Resepsi Pernikahan Adalah Acara yang Harus Kamu Selenggarakan, Berikut Alasannya!

Resepsi Pernikahan Adalah Acara yang Harus Kamu Selenggarakan, Berikut Alasannya!

Resepsi pernikahan adalah sebuah acara pesta pernikahan yang diselenggarakan sejak akad nikah berlangsung hingga sesi ucapan selamat dari para tamu undangan dengan jamuan makanan yang disesuaikan dengan tradisi dan adat setempat. Resepsi pernikahan biasa juga disebut dengan istilah walimatul ursy dalam agama Islam atau pengantenan dalam bahasa Jawa. Menggelar resepsi pernikahan merupakan suatu perkara yang tidak mudah untuk dijalankan.

Meskipun dinilai tidak wajib, namun banyak orang rela mengadakan resepsi dengan anggaran yang cukup besar. Bagaimana tidak, kedua mempelai harus mengeluarkan biaya puluhan juta hingga ratusan juta untuk membayar tagihan sewa gedung pernikahan, jasa fotografi, hidangan katering, hingga wedding organizer. Mengurus semua hal tersebut tentunya sangat menguras tenaga maupun pikiran.

Resepsi pernikahan adalah hal yang cukup penting dan istimewa, tidak hanya untuk kamu dan pasangan, tapi juga untuk semua orang di sekitar kamu. Segala hal yang menyejukkan mata bisa kamu lihat disini, mulai dari dekorasi pernikahan yang indah, gaun dan setelan jas yang cantik, bunga-bunga yang tersebar di setiap sudut lokasi, hingga hidangan makanan yang dihias sedemikian rupa agar terlihat lezat. Namun, seberapa pentingkah menggelar resepsi pernikahan? Apa sih alasan dibalik banyaknya pengantin yang rela mengeluarkan puluhan juta hanya untuk menggelar acara ini? Berikut ada 7 alasan penting mengapa kamu perlu menggelar resepsi pernikahan.

1.  Wujud rasa syukur kepada Tuhan

Menggelar resepsi pernikahan adalah wujud rasa syukur setiap pasangan pengantin kepada Tuhan atas nikmat dan karunia-Nya karena telah diberi kemudahan untuk menyempurnakan separuh agama. Kamu yang telah menanti jodoh selama bertahun-tahun pasti akan paham bagaimana rasanya ketika akhirnya dipertemukan dengan cinta sejatimu. Mencari pasangan yang setia bukanlah sesuatu yang mudah, perlu banyak perjuangan, pengorbanan, bahkan uraian air mata.

Tak heran jika banyak mempelai yang menangis terisak-isak ketika prosesi akad nikah usai karena merasa terharu. Menjalani hubungan hingga sampai pada jenjang final merupakan hal yang sangat patut untuk disyukuri. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang belum diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk sampai pada titik ini.  Kamu adalah orang beruntung dari sekian juta orang yang masih belum menemukan pasangan hidupnya.

2.  Sebagai pengumuman resmi kepada khalayak ramai

Salah satu tujuan utama mengadakan resepsi pernikahan adalah mengundang banyak orang untuk memberikan pengumuman tentang kelanjutan hubungan kamu dengannya. Kamu wajib memberitahukan kepada semua orang yang kamu kenal bahwa kamu dan dia sekarang sudah menjadi pasangan suami istri yang sah di mata hukum dan agama. Nah, resepsi pernikahan merupakan momen yang tepat sekali untuk berbagi kebahagiaan kepada orang-orang terdekatmu.

Dijamin mereka akan langsung gembira begitu mendengar kabar bahagia dari kamu dan pasangan. Ucapan “selamat menempuh kehidupan baru” yang dilontarkan semua orang pasti akan membanjiri baik di acara resepsi maupun sosial media kamu. Tidak hanya sekedar ucapan saja, kamu dan pasangan bahkan akan mendapatkan banyak hadiah pernikahan yang bisa digunakan untuk kebutuhan saat menjalani kehidupan rumah tangga nanti. Sangat menyenangkan sekaligus menguntungkan bagi kamu, bukan?

3.  Menjalin silaturahmi dengan kedua keluarga besar

Perlu kamu ingat bahwa menikah tidak hanya soal menyatukan kedua insan yang saling mencintai, namun juga kedua keluarga besar dari masing-masing pasangan. Salah satu kebahagian yang didapatkan ketika menggelar resepsi pernikahan adalah bertemunya dengan anggota keluarga baru, seperti mertua, kakak-adik ipar, dan masih banyak lagi. Disini adalah momen kamu untuk menjalin silaturahmi, saling berkenalan, dan menambah kedekatan dengan mereka. 

Hal ini dikarenakan kedua keluarga besar akan bekerja sama dan saling bahu membahu dalam menyukseskan setiap susunan acara resepsi pernikahanmu, mulai dari menyiapkan vendor, memilih gaun pengantin, memilih lokasi resepsi, dan masih banyak lagi. Kelemahan dan kelebihan yang dimiliki setiap anggota keluarga yang berbeda akan menambah kehangatan karena adanya sikap saling melengkapi dan saling menghargai. Dengan adanya acara resepsi pernikahan, ikatan kekeluargaan yang terjalin dari kedua belah pihak akan semakin terasa erat dan melebur menjadi satu.

