Mengetahui Ukuran Cincin dengan Mudah

Mengetahui Ukuran Cincin dengan Mudah

Mengetahui ukuran cincin bukanlah hal sulit, kalau kamu memang tengah berada di toko perhiasan. Karena, mereka sudah memiliki alat untuk mengetahui ukuran cincinmu atau kamu bisa mencoba langsung cincin yang ada di display.

Akan tetapi, bagaimana dengan kamu yang tidak sempat pergi ke toko perhiasan? Apakah masih ada cara untuk mengukur ukuran jarimu di rumah? Rupanya, ada! Cara mengetahui ukuran cincinmu di rumah, ternyata tidak serumit kelihatannya, loh!

Ada cara yang rumit, tapi bukan berarti tidak ada cara yang mudah. Untuk kamu yang penasaran dengan ukuran jari atau pasangan kamu, bisa gunakan cara-cara berikut untuk mengetahui ukuran cincinmu, tanpa harus keluar rumah!

  • Menggunakan Pengukur Cincin

Pengukur cincin biasanya sudah memiliki angka-angka di dalamnya seperti halnya penggaris. Selain itu, biasanya alat ini sudah disertai dengan penanda untuk mengetahui lingkar jari dengan jelas. Alat ini dapat kamu temukan dan beli secara bebas melalui online shop. Namun, usahakan beli alat yang terpercaya dan mudah untuk dibaca, ya! Karena, bila kamu asal membeli alat, bisa jadi ukuran yang dipajang pun tidak sesuai dengan standar ukuran cincin yang ada!

Cara ini memang bukan yang tercepat, karena tentunya kamu harus menunggu beberapa hari, setelah memesan pengukur cincin sebelum barang tersebut tiba di rumahmu! Akan tetapi, jika kamu sudah memiliki pengukur cincin khusus, kamu cukup melingkarkan alat ini pada jari yang ingin kamu ukur dan memasang pengaitnya. Pastikan untuk tidak terlalu melingkarkannya terlalu rapat maupun terlalu longgar. Setelah itu, kamu akan langsung mengetahui ukuran lingkar jarimu dan bisa memesan cincin apapun yang kamu mau. Mudah, bukan?

  • Menggunakan Tali atau Benang

Kamu dapat menggunakan tali atau benang untuk dapat mengetahui lingkar jarimu. Cukup dengan menyiapkan seutas tali, kemudian belitkan pada jari yang ingin kamu ukur. Setelah itu tandai pada pertemuan atau perpotongan tali. Langkah terakhir, lepaskan tali dan lakukan pengukuran dengan penggaris. Pastikan kamu menghitungnya secara akurat hingga ukuran milimeter.

Untuk cara yang ini, kamu bahkan tidak perlu sampai mencari tali atau benang khusus. Kamu cukup mencari ukuran cincin dengan alat-alat yang ada di sekitarmu. Bisa menggunakan tali rafia, benang jahit, sampai tali sepatu! Intinya, benda apapun yang bisa kamu lingkarkan di jari, pakailah itu untuk mencari ukuran cincin!

  • Menggunakan Kertas

Tak punya benang ataupun tali? Tenang saja, kamu masih bisa melakukan pengukuran lingkar jari dengan menggunakan kertas. Caranya pun tidak kalah praktis! Mula-mula, potong kertas selebar 3-5 mm dengan panjang secukupnya, yang penting cukup untuk melingkari jari yang hendak kamu cari ukurannya.

Mengapa harus selebar 3-5 mm? Karena ini akan mempermudahmu untuk melilitkan kertas pada jari yang akan kamu ukur nantinya. Setelah melilitkan kertas pada jarimu, dan tandai dengan ballpoint. Ukur kertas tadi dengan menggunakan penggaris milimeter.

  • Mengukur Diameter Jari

Kamu sudah pernah memiliki cincin? Maka cara tersimpel yang dapat kamu gunakan adalah dengan menggunakan cincin tersebut sebagai patokannya. Kamu bisa mengukur diameter pada cincin lamamu. Ukur diameter lingkaran pada bagian dalam cincin menggunakan penggaris (dalam satuan milimeter). Ingat ya, ukur pada bagian dalam cincin, bukan luarnya.

Meskipun kelihatannya praktis, akan tetapi cara ini akan berlaku hanya jika kamu sudah memiliki cincin yang pas di jarimu, ya! Jika cincin lamamu saja terlalu longgar atau terlalu sempit, maka cara ini tidak dapat kamu lakukan. Terlebih ukuran cincin juga bisa berubah mengikuti berat badan. Maka dari itu, cobalah terlebih dahulu, apakah cincin lamamu masih pas dipakai oleh jarimu atau tidak.

Tips dan Trik untuk Mengetahui Ukuran Cincin

Sedikit trik, lakukan pengukuran tadi setidaknya tiga kali. Ini perlu dilakukan karena ukuran jari akan berbeda mengikuti temperatur. Lebar jari akan mengecil jika suhu menurun dan akan melebar jika suhu meningkat. Oleh karena itu, jangan melakukan pengukuran ketika kamu dalam keadaan demam. Kemudian, pengukuran juga sebaiknya dilakukan tidak berurutan di waktu yang berdekatan, melainkan di waktu yang berbeda. Misalkan, dalam satu hari, kamu bisa mengukur ukuran cincin kamu tiga kali di pagi, siang, dan malam hari, supaya bisa mendapatkan ukuran cincin rata-rata yang tidak akan terasa sesak di waktu-waktu tertentu!

Selain itu, pertimbangkan juga apakah jarimu memiliki bagian yang menonjol, misalnya pada buku jari. Ada kalanya pada bagian buku jari yang terlebar membuat cincin tidak dapat melewatinya. Maka dari itu, pastikan ukuran cincin yang akan kamu pesan dapat melewati buku jari terlebar.

Akan tetapi, sebenarnya diameter jari dalam milimeter yang sudah kamu dapatkan dari keempat cara pengukuran di atas, bukanlah ukuran cincin kamu! Itu hanyalah angka lingkar jari kamu! Ukuran cincin sendiri sudah ada patokannya, untuk mengakomodasi negara-negara yang tidak menggunakan satuan milimeter dalam pengukurannya. Sehingga, ketika kamu sudah melakukan pengukuran di atas, carilah ring size chart atau diagram ukuran cincin, sehingga kamu bisa mengetahui padanan dari ukuran milimeter tadi ke satuan ukuran cincin yang digunakan oleh toko-toko perhiasan.

Supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman, sebelum memesan cincin pastikan untuk menuliskan satuan ukuran cincin. Apakah kamu memesannya dalam satuan milimeter ataukah ukuran cincin berdasarkan tabel tadi. Misalnya saja, jika diameter cincinmu adalah 17 mm dan di tabel ukuran 17 mm sama dengan ukuran 14, maka tulislah 17 mm dan 14.

Bagaimana, untuk mengetahui ukuran cincin ternyata tidaklah sulit, bukan? Kamu tak perlu lagi takut salah ukuran karena membeli cincin secara online. Jika kamu masih belum juga puas dengan hasil pengukuran di rumah ini, kamu masih dapat mengunjungi toko untuk mengetahui ukuran cincinmu secara pasti, kok! Hanya saja, memang ini berarti kamu harus meluangkan waktumu entah di sore hari atau akhir pekan, untuk berkunjung ke toko perhiasan. Selamat mencari cincin idaman!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.