan dan panas bumi. Grafit sendiri memiliki bahan yang sama, tapi hasil akhirnya berbeda karena grafit tidak dipengaruhi panas bumi, sehingga susunan kristalnya pun berbeda. Saat ini, ada dua cara untuk mendapatkan berlian. Pertama, dengan cara tradisional, yakni menambangnya dari pusat bumi. Sementara cara kedua adalah mengembangkan berlian di laboratorium dengan perhitungan yang cukup kompleks.

Saat ini, yang sering dianggap berlian asli adalah intan yang ditemukan di tambang dan berkembang secara alami dengan tekanan dan panas bumi. Padahal, secara struktur kristal, berlian yang dikembangkan di laboratorium juga memiliki kualitas yang sama. Akan tetapi, usaha dari pencarian berlian alami di tambang-tambang itulah yang dianggap lebih berharga. Tidak semua tempat memiliki deposit berlian dalam jumlah besar, sementara yang dimaksud ‘jumlah besar’ pun bukan semerta-merta tersebar di segala penjuru, melainkan masih memerlukan penambangan hingga ke kedalaman beberapa kilometer, sebelum menemukan berlian dengan kualitas yang diinginkan pasar.

Akan tetapi, karena harga berlian yang mahal, orang-orang pun juga mulai beralih menggunakan material lain untuk mata perhiasan, seperti zirkonia kubik, gelas, dan lain-lain. Selain berlian yang dikembangkan di lab, kualitas dari bahan-bahan ini tentunya berbeda dengan berlian yang didapatkan dari hasil tambang. Namun, tetap saja bahan-bahan ini menjadi populer karena lebih murah dan lebih murah untuk dibentuk. Sebab, seperti kamu tahu, berlian adalah material terkeras di dunia. Sehingga untuk mengasah berlian pun memerlukan berlian lainnya dan teknik yang tidak sembarangan. Apalagi kalau ukuran berliannya besar. Wah, pasti makin sulit untuk mengasahnya, sebelum bisa dipasangkan ke perhiasan.

Penentu Kualitas Berlian Asli

Ada satu istilah yang disebut 4C sebagai penentu kualitas dari berlian asli, alias berlian alami yang ditambang dari dalam bumi. Istilah 4C ini sendiri ditentukan oleh GIA, atau Gemological Institute of America, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berfokus ke riset, edukasi, dan pendidikan mengenai batu mulia dan seni perhiasan. Sejak didirikan pada tahun 1931, GIA sudah mempelajari dan menilai ratusan ribu batu mulia. Standar 4C sendiri sudah dikembangkan sejak 1953 dan tetap berkembang sampai sekarang, seiring dengan kian majunya teknologi di bidang pertambangan dan batu mulia.

4C terdiri dari Color, Clarity, Cut, dan Carat. Di mana Color (warna) yang dimaksud adalah warna dari batu berlian itu sendiri, apakah tercampur dengan warna kuning atau tidak? Karena, sebenarnya warna berlian yang paling umum ditemukan di alam sendiri adalah kuning. Semakin banyak campuran warna kuning dalam sebuah berlian asli, walau tidak terlihat oleh mata telanjang, maka akan memengaruhi kualitas berlian secara keseluruhan. Campuran warna kuning ini sendiri ada dalam berbagai warna berlian, mulai dari bening/putih, merah muda, sampai biru. Semakin sedikit campuran warna kuning, maka akan semakin dekat dengan Tingkat D atau tingkat warna tertinggi dari sebuah batu berlian. Tentu saja, berlian yang dianggap setara dengan tingkat D akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Clarity (kejernihan) bagi sebuah batu berlian asli, berbeda dengan warna (Color). Saat warna membahas mengenai seberapa murni warna dari sebuah intan, yang diperhitungkan dari kejernihan adalah cacat cela dari sebuah batu berlian. Kecacatan baru sendiri seringkali sulit dilihat dengan mata telanjang, karena bisa berupa potongan dalam berlian atau sebuah flek warna dalam batu berlian. Walau nampak kurang signifikan, ahli berpendapat kalau cacat ini akan memengaruhi kemampuan berlian untuk membiaskan cahaya. Biasanya berlian laboratorium tidak memiliki cacat cela, tapi bukan berarti tidak pernah ditemukan berlian hasil tambang yang tidak memiliki cacat.

Cut (potongan), tentu saja bergantung pada keahlian si pemotong berlian atau pembuat perhiasan. Semakin bagus kualitas potongan sebuah berlian, maka nilainya akan semakin tinggi. Namun, bukan berarti kamu bisa dengan mudah menemukan potongan berlian yang sempurna. Sebab, untuk mulai bisa memotong berlian sendiri, diperlukan waktu belajar bertahun-tahun, itu pun belum bisa mendapatkan potongan sempurna. Anggap saja, saat kamu membayar untuk sebuah berlian asli yang kualitas potongannya sempurna, kamu membayar craftmanship yang dipelajari selama bertahun-tahun.

Nilai terakhir, Carat adalah yang diketahui oleh orang awam, karena—mirip seperti emas—bisa dilihat dengan mata telanjang. Semakin besar berlian yang dimiliki, akan semakin tinggi harganya. Tidak heran, kamu akan menemui cincin solitaire dengan mata berlian besar akan lebih mahal daripada cincin model clustered yang dihiasi belasan berlian. Alasannya sederhana: karena di alam sendiri, lebih mudah mencari berlian berukuran kecil daripada berlian berukuran besar. Tak heran, banyak dari berlian termahal di dunia, merupakan berlian dengan ukuran carat yang besar.

Macam Warna Berlian

Memang, warna berlian yang paling sering ditemui di pasaran adalah putih atau bening, dengan berlian dengan semburat warna kuning atau coklat dianggap berlian bermutu rendah dengan kualitas Color (warna) yang tidak sebagus berlian bening. Akan tetapi, sesungguhnya di alam sendiri, berlian memiliki beragam spektrum warna. Di mana warna-warna ini biasanya hanya bisa dilihat saat kamu melihat sebuah berlian dari potongan sebelah atas. Penilaian berlian asli yang berwarna tentunya akan berbeda cara dari berlian putih atau bening. Namun, bukan berarti berlian-berlian berwarna ini harganya lebih murah daripada berlian-berlian putih.

Bahkan, berlian asli dengan warna alami merah mudah, biru, violet, dan hijau dianggap lebih langka daripada berlian putih. Apalagi yang dinilai memiliki kualitas warna very light atau vivid, sudah pasti memiliki harga yang sangat tinggi, hingga tidak sembarang orang bisa memilikinya. Bila kamu berambisi memiliki berlian berwarna, coba cari berlian berwarna hitam atau coklat. Karena, di antara semua berlian berwarna, kedua warna ini dikenal cukup sering ditemui, sehingga harganya lebih murah dibandingkan berlian berwarna yang lain.

Sementara, yang paling mahal adalah warna merah muda dan merah, karena dibutuhkan proses fisika rumit saat pembentukan berlian-berlian berwarna ini di alam, termasuk pemindahan karbon atom, yang kansnya tidak lebih besar dari 1 banding 1 juta. Tidak heran, Pink Legacy yang dijual di tahun 2018 adalah salah satu berlian termahal yang pernah ada di dunia, karena warna merah mudanya yang sangat jernih dan ukurannya yang juga besar.

Cara Perawatan Berlian

Setelah melakukan aktivitas di luar sebaiknya bersihkan terlebih dahulu perhiasan yang baru saja digunakan, sebelum menyimpannya kembali. Untuk membersihkannya bisa menggunakan cairan khusus untuk mencuci berlian yang bisa didapat di toko perhiasan berlian.

Selain menggunakan cairan khusus, bisa juga dengan menggunakan air hangat dan sabun khusus yang bersifat lembut. Perlu diperhatikan saat membersihkannya, gunakan sikat gigi bayi dengan tekstur permukaan sikat yang lembut untuk menggosok perhiasan terutama pada bagian berlian.

Perlu diperhatikan juga dalam mengeringkan perhiasan harus menggunakan kain yang lembut, jangan menggunakan handuk atau kertas! Tujuannya, supaya pada saat mengeringkan bagian berlian tidak tergores ataupun tidak ada serpihan serat yang tertinggal. Cara pengeringannya tidak boleh terlalu sering digosok, tetapi cukup dengan menekan-nekan secara ringan.

Proses dalam merawat perhiasan terutama berlian asli harus dilakukan secara teratur dan rutin seminggu sekali jika memang perhiasan tersebut sering digunakan. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan perhiasan ke toko perhiasan untuk mengetahui apakah perhiasan tersebut masih bagus seting berliannya atau mungkin ada yang sedikit bergeser dan juga memastikan ada atau tidak goresan pada bagian berlian. Jika memang terdapat sebuah goresan pada berlian, hendaknya segera melakukan perbaikan atau rutin dalam melakukan servis pada perhiasan kamu!

Ada baiknya saat membeli berlian sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah berlian yang akan dibeli benar-benar membutuhkan perawatan khusus oleh ahlinya tukang perhiasan profesional atau bisa dilakukan sendiri sesuai dengan prosedur. Rawatlah perhiasan secara rutin dan teratur guna menjaga kualitas dan keindahan berlian asli tetap terjaga.

Memang, nilai keindahan dari berlian tidak akan lekang oleh waktu. Itulah mengapa harganya lebih mahal dari emas dan ada banyak yang harus dipelajari, bahkan sebelum kamu memutuskan untuk membeli satu buah saja! Dibandingkan emas, memang berlian adalah sebuah instrumen investasi yang harganya lebih pasti dan terus meroket. Akan tetapi, harganya sendiri juga bisa berkali-kali lipat emas, terutama untuk yang beratnya sama.

Karena mahal itulah, maka kamu harus tahu betul mengenai berlian, supaya berlian asli yang besok kamu miliki tetap akan berkualitas, walau sudah berada di dalam simpananmu selama berdekade-dekade. Habisnya, siapa yang mau punya berlian kusam, bukan?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.