4.  Menjadi raja dan ratu dalam sehari

Kapan lagi bisa menjadi sorotan perhatian ratusan tamu undangan selain di resepsi pernikahan? Resepsi pernikahan adalah momen yang sangat romantis dimana pasangan pengantin pasti akan mengenakan gaun dan setelan jas yang indah dengan dandanan rupawan. Perlakuan isimewa dari para kerabat terdekat yang membantu acara resepsi akan membuatmu merasa menjadi raja dan ratu dalam sehari. Resepsi pernikahan merupakan sebuah pesta perayaan yang dipenuhi suka cita sehingga kamu wajib berpenampilan spesial di hari bahagia ini.

Tak heran jika banyak para mempelai wanita yang rela menyewa gaun pengantin dengan harga jutaan hanya agar bisa tampil cantik di momen yang hanya dialami sekali seumur hidup ini. Bahkan banyak juga para pasangan pengantin yang berdansa di atas panggung pelaminan sebagai pertunjukkan untuk menghibur tamu undangan. Jangan lupa meminta fotografer yang handal untuk mengabadikan setiap momenmu, ya!

5.  Momen pemberkatan dan lantunan doa

Bagi kamu yang ingin menggelar resepsi pernikahan dengan adat tradisional, pasti sudah tidak asing lagi dengan rangkaian prosesi yang sakral. Namun, dibalik semua itu, tersimpan banyak makna yang melambangkan sebuah harapan dan pemberkatan. Saat prosesi akad nikah berlangsung misalnya, pasti kamu akan didoakan oleh banyak orang yang hadir di resepsi pernikahanmu. Bermacam-macam doa dilantunkan oleh setiap orang, seperti harapan agar menjadi keluarga sakinah, agar diberi keturunan yang berbakti pada orang tua, agar kehidupan rumah tangga diberkahi, agar rezeki dilancarkan, dan masih banyak lagi.

Semakin banyak orang yang kamu undang, semakin banyak doa yang diberikan kepadamu. Selain itu, ada sesi tausiyah dari para orang tua untuk memberikan wejangan atau nasehat dalam berumah tangga yang baik. Dengan begitu kamu dan pasangan akan semakin mantap dan optimis dalam menghadapi kehidupan selanjutnya setelah pernikahan. Biasanya setelah sesi lantunan doa dan tausiyah, para pengantin akan melemparkan buket bunga ke belakang yang nantinya akan menjadi rebutan oleh tamu undangan. Tradisi ini diyakini sebagai doa dan harapan bahwa si penerima buket bunga tersebut akan segera menyusul untuk menikah.

6.  Waktu yang tepat untuk reuni

Acara resepsi pernikahan tentu saja merupakan tempat berkumpulnya banyak orang. Selepas kamu lulus sekolah, resepsi pernikahan adalah momen tepat yang bisa kamu manfaatkan untuk bertemu kembali dengan teman-teman seperjuangan. Kamu bisa mengambil kesempatan tersebut untuk mengadakan reuni kecil-kecilan bersama teman-teman semasa kecil.

Disini kamu bisa mengundang seluruh teman semasa SD, SMP, SMA, kuliah, bahkan teman bermain kamu. Biasanya, setelah resepsi pernikahan selesai, para pengantin mengadakan after party yang digunakan untuk bernostalgia dan berpesta ria bersama orang-orang terdekat. Dengan begitu, momen bahagiamu semakin terasa karena kamu tidak hanya bertemu dengan pasangan hidupmu, tapi juga bisa bertemu dengan banyak orang yang sudah lama tak jumpa. 

7.  Menghindari fitnah dan omongan tidak enak dari orang lain

Menggelar resepsi pernikahan adalah solusi bagi kamu yang ingin menghindari fitnah dan omongan yang tidak enak dari orang lain. Pasalnya, ketika kamu dan pasangan tiba-tiba sudah menikah dan tidak memberitahu banyak orang, hal ini akan menimbulkan prasangka buruk dari orang lain. Belum lagi banyak yang saling bertanya-tanya satu sama lain tentang pernikahanmu yang terkesan dirahasiakan.

Dari sini, dikhawatirkan akan terjadi fitnah, gunjingan, dan rumor tertentu yang membuat kamu dan pasangan tidak nyaman. Tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Untuk mengantisipasi hal ini, kamu perlu mengundang orang-orang terdekat seperti saudara dan masyarakat sekitar sebagai saksi bahwa kamu dan dia telah menjadi pasangan yang halal.

Nah, itu tadi 7 alasan mengapa kamu perlu menggelar resepsi pernikahan. Sebelum menggelar acara ini, kami sarankan kamu untuk merencanakan batas anggaran, berikut vendor apa saja yang akan dibutuhkan. Dalam menyelenggarakan resepsi pernikahan sebaiknya mematuhi peraturan agama dan tradisi setempat agar tidak menjadi bahan omongan orang lain di belakang. Resepsi pernikahan tidak harus diselenggarakan secara mewah, cukup sederhana saja sesuai dengan kemampuan ekonomi yang dimiliki. Jangan memaksakan diri untuk menyelenggarakan acara resepsi diluar batas kemampuan sehingga terpaksa berhutang atau menunda acara pernikahan. Anggaran yang kamu miliki sebaiknya digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting saat berumah tangga nanti, seperti mencicil DP rumah, membeli mobil, dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini menjadikan kamu dan pasangan semakin semangat menggelar resepsi pernikahan, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